Lagu Peopuler : Jenis, Ciri, Gaya Bernyanyi dan Contoh Lagu Populer.

Lagu Peopuler : Jenis, Ciri, Gaya Bernyanyi dan Contoh Lagu Populer.

1. Jenis  dan Ciri Lagu Populer.

Gaya bernyanyi  merupakan suatu cara yang menjadi ciri seseorang dalam membawakan sebuah lagu sesuai dengan jenis dari lagu yang dinyanyikannya. Pada dasarnya yang menunjang gaya bernyanyi menjadi labih baik adalah kedisiplinan seorang penyanyi tersebut terhadap teknik vocal dasar dan penguasaan lagu. Yang membedakan gaya adalah dari jenis musik lagu yang akan atau hendak di bawakan. Untuk dapat menambah perbendaharaan gaya dalam bernyanyi, hendaknya anda banyak-banyak mendengarkan jenis-jenis lagu yang variatif.

Lagu – lagu populer pada masa kini sangat beragam atau variatif sebab hal tersebut dipengaruhi juga oleh perkembangan alat musik yang semakin canggih seiring dengan perkembangan teknologi. Penggunaan teknologi dalam bidang bermusik ini menjadikan lagu-lagu yang beredar sekarang terdengar lebih populer sebab banyak alat musik yang memiliki fasilitas serta perangkat yang beragam, mudah digunakan agar lebih bagus sebuah lagu terdengar. 

Berikut ini beberapa jenis lagu-lagu peopuler yang berkembang sesuai dengan aliran musiknya diantaranya adalah sebagai berikut :

Lagu Peopuler : Jenis, Ciri, Gaya Bernyanyi dan Contoh Lagu Populer.
Lagu Peopuler : Jenis, Ciri, Gaya Bernyanyi dan Contoh Lagu Populer.


A. Jenis Lagu POP. 

Jenis lagu pop merupakan jenis lagu yang memiliki banyak pendengar yang dalam arti bahwa jenis lagu ini sangat mudah diterima oleh masyarakat luas pada umumnya. Lagu-lagu pop yang berkembang saat ini bersifat komersial dan berkeinginan untuk memiliki daya tarik massa. Lagu pop di Indonesia banyak disajikan oleh penyanyi solo (tunggal), grup band dan girl band (kelompok bernyanyi perempuan) atau pula boy band (kelompok bernyanyi laki-laki).

Tema lagu popo biasanya membahas kejadian kehidupan sehari-hari yang dirangkai dengan molodi dan lirik yang mudah difahami atau easy listening. Dalam menciptakan lagu popo, biasanya pencipta lagu akan tertarik mengangkat tema-tema yang sedang menjadi topik pembicaraan oleh masyarakat luas sehingga diharapkan nanti karya lagunya mudah melejit dan menjadi tren di masyarakat umum. 

B. Jenis Lagu Jazz.

Jenis musik jazz ini merupakan jenis musik yang juga berkembang di Indonesia, walaupun pendengarnya tidak terlalu banyak. Kebanyakan pendengarnya berasal dari kalangan ekonomi menengah keatas sebab lagu-lagu jazz ini sering dimainkan di caffe atau di tempat makan kalangan masyarakat dengan ekonomi menengah keatas.

Lagu Peopuler : Jenis, Ciri, Gaya Bernyanyi dan Contoh Lagu Populer.
Lagu Peopuler : Jenis, Ciri, Gaya Bernyanyi dan Contoh Lagu Populer.
Yang muda di tangkap pada saat mendengarkan lagu jazz ini ialah vocal yang sering menirukan suara instrumen, suara penyanyi biasanya mempunyai karakter vocal yang berat, harmonisasinya terdengar rumit, dan sering terjadi modulasi atau perubahan tangga nada dalam sebuah lagu dan ritme serta melodinya memiliki banyak Variasi.

C. Janis Lagu Rock.

Janis lagu rock ini identik dengan suara yang kencang dengan permainan efek gitar yang menggelegar, bass, drum yang dimainkan dengan tempo yang cepat dan kelompok pendengarnya yang ekspresif.

Lagu Peopuler : Jenis, Ciri, Gaya Bernyanyi dan Contoh Lagu Populer.
Lagu Peopuler : Jenis, Ciri, Gaya Bernyanyi dan Contoh Lagu Populer.
Lirik lagu yang disampikan pada jenis lagu rock ini adalah mengajak para pendengarnya untuk selalu bersemangat. Contoh lirik lagu rock yang mengajak pendengarnya untuk lebih bersemangat adalah lagu dari grub band Kotak yang berjudul “Berkasi”, 

D. Jenis Lagu Dangdut.

Musik dangdut merupakan musik yang memiliki banyak pendengar di Indonesia dimana pendengarnya pun beragam dari semua kalangan masyarakat Indonesia. Lagu dangdut yang biasanya diiringi dengan kendang dan seruling terdengar mengalun dan mengajak orang yang mendengarkannya ikut bergoyang. Setiap penyanyi dangsut juga mempunyai ciri pada gaya berjoget atau bergoyangnya saat bernyanyi.

2. Gaya Bernyanyi Lagu Populer.


Menyanyikan lagu populer dapat dikatakan memiliki keluwesan gaya dibandingkan dengan lagu tradisi. Gaya bernyani musik populer pada dasarnya tidak terlalu banyak memiliki aturan, hanya sebatas pada penguasaan teknik vocal dan pembiasaan mengikuti irama lagunya. 

Seseorang  yang  jarang mendengarkan lagu dangdut, tentu akan kesulitan untuk menyanyikan lagu dangdut dengan cengkok yang baik. Tapi, bagi orang-orang yang sejak kecil mendengarkan irama dan lagu dangdut, biasanya lebih mudah mengikuti cengkok lagunya dengan baik.

Begitu pula dengan lagu atau musik populer lainnya, misalnya jazz yang akan mudah diikuti apabila telinga penyanyinya sudah terbiasa mendengarkan irama dan harmoni lagu-lagu jazz. Untuk jenis lagu rock, penyanyi haruslah powerfuul dan ekspresif sebab kebanyakan lagu rock memiliki irama musik yang bersemangat.

Untuk lagu pop biasanya dinyanyikan dengan lebih santai dan tidak menonjol, penyanyi pop juga biasanya tampil dengan gaya yang disesuaikan dengan tema lagu dan tidak berlebihan. Bernyanyi lagu jenis apa pun haruslah menampilkan mimik muka dan ekspresi yang sesuai dengan makna lirik lagu yang dibawakannya.

Demikian penjelasan singakat tentang Jenis, Ciri, Gaya Bernyanyi dan Contoh Lagu Populer tersebut diatas, semoga memberi manfaat dan menambah sedikit ilmu pengetahuan anda. Terimakasih.
Sumber : KEMENDIKBUD-RI_Jakarta,2018
Kontributor Naskah : Milasari dkk.
Pe-Review : Defrizal
Penerbit : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud

0 Response to "Lagu Peopuler : Jenis, Ciri, Gaya Bernyanyi dan Contoh Lagu Populer."

Post a Comment

Mohon Saran dan Masukan yang Relefan untuk Blog ini pada kolom komentar. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel