Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebutkan Jenis – Jenis Kritik Musik dan Pengertiannya

Jenis – Jenis Kritik Musik  dan Pengertiannya. Salam sahabat pendidikan sekalian dimanapun berada, salam sejahtera untuk kita semua. Berdasarkan temanya, kita akan mencoba bersama – sama mempelajari apa saja jenis kritik musik yang ada sejauh sepengetahuan kita.

Jangan khawatir, jawaban dari peranyaan yang kalian dapatkan akan terjawab disini sebab sumber dari materi artikel ini berasal dari sumber yang dapat dipercaya dan tentunya kalian mempelajarinya.

Tidak panjang lebar mari kita sama – sama mencari tau apa saja jensi – jenis dan pengertian dari kritik musik tersebut, berikut uraiannya.

Jenis – Jenis Kritik Musik  dan Pengertiannya

Jenis- Jenis Kritik Musik.

Dalam buku kritik seni rupa oleh Sem C. Bangun (2011), beliau mengemukakan bahwa terdapat empat jenis kritik dalam dunia seni, yaitu;

  • Kritik Jurnalistik,
  • Kritik Pedagogik, 
  • Kritik Ilmiah, dan 
  • Kritik Populer.

Biasanya, objek dari kritik adalah karya seni, baik yang dimainkan atau dinyanyikan secara individual atau solo atau pula secara berkelompok.

Baca juga: Pengertian Kritik Musik.

Berbicara soal kritik musik, salah satu yang paling sering atau yang paling menonjol dalam dunia musik, yaitu kritik pedagogik.

Tujuan dari kritik pedagogik, yaitu untuk memotivasi bakat dan potensi dari para pelaku seni musik yang menampilkan karyanya.

Mengapa kritik pedagogik dipandang sangat penting, itu dikarenakan materi tersebut dianggap sebagai bagian dari dari pembelajaran.

Disatu sisi, kritik pedagogik juga bertujuan untuk membuat kita faham akan kekuarangan kita dalam bermain musik atau bernyanyi dan juga bertujuan untuk memberikan pengalaman bagi yang di kritik.

Dengan pemahaman kita terhadap kritik pedagogik, diharapakan kita mampu memberikan solusi atau memberikan nilai dari suatu karya,

Baik itu dipandang dengan nilai yang bagus, tidak bagus, salah , benar, namun dibalik kritik tersebut terdapat penjelasan atas penilaian yang diberikan sebagai upaya untuk memotivasi bakat dan potensi para penampil.

Upaya tersebut bertujuan agar yang mengkritik juga dapat memberikan solusi, input, atau masukan kepada yang di kritik agar bisa lebih baik lagi kedepannya nanti.

Lalu apa saja pengertian dari beberapa jenis kritik musik tersebut diatas? Nah.. berikut ini kita akan menjelaskan satu persatu tentang jenis kritik tersebut dan berikut uraiannya.

1. Pengertian Kritik Jurnalistik.

Kritik jurnalistik adalah kritik yang ditulis untuk para pembaca surat kabar, majalah atau disampaikan secara terbuka dengan tujuan untuk memberikan informasi mengenai berbagai macam peristiwa dalam dunia kesenian.

Adapun isi dari kritik jurnalistik ini adalah berupa ringkasan dari suatu kegiatan atau aktifitas seni seperti pameran, pementasan, konser atau jenis pertunjukan lainnya.

Baca juga: Prosedur Pertunjukan Musik.

2. Pengertian Kritik Pedagogik.

Kritik pedagogik adalah kritik membangun dan memotivasi yang diterapkan dalam proses belajar mengajar di lembaga pendidikan kesenian yang dikembangkan oleh para guru kesenian dengan tujuan utama untuk mengembangkan fakta serta potensi estetik/artistik peserta didik supaya memiliki kemampuan untuk mengenali bakat dan juga potensinya.

3. Pengertian Kritik Populer.

Kritik populer adalah kritik yang bersifat umum yang bersumber dari para kritikus yang bukan ahli jika di nilai dari aspek profesinalisme kritisme dalam dunia seni.

Jenis – Jenis Kritik Musik  dan Pengertiannya

4. Pengertian Kritik Ilmiah.

Kritik ilmiah/akademi adalah kritik yang melakukan pengkajian secara luas, mendalam dan sistematis dalam menganalisis maupun mengkaji bandingkan kesejarahan critical judgment.

Penilaian dalam kritik ini tidak bersifat mutlak, namun justru bersifat terbuka dan dapat dikoreksi oleh siapa saja demi menyempurnakan dan mencari nilai karya seni yang sebenarnya.

Nah.. kawan kawan sekalian, sampai disini mungkin kalian semua sudah bisa mengerti dan memahami apa saja jenis dan pengertian dari masing – masing jenis kritik seni musik yang telah di jelaskan di atas.

Harapan kami semoga apa yang anda dapatkan bisa anda kembangkan lagi dengan mancari referensi lain yang mungkin berkaitan dengan jenis kritik seni musik tersebut diatas sebab tidak ada kata sempurna dalam tulisan ini.

Mungkin sampai disini dulu penjelasan singkat yang dapat kami berikan dan lebih dan kurangnya mohon di maafkan. Terimakasih. 
Sumber: SBK-Kemdikbud-RI.2017.