Peluang dan Ide Usaha Makanan Internasional

Banyaknya turis manca negara yang datang ke Indonesia, bagi yang hobi memasak tentunya hal ini akan menjadi peluang yang besar untuk membangun usaha makanan internasional. Terdapat banyak jenis makanan internasional yang bisa di jadikan sebagai peluang usaha sebab kita kan sama – sama mengetahui bahwa negara kita Indonesia sangat kaya akan berbagia macam bahan pangan nabati dan juga hewani.

Peluang  dan Ide  Usaha  Makanan  Internasional
Peluang  dan Ide  Usaha  Mie Ramen

Maka dari itu, tentunya hal tersebut dapat kita manfaatkan untuk membuat berbagia macam jenis menu makanan atau kuliner internasional baik itu yang murni dari makanan khas indonesia sendiri ataupun yang bersumber dari makanan yang telah dimodifikasi agar sesuai dengan selera dan lidah masyarakat indonesia, atau mungkin jenis olahan makanan baru yang dapat menjadi daya tarik penasaran bagi turis dari negara lain.

Nah untuk itu.. mari kita coba membahas tentang apa saja ide dan peluang tersebut, berikut ulasan lengkapnya.

Manusia selama hidupnya tentunya selalu berusaha untuk memenuhi segenap kebutuhan pokok mereka mulai dari sandang, pangan, dan papan. Dalam usaha untuk hal pemenuhan kebutuhan dari segi makanan atua pangan, manusia selalu mengerahkan segenap kemampuannya untuk memanfaatkan bahan makanan nabati dan hewani dari lingkungan sekitarnya untuk dibuat menjadi berbaai jenis masakan.

Pada mulanya, setiap masakan yang diciptakan tersebut hanya dapat dinikmati di daerah asalnya saja dan seiring dengan zaman, manusia mulai sering melakukan interaksi diluar daerah asalnya sehingga muncullah interaksi antar ruang didaerah lainnya bahkan hingga antar negara. Demikian pula dengan masakah khas dari suatu negara.

Para pelaku perjalanan acapkali membawa bekal makanan yang berasal dari daerahnya ke tempat yang baru yang menyebabkan interaksi baru dalam hal makanan di daerah lain yang telah menyatu dengan budaya negara lain yang kini juga dapat kita nikmati. Makanan khas internasional adalah makanan yang biasa di konsumsi di suatu negara. Makanan yang dibuat biasanya mencerminkan karakter atau ciri khas budaya dan bahan panga hasil alam yang  dihasilkan masyarakatnya.


Ide Usaha dan Peluang Usaha Makanan Internasional


Pada era globalisasi saat ini, dengan semakin banyaknya turis asing yang keluar masuk dari suatu negara ke negara lainnya membuat interaksi antar negara menajdi semakin pesat. Dalam kaitannya tersebut, tentu saja mereka yang datang dan pergi dari suatu negara ke negara lainnya dalam hal penghidupan mereka tentunya membutuhkan makanan untuk tetap dapat hidup.

Bagi warga negara asing yang hidup di negara lain tentu saja merindukan masakan khas negaranya untuk dapat dinikmati di tempat tinggal mereka saat ini. Demikian juga penduduk aslinya. Bagi mereka juga memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar untuk bisa menikmati masakan dari negara lainnya. Nah.. hal ini yang dapat dijadikan sebagai peluang usaha potensial untuk membuka usaha makanan internasional. Jika seseorang memiliki keahlian dengan memasak standar internasional yang bisa diterima semua orang, maka peluang tersebut akan sangat terbuka lebar untuknya.

Terdapat banyak jenis makanan internasinal yang terntu saja akan dapat membuat wirausahawan pemula kebingungan untuk menentukan jenis makanan apa yang akan dibuatnya. Sebelum memulai usaha makanan internasional, terdapt beberapa hal yang patut diperhatikan yang diantaranya adalah sebagai berikut;


a. Jenis makanan.


Hal pertama yang dilakukan yaitu menentukan jenis makanan yang akan dibuat dan dapat dilihat dari banyaknya asal negara turis yang datang berkunjung di daerah kita untuk berwisata. Selain itu, perlu juga kita lihat ketersediaan bahan makanan di lingkungan sekitar, sehingga dapat diketahui jenis makanan yang dibuat sesuai dengan keinginan pasar dan bahan baku pun mudah untuk didapatkan.


b. Pengolahan makanan. 


Cita rasa masakan tentunya menjadi salah satu faktor penentu sukses tidaknya dalam berbisnis kuliner. Maka dari itu, penting bagi kita untuk mengetahui cara yang baik dan benar dalam mengolah makanan dengan tepat. Pelajarilah cara pengolahan makanan internasional dari negara lain, sehingga diperoleh cita rasa masakan yang hampir atau mirip dengan cita rasa negara asal.


c. Penggunaan bumbu.


Penting untuk menggunakan bumbu yang tepat. Terdapat beberapa jenis makanan internasinal yang menggunakan bumbu asli dari negara asalnya. Jika memungkinkan gunakanlah bumbu yang asli. Namun jika tidak, maka gantilah dengan bumbu yang sejenis yang disesuaikan dengan selera masyarakat sekitar. Inovasi dalam mengolah bumbu – bumbu makanan internasinal harus selalu dilakukan sehingga makanan yang dibuat memiliki cita rasa yang nikmat dan disenangi di pasaran.


d. Pemilihan lokasi usaha.


Dalam memilih tempat/lokasi usaha, wajib untuk memilih lokasi yang strategis yang dapat mempermudah calon pembeli untuk datang kewarung makan atau restoran. Usahakanlah untuk mencari lokasi usaha yang dapat dilihat dengan jelas, mudah di capai dengan transfortasi umum dan memiliki tempat parkir yang cukup memadai (luas).


e. Penentuan harga.


Pada saat memulai usaha, sebaiknya tidak memasang harga atau tarif yang terlalu mahal dan cobalah untuk memberikan harga promo di minggu – minggu atau bulan pertama sehingga dapat memancing ketertarikan dan akan banyak pengunjung yang datang ke warung yang baru di buka.


f. Pelayanan.


Sari segi pelayanan maka wajib hukumnya untuk memberikan pelayanan yang berkualitas, misalnya melayani dengan cepat/sigat dan juga ramah. Hal ini dapat membuat pelanggang merasa nyaman dan puas serta selalu ingat tempat atau usaha anda yang dengan demikian maka pengunjung akan selalu senang hati untuk selalu datang. Selain itu, kenali pula pelanggang tetap anda, berikan pelayanan yang maksimal agar mereka selalu merasa senang dan diperhatikan.


g. Konsistem dalam pelayanan.


Buka dan tutup warung atau restoran anda tepat waktu. Jika terdapat perubahan jadwal maka cobalah memberikan pemberitahuan jauh hari sebelumnya, sehingga pelanggang tidak merasa kecewa karena datang ke warung anda namun sedang tertutup. 

Selain itu, berikan mereka harga yang tetap. Jika terdapat kenaikan harga bahan makanan dapat disiasati dengan memberikan makanan dengan porsi yang sedikit diperkecil. Konsistensi dalam kualitas melayani pelanggang, menjaga kebersihan, dan menjaga kualitas rasa sangat dibuthkan dalam usaha makanan internasional yang baru dibuka agar disenangi oleh pembelinya.

Demikian penjelasan singakat tentang Peluang  dan Ide  Usaha  Makanan  Internasional tersebut diaras, semoga bermanfaat dan terimakasih.

0 Response to "Peluang dan Ide Usaha Makanan Internasional"

Post a Comment

Mohon Saran dan Masukan yang Relefan untuk Blog ini pada kolom komentar. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel