ilmucerdasku.com

Bahan Apresiasi Karya Seni Musik - ilmucerdasku.com

Aprsiasi keragaman karya seni musik. ilmucerdasku.com. Apresiasi adalah penilaian atau penghargaan terhadap sesuatu yang didalamnya terkandung pengertian tentang kesadaran terhadap nilai - nilai suatu karya.

Bahan Apresiasi Karya Seni Musik - ilmucerdasku.com
Apresiasi Karya Seni Musik - ilmucerdasku.com

Apresiasai Karya Seni adalah penghargaan atau penilaian terhadap karya seni yang menekankan sikap seseorang terhadap suatu karya seni.

Berdasarkan hasil apresiasi akan muncul pengertian bahwa karya seni musik berperan dalam tata kehidupan manusia.

Musik dapat menimbulkan sikap kedisiplinan, kebersamaan, tenggangrasa, tanggungjawab, saling menghormati serta nilai - nilai positif yang berguna bagi mekanisme kehidupan manusia.

Sejarah Tentang Musik Nusantara dan Mancanegara. Disini.

1. Karakteristik Musik.

Musik bisa dikatakan sebagai karya dari sebuah ekspresi, perasaan atau pikiran yang disalurkan secara teratur dalam bentuk bunyi - bunyian.

Musik merupakan salah satu seni tertua, bahkan tidak ada sejarah peradaban dunia yang terlewatkan tanpa kehadiran seni musik.

Musik memiliki peran tersendiri dalam kehidupan masyarakat, seperti dalam pekerjaan, tarian, olah raga, ritual keagamaan terlebih lagi aktifitas permainan musik.

Musik dapat dibagi menjadi 3 unsur musik yaitu irama, melodi, dan harmoni. Musik dapat dibagi atas musik vocal yang menggunakan suara bantu oleh suara manusia, sedangkan musik instrumental menggunakan sarana bantu alat musik yang umum digunakan dan merupakan gabungan dari keduanya antara vocal dan instrumental.

2. Gaya Penampilan dan Sejarah Musik.

Asal mula musik diasumsikan sebagai bagian dari upacara magis yang  dilakukan oleh masyarakat primitif.

Terdapat dugaan bahwa manusia menggunakan musik untuk melatih suaranya dalam bernyanyi sebelum ditemukannya cara membuat alat - alat musik.

Dari sinilah muncul atau lahirnya istilah melodi dan pada akhirnya manusia mulai membuat alat - alat musik dari bahan yang terdapat disekitar tempat tinggalnya.

4 Jenis Contoh Musik Nusantara. Disini.

Dalam sejarah musik, bangsa mesir kuno menyembah dewa Orisis dan dewa lainnya dengan mempersembahkan bunyi - bunyian atau nyanyian.

Demkian juga pada bangsa Yunani kuno dalam pemujaannya terhadap dewa Zeus, Apollo,  dan dewa lainnya yang dilakukan dengan cara mengadakan bunyi - bunyian.

Musik daerah sendiri termasuk musik yang dalam perkembangannya merupakan musik konversional karena adanya pengaruh dari budaya asing.

3. Perbedaan dan Persamaan Musik Nusantara dan Mancanegara.

Musik yang berkembang di nusantara terdiri atas 2 kelompok, yaitu;

- Musik tradisional, dan 

- Musik non-tradisional.

Musik tradisional merupakan musik yang berkembang secara turun temurun dari generasi yang satu kegenerasi selanjutnya.

Perjalanan Seni Tradisi.

Kesenian adalah salah satu unsur yang selalu hadir dan ada dalam setiap bentuk kebudayaan. Keberadaannya sangat terkait dengan kebutuhan manusia, untuk memenuhi kebutuhan akan unsur - unsur estetis.

Sementara kesenian Indonesia yang memproduksi nilai - nilai dan estetika berada disetiap daerah secara terpisah, tumbuh dan berkembang secara sendiri - sendiri.

Jenis - Jenis Alat Musik Tradisional Indonesia. Disini.

Sejak dimasa lalu, mengikuti kemajuan zaman secara berbeda. Ekspresi kesenian Sulawesi misalnya berbeda dengan ekspresi kesenian Kalimantan, jawa dan daerah lainnya.

Sehingga disengaja atau tidak, kesenian dimasing - masing daerah tersebut akan diwariskan secara turun - tenurun, yang kemudian dikenal dengan istilah kesenian tradisional.

Musik non- Tradisional terbentuk karena adanya pengaruh dari musik asing yang masuk ke Nusantara yang kemudian mempengaruhi musik - musik yang ada di Nusantara.

Dengan adanya pengaruh itu, menyebabkan banyak lagu rakyat yang berjiwa daerah namun masing dipengaruhi nuansa asing.

Baik musik nusantara maupun musik nusantara, dalam pertunjukannya psti memiliki gaya penampilan yang berbeda - beda.

4. Fungsi Musik Tradisi. 

Musik Tradisi adalah musik yang bersumber dari tradisi budaya daerah yang berkembang secara turun - temurun melalui proses secara lisan yang kemudian dikenal dengan istilah musik etnis.

Musik tradisi disetiap daerah memiliki fungsi yang berbeda - beda. Hal ini tergantung dari karakter, adat dan budayanya meski pada dasarnya fungsi dari musik tradisi daerah nusantara ini tetap memiliki banyak persamaan.

Sampai disini penjelasan tentang apresiasi karya seni musik ini, kami harap dapat memberi anda jawaban dan menambah referensi anda dalam belajar tentang seni musik. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Bahan Apresiasi Karya Seni Musik - ilmucerdasku.com Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Akbar Pagala