Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12+ Pertanyaan Seputar Membuka Usaha Sendiri Agar Cepat Sukses

Punya niat untuk membuka usaha sendiri? tapi masih bingung harus memulainya dari mana? Tidak mudah memnag untuk menjadi seorang wirausahawan yang sukses, tapi cobalah jawab beberapa pertanyaan ini dan jika anda berhasil menjawabnya maka itu berarti anda telah siap untuk membangun usaha anda sendiri dari a sampai z.


12+ Pertanyaan Seputar Membuka Usaha Sendiri Agar Cepat Sukses

Langkah Memulai Usaha Sendiri


a. Apakah bidang usaha yang sedang anda rencakan untuk dikembangkan? dan bagaimana prospek kedepannya?

Tentu kita sudah tahu bersama-sama bahwa memulai suatu usaha membutuhkan prospek dan prospek tersebut tentunya akan sebanding dengan jenis usaha yang hendak atau yang akan anda kerjakan. Maka cobalah bertanya kepada diri anda sendiri apakah jenis usaha tersebut kedepannya memiliki prospek yang lumayan baik untuk anda.

b. Bagaimana persaingannya? Siapakah pesaing anda? dan bagaimana cara anda menghadapinya?

Didunia ini memang banyak jenis-jenis usaha yang digeluti oleh para wirausahawan dan tentunya semua jenis usaha tersebut memiliki pesaing yang akan menimbulkan persaingan dan anda harus siap dengan hal tersebut. Mengapa? karena bukan hanya anda yang memproduksi produk atau jenis usaha yang ingin anda perdagangkan.

Kenali pula pesaing anda dan bagaimana anda menghadapinya, yang pastinya bersainglah secara sehat dan tidak dengan cara-cara yang dapat membuat orang lain merasa tidak senang dengan anda. karena hal tersebut akan membuat usaha anda justru akan menjadi gagal.

c. Apa target dari usaha tersebut dan cara mencapainya?

Fikirkan sebelum memulai usaha tersebut terutama target dan cara - cara untuk mencapainya, contohnya anda mencoba menargetkan anak sekolah sebagai sasaran prosuk anda maka anda tentunya sudah tahu dimana anda akan memasarkan produk anda agar anda dapat mencapai kesuksesan dalam membuka usaha anda sendiri.

d. Apa yang perlu anda siapkan dari sisi hukum dan apa saja yang menjadi penghalang?

Kita hidup di negara yang berlandaskan atas hukum yang tentunya segala kehidupan kita juga diatur dengan hukumnya masing-masing. Hal tersebut tentunya juga akan memberi dampak jika kita membuka usaha semaunya saja tanpa ada izin usaha dari pemerintah. Maka dari itu carilah hukum yang mengatur  tentang memulai usaha dan apa yang perlu anda siapkan.

e. Nama Perusahaannya apa?

Tentu namanya harus jelas dan nama jangan sekedar nama sebab nama juga merupakan salah satu daya tarik tersendiri bagi pelanggang anda agar mereka mudah mengingatnya. Jadi carilah nama usaha yang mudah diingat dan diucapkan agar masyarakat mudah mempromosikan usaha anda secara tidak langsung.

f. Modal yang dibutuhkan berapa? dimana ngambilnya?

Mau buka usaha sendiri? tentulah harus ada modalnya sebab tidak ada usaha yang dapat bediri jika tanpa modal, baik itu modal besar atau sedang atau pula modal yang kecil. Intinya jika anda sudah siap dari segi permodalan barulah anda dapat memulai memikirkan rencana lainnya.

g. Lokasi usaha anda dimana? apakah sudah ada kantornya atau tepat usahanya?

Membutuhkan kejelihan dalam menentukan lokasi tempat anda akan membuka usaha, sebab salah satu hal penting yang perlu diperhitungkan ialah lokasi atau tempat yang strategis dalam membangun sebuah usaha.

h. Sarana dan perlengkapan apa yang dibutuhkan? bagaimana mendapatkannya?

Segala bentuk usaha sangat membutuhkan sarana dan prasarana atau perlengkapan atau alat yang memadai dalam menjalankannya sebab tanpa sarana pendukung pekerjaan maka tidak akan mungkin suatu usaha dapat berjalan dengan lancar. Contohnya anda membangun sebuah bisnis kedai kopi maka yang anda butuhkan adalah alat meracik kopi, kopi, dan hal lain yang berkaitan dengan kedai kopi anda.

i. Asuransi usaha anda ada atau belum?.

Jika usaha yang hendak anda bangun lumayan besar, sedang, atau kecil, setidaknya anda memiliki asuransi yang sifatnya antisipasi terhadap hal-hal yang tidak diinginkan.

j. Supplier pemasuk bahan baku usaha ada gimana?

Tentunya ada usaha ada pemasuk bahkan jika anda juga seorang yang memiliki usaha sebagai produsen suatu produk pasti tetap membutuhkan pemasuk bahan baku untuk membuat produk anda. Jadi pastikan hal tersebut sudah ada dan siap untuk menyuplai kepada anda.

k. Sistem manajemen apa yang diterapkan seperti apa? siapa yang menjalankan? dan berapa karyawan yang anda butuhkan?

Semua hal tersebut sangat dibutuhkan sebab segala bentuk usaha butuh perhitungan terutama jika anda mempekerjakan orang lain. Kekuatan utama dari suatu usaha atau bisnis terutama jika hendak membangun usaha sendiri secara mandiri, maka sebaiknya carilah orang-orang yang dapat dipercaya dan memiliki keahlian di bidangnya. Jangan asal pilih orang.

l. Bagaimana sistem pemasaran produk anda? dan bagaimana produk anda dapat dikenal oleh masyarakat?

Tentunya setiap produk yang kita buat tujuan utamanya adalah meraih keuntungan yang sebesar-besarnya dan kerugian yang sekecil-kecilnya. Namun, semua itu tidak akan dapat anda dapatkan jika dipasaran produk anda tidak dapat bersaing dan tidak dikenal atau diketahui oleh banyak orang. Maka dari itu, diperlukan sistem perencanaan pemasaran produk yang matang salah satunya dengan cara promosi melalui media sosial secara online, papan iklan adan sebagainya.

Catatan: Ingatlah bahwa tidak ada keberasilan tanpa ada pengorbanan dan kerja keras. Beranilah dalam mengambil resiko namun harus tetap dalam kontrol atau kendali anda agar jika suatu resiko terjadi pada anda maka anda dapat segera mengantisipasinya. Intinya pertimbangkan resiko yang akan anda ambil sesuai dengan jenis usaha anda.

Demikian, semoga bermanfaat dan terimakasih.