Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebutkan Jenis dan Karakteristik Kerajinan Berbasis Media Campuran

Jenis dan Karakteristik Kerajinan Berbasis Campuran.
 
Sahabat ilmucerdasku dimanapun berada. Bahan yang dimanfaatkan sebagai bahan dasar untuk kerajinan berbasis media campuran  memiliki banyak ragam dan bergantung pada sumber daya alam dari masing-masing wilayah atau daerah.

Namun sebelum lebih lanjut, sekedar kami mengingatkan agar senantiasalah membaca hingga tuntas agar tidak salah faham dan gagal faham dalam memaknai setiap penjelasan tentang jenis dan karakteristik kerajinan media campuran tersebut diatas dan berikut uraiannya.

Beberapa jenis bahan yang dapat dimanfaatkan adalah : 

A. Jenis Bahan Kerajinan Berbasis Media Campuran.

Bahan alam, seperti : 

- kayu, 
- batu,
- logam, 
- keramik, 
- kulit,
- serat,
- dan lainnya.

Bahan buatan, seperti :

- plastik, 
- gips,
- fiberglas,
- dan lainnya.

B. Karakteristik Kerajinan Berbasis Media Campuran.

Karakteristik bahan tentunya juga berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Sebelum dijadikan sebuah karya kerajinan yang akan dipadukan, maka tentunya kita harus memahami sifat dari masing-masing bahan yang akan dibuat.

Misalnya logam, beberapa logam memiliki sifat atau karakter yang mudah berkarat maka dari itu, sebaiknya logam tersebut harus diolah terlebih dahulu agar tidak merugikan pula merusak bahan yang lainnya.

Keramik yang terbuat dari tanha liat juga memiliki karakter yang mudah retak atau pecah. Dan tentunya jenis bahan ini harus dipadukan dengan sangat berhati-hati menggunakan bahan yang tidak merusak wujudnya, seperti kain atau jenis kertas agar bentuk keramik akan terjaga.

Berikut ini beberapa bahan dasar dan bahan peduannya yang dapat dikatakan cocok atau padu, untuk dijadikan bahan campuran dalam suatu produk kerajinan.

1. Batu.

Batu terdiri dari batu permata atau batu mulia dan juga ada batu akik. Permata memiliki nama yang banyak dari A hingga Z yang diklasifikasikan menurut kepadatannya (kerasnya batu) yang dikenal dengan Skala Mohs dari 1-10.

Permata yang paling banyak diminati yaitu permata yang berkristal ( selain dari jenis batu berlian, zamrud, ruby, dan safir), batu-batu akik jenis anggur seperti biru langit, bungur, atau kecubung yang berasal dari tanjung bintang, lampung, saat ini banyak diburu oleh kolektor disebabkan karena kualitas kristalnya.

Aneka bentuk tkstur, dan warna batu yang menarik dapat dipadukan dengan berbagai bahan lainnya seperti kayu, logam, dan lainnya. 

Jenis dan Karakteristik Kerajinan Berbasis Media Campuran
Jenis Karakteristik Kerajinan Berbasis Media Campuran
2. Logam.

Logam memiliki banyak jenis, misalnya emas, perak, perunggu, besi, dan titanium. Namun perak lebih cenderung dipadukan sebagai kerajinan berbasis campuran, selain harganya terjangkau juga lebih diminati dengan berbagai bentuk penampilan.

Logam dapat dipadukan dengan berbagai bahan lainnya seperti kayu, kerang, batu dan juga lainnya. Proses pengecetan atau plating pada lgam biasanya merupakan langkah-langkah terbaik untuk mencegah korosi. 

Jenis dan Karakteristik Kerajinan Berbasis Media Campuran
Jenis dan Karakteristik Kerajinan Berbasis Media Campuran
3. Plastik.

Plastik juga memiliki banyak bentuk dan jenis, seperti botol, kantongan, gelas, perabotan dapur, perabotan rumah tangga, dan lainnya. 

Namun bahan botol paling sering dipadukan sebagai kerajinan media campuran, selain memiliki permukaan yang cukup keras, juga lebih diminati sebab mudah untuk dibentuk.

Plastik juga memiliki sifat yang dapat di daur ulang, seperti resin. Plastik dapat dipadukan dengan berbagai bahan lain seperti logam, kain, kertas, dan lainnya.

Jenis dan Karakteristik Kerajinan Berbasis Media Campuran
Jenis dan Karakteristik Kerajinan Berbasis Media Campuran
4. Kayu.

Kayu adalah bagian batang atua cabang serta ranting tubuhan yang mengeras sebab mengalami lignifikasi (pengayuan). Kayu digunakan untuk berbagia macam keperluan, seperti memasak, bahan prabot rumah tangga seperti kursi, meja, bahan perumahan seperti pintu, jendela, rangka atap rumah, bahan kertas, dan masih banyak yang lainnya.

Kayu juga memiliki banyak jenis mulai dari kayu bayam, jati, meranti, nangka, jati landa, kayu hitam, dan lainnya tergantung pada sumber daya masing-masing daerah. 

Beberapa jenis kayu yang dibuat kerajinan dipilih karena bersifat kedap air, isolator, dan mudah dibentuk. Kayu juga dapat dengan mudah dipadukan dengan bahan lainnya seperti logam, kaca, dan lainnya.

Jenis dan Karakteristik Kerajinan Berbasis Media Campuran
Jenis dan Karakteristik Kerajinan Berbasis Media Campuran
5. Keramik.

Keramik berasal dari tanah liat dan memiliki disiplin ilmu tersendiri maka dari itu, kerajinan yang berasal dari tanah liat secara familiar disebut dengan keramik. Umumnya senyawa keramik lebih stabil dalam adaptasinya dengan lingkungan. 

Bahan baku keramik yang umum digunakan adalah feldspar, ball clay, kwarsa, kaolin, dan air. Sifat dari ekramik sangat ditentukan oleh struktur kristal, komposisi kimia, dan mineral bawaan tanahnya. 

Karena sifat keramik rapuh dan mudah pecah maka keramik dapat dipadukan dengan berbagai bahan lain yang bersifat lembut atgau ringan, tidak merusak, misalnya kain, rotan, kertas, atau karbon dan lainnya.

Jenis dan Karakteristik Kerajinan Berbasis Media Campuran
Jenis dan Karakteristik Kerajinan Berbasis Media Campuran

Demikian ulasan singkat tersebut diatas, semoga bermanfaat.
Sumber : Kemendikbud-RI_2018
Tim Penulis : Dwi Sri Handayani, dkk
Pencetak : Masmedia Buana Pustaka