Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana kamu membedakan karya seni rupa berdasarkan dimensinya?

Karya seni rupa berdasarkan dimensinya.

Salam sahabat pendidikan sekalian dimanapun berada berikut akan kami coba menguraikan penjelasana tentang cara membedakan karya seni rupa berdasarkan dimensinya. 

Namun sebelum melangkah lebih jauh ada baiknya kami mengingatkan agar biasakanlah membaca hingga tuntas agar tidak salah faham dan gagal dalam memahami setiap uraian yang dijelaskan. dan untuk singkatnya mari kita sama membaca uraian dibawah ini.

Cara membedakan karya seni rupa.

Kalian telah ketahui kalau karya seni rupa 2 dimensi mempunyai banyak ragam serta jenisnya. Berdasarkan bahannya kita memahami karya seni kriya kulit, kriya logam, kriya kayu, serta sebagainya. 

Ada pula pengkategorian berdasarkan tekniknya, kita memahami tipe karya seni batik, seni ukir, seni pahat, kriya anyam serta sebagainya. 

Pengkategorian tipe karya seni rupa berdasarkan waktu perkembangannya, kita bisa mengelompokkan ke dalam karya seni rupa pra sejarah, tradisional, klasik, modern, pos modern, kontemporer serta sebagainya. 

Pengkategorian karya ini sangat kita perlukan paling utama dalam aktivitas kritik serta apresiasi. Tidak hanya berdasarkan bahan, metode serta waktu, karya seni rupa dapat dikategorikan pula berdasarkan fungsi ataupun tujuan pembuatannya. 

Melalui pengkategorian berdasarkan fungsinya ini kita memahami karya seni rupa terapan serta seni rupa murni buat membedakan manfaat instan dari karya seni rupa tersebut. 

Buat penuhi kebutuhan- kebutuhan( fungsi) spesial kita bisa mengkategorikan karya seni rupa yang mempunyai guna sosial, ekspresi, pembelajaran, keagamaan serta sebagainya.

Bagaimana membedakan karya seni rupa berdasarkan dimensinya? 

Berdasarkan dimensinya, karya seni rupa dapat dibedakan menjadi dua antaralain adalah Karya seni rupa 2 dimensi dan Karya seni rupa tiga dimensi.

membedakan karya seni rupa berdasarkan dimensinya
Seni Rupa 2 Dimensi

- Karya seni rupa 2 dimensi hanya dapat dilihat dari satu sisi dan satu arah saja sedangkan,

- Karya seni rupa 3 dimensi dapat dilihat atau dinikmati dari beragai arah sebab memiliki unsur ruang dan bentuk.

Bagaimana membedakan karya seni rupa berdasarkan bahannya?

Berdasarkan bahannya kita memahami karya seni rupa terdiri dari berbagai bahan seperti kulit, logam, kayu, serta sebagainya. 

Dengan berbagai bahan tersebut kita dapat menciptakan berbagai jenis karya seni rupa baik seni rupa dua dimensi dan tiga dimensi.

Contoh kerajinan kriya logam, kerajinan kriya dari kulit dan juga kriya dari kayu maka itulah yang menjadi pembeda dari kerajinan berdasarkan bahannya ini.

Bagaimana membedakan karya seni rupa berdasarkan tekniknya? 

Adapun pengkategorian seni rupa berdasarkan pada tekniknya terdiri dari berbagai teknik yang diantaranya adalah;

Teknik ukir, teknik pahat, teknik kriya, taknik anyam, teknik batik dan lain sebagainya. Salah satu contoh penerapan dari teknik diatas misalnya teknik ukir yang digunakan pada sedang membuat karya seni rupa tiga dimensi seperti patung dari kayu.

Teknik ukir ini digunakan untuk membentuk atau mengolah kayu menjadi suatu karya seni rupa tiga dimensi yang dapat dinikmati keindahannya melalui sentuhan tangan - tangan seniman kreatif.

Bagaimana membedakan karya seni rupa berdasarkan waktunya?

Berdasarkan waktunya seni rupa dapat dilihat dari segi perkembangannya dari zaman ke zaman seperti kita bisa mengelompokkan ke dalam karya seni rupa pra sejarah, tradisional, klasik, modern, pos modern, kontemporer dan lain sebagainya.

Bagaimana membedakan karya seni rupa berdasarkan fungsinya? 

Dari penjelasan tentang membedakan seni rupa berdasarkan waktunya diatas maka kita dapat melihat dan membedakan karya seni rupa berdasarkan fungsinya juga.

Seni rupa memiliki barbagai jenis fungsi sesuai dengan tujuan diadakannya atau tempat  dan waktu pelaksanaannya antara lain seni rupa sebagai fungsi sosial, fungsi keagamaan, fungsi pembelajaran, dan lainnya.

Nah.. sampai disini mungkin kalian semua sudah bisa memahami tentang cara membedakan seni rupa berdasarkan dimensinya, dan juga berdasarkan bahannya, waktunya, dan juga fungsinya.

Mungkin cukup sekian dulu apa yang bisa kami sampaikan dan semoga dapat bermanfaat untuk anda sekalian dan terutama bagi kami di ilmucerdasku.com. Terimakasih.