Pilihan Cerdas Untuk Belajar

Cara Bisnis Kerajinan Handicraft dan Souvenir Lengkap

Kerajinan Handicraft dan Souvenir - Usaha berjualan aneka kerajinan handicraft dan souvenir sebenarnya hampir sama dengan berjualan pernak - pernik kebutuhan anak atau remaja, namun berbeda cara pembuatan dan distribusi penjulannya, tergantung target pembelinya. Lalu bagaimana cara memulai bisnis ini? apa pegetahuan yang dibutuhkan, apa modal yang dibutuhkan? dan lainnya. Untuk jelasnya simak penjelasan berikut ini.


Cara Bisnis Kerajinan Handicraft dan Souvenir Lengkap
Kerajinan Handicraft dan Souvenir

Memulai Bisnis Handicraft dan Souvenir.


Souvenir biasanya dibuat untuk momen - momen tertentu, seperti acara pernikahan, milad, dan syukuran. handicraft juga dapat dikategorikan kedalam jenis souvenir, tetapi lebih kental kepada nuansa atau sentuhan pribadi dan bernilai seni, meski ada pula yang dibuat secara massal.

Adapun jenis - jenis produk souvenir dan handicraft meliputi;

  • Souvenir dan handicraft untuk pesta pernikahan seperti pada upacara adat, akat nikah hingga tresepsi, yaitu lilin, tempat lilin aromaterapi, asbak, kipas, note-pad, kalender unik, tas tangan kecil, tempat tisyu, dompet uang receh dari kulit, pajangan dari keramik/kain.mika, bunga kering/poutpori, dan sabun dengan aneka bentuk yang lucu dan unik.
  • Souvenir untuk acara Milad (ulang tahun) anak - anak, seperti tas kbekal, aksesoris, tas sekolah, handuk, bathmantel, tempat tisyu, gelas dan mug.
  • Souvenir untuk acara sunatan, seperti pernak - pernik sekolah dan handuk.
  • Souvenir ulang tahun anak remaja, seperti dompet kecil, bathmantel, tempat handphone, dompet make -up, satu set make -up, dan cokelat/praline.
  • Souvenir untuk perayaan kawin perak atau emas, seperti album kecil, kipas, asbak, piring, gelas, dan mug.
  • Souvenir untuk cara reunian, seperti kaos, topi, hyanduk, mug, dan kalender dengan nuansa nostalgia.
  • Souvenir untuk company gathering, seperti tempat pulpen, tempat kartu nama, dompet uang receh, agenda/time planner/memo-pad, kaos dan mug.
  • Souvenir untuk cara seminar dan pameran produk, seperti payung, kaos, mug, gantungan kunci, dna gantungan/tempat handphone.

Souvenir tersebut dapat anda tambahkan dengan sedikit sentuhan  pribadi dengn dicetak atau disablon atau dibordirkan nama anak yang sedang ulang tahun atau sunatan, nama orang atau pasangan yang merayakan sesuatu atau nama almamater sekolah.


1. Pengetahuan dan Keterampilan Apa yang Dibutuhkan?

dalam memulai usaha kerajinan souvenir dan handicraft ini, keterampilan dan pengetahuan yang anda butuhkan adalah sebagai berikut.

a. Info tempat penjualan souvenir atau handicraft, mulai dari yang sederhana hingga yang unik, dari yang murah (grosir) hingga yagn mahal dengan sentuhan pribadi.

b. info tempat kursus handicraft ( keramik, lilin, clay, coklat dan lainnya)

c. Kemampuan untuk menjalin hubungan baik dengan pelanggang (perorangan dan kantor) dan event organizer yang sering membuat acara gethering, seminar, atau produk launching.


2. Modal apa yang dibutuhkan?

a. Paviliun atau garasi untuk tempat atau galeri souvenir yang anda tawarkan atau menyewa paviliun jika anda tidak memilikinya dirumah.

b. Lemari dan juga rak kaca sebagai tempat untuk memajang souvenir dan handicraft yang anda jual.

c. Album/katalog produk dari souvenir yang anda buat dan tersedia di toko anda dengan tujuan untuk memudahkan pelanggang untuk memilih souvenir yang mereka inginkan.

d. Sisipkan dana untuk mengikuti kursus membuat souvenir sehingga souvenir/handicraft produk anda lebih bernilai seni, 'tailormade' (bisa disesuaikan dengan keinginan pelanggang), dan harganya dapat anda kendalikan sendiri. Misalnya, tarif kursus membuat aneka handicraft dari lilin berkisar 400-500 ribu untuk 1 paket ( beberapa kali pertemuan dan sudah termasuk bahan ), sedangkan kursus membuat keramik sedikit lebih mahal.


3. Kiat menjalankan usaha Souvenir/handicraft.

  • Jika modal anda terbatas, anda dapat membatasi penjualan souvenir/handicraft pada satu segmen/jenis saja. misalnya, untuk remaja/anak - anak dan terbuat dari kertas/kayu.
  • Jangan malu atau segan untuk terus belajar dan mengembangkan ide/kreatifitas anda sebab souvenir menarik saja tidak akan cukup, anda harus memiliki ciri khas yang unik yang menjadi icon produk anda.
  • Jangan terpaku pada sebatas souvenir buatan lokal saja, anda juga dapat browsing di internet untuk mencari info update dari jenis - jenis souvenir yang dapat dibeli via internet.
  • Jika anda membeli souvenir secara grosiran, berikan sentuhan probadi anda, misalnya dengan menambahkan kemasan cantik/pita/kertas kadodaur ulang dan lainnya yang dapat menambah daya jualnya.

Nah dari sini mungkin anda sidah dapat memikirkan untuk memulai usaha ini dari mana dan apa yang anda butuhkan sekaitan dengan bisnis souvenir dan handicraft ini. jika anda masih merasa kesulitan, mungkin ada alternatif usaha lain yang bisa kami tawarkan untuk dipelajari, seperti berikut ini.

  • Jualan kemasan berupa kotak atau tas, 
  • layanan membungkus kado dengan indah dan menarik, dan
  • workshop cara membuat handycraft atau souvenir tertentu.
Demikian uraian singkat tentang Bisnis Kerajinan Handicraft dan Souvenir tersebut diatas, semoga bermanfaat untuk anda dan terimakasih.
Cara Bisnis Kerajinan Handicraft dan Souvenir Lengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: AkbarPagala

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Saran dan Masukan yang Relefan untuk Blog ini pada kolom komentar. Terimakasih