Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Musik Mancanegara - ilmucerdasku.com

Sejarah Perkembangan Musik Nusantara - ilmucerdasku.com. Dalam Sejarahnya, tercarat bahwa perkembangan musik nusantara terbagi menjadi beberapa periode diantaranya adalah sebagai berikut.

Sejarah Musik Mancanegara - ilmucerdasku.com
Sejarah Musik Mancanegara - ilmucerdasku.com

1. Musik Mancanegara Zaman Kuno.

Sebelum alat musik ditemukan, hampir semua karya musik hanya berbentuk melodi yang dinyanyikan dengan suara manusia sehingga zaman ini disebut juga dengan zaman musik vocal.

Ketika Paus Gregorius 1 menjabat sebagai pimpinan gereja, mulailah diadakan reorganisasi Liturgi Katholik dan dimulai pula penggunaan musik Gregorian sebagai musik sesuai dengan gereja Katholik.

- 5 Tokoh dan Karya Musik Nusantara. Klik.Disini.

Bentuk musik Gregorian berupa melodi yang dinyanyikan tanpa iringan musik sehingga tekstur lagu - lagu  gregorian lebih bersifat sakral dan hanya dimaksudnya untuk meningkatkan mutu dalam ibadah keagamaan.

2. Musik Mancanegara Zaman Renaisans.

Karya musik pada masa Renaisans hanya dipengaruhi oleh bentuk ruangan gereja yang besar dan kedap, sehingga faktor - faktor kejernihan, kelembutan dan keseimbangan suara merupakan ciri khusus.

Ciri - ciri yang terdapat pada karya - karya di zaman Renaisans diantaranya adalah sebagai berikut;

a. Media penyajian musik.

Permainan musik iringan banyak diperuntukkan untuk  penari dan vocalis perorangan. Lagu - lagu koor gereja sebagian besar berbentuk Akapela.

b. Ritme musik.

Hampir sebagian besar karya musik di zaman Renaisans ditandai dengan denyutan ritme bertekanan berat.  Karya musiknya sering terjadi pergantian tanpa tempo dan berirama yang berlebihan.

- Contoh Musik Nusantara yang Dipengaruhi Musik Mancanegara. Klik.Disini.

c. Melodi musik.

Gerakan melodinya masih banyak menggunakan langkah - langkah pendek seperti yang digunakan oleh musik Gregorian. Melodi untuk suara tenor digunakan nada panjang.

d. Pola musik. 

Pada zaman Renaisans karya musiknya diciptakan dalam bentuk dan pola - pola merupakan pembentukan phrase yang sangat panjang, sehingga penyanyi dituntut memiliki teknik pernafasan yang bagus.

3.  Musik Mancanegara Zaman Klasik (1740 - 1770).

Zaman klasik merupakan zaman kejayaan kebudayaan Yunani atau Romawi  dan merupakan zaman dimana orang mengagungkan akal.

Karakteristik musik di zaman klasik diantaranya adalah sebagia berikut.

- 11 Tokoh Musik Daerah Legendaris Terkenal Indonesia. Klik.Disini.

a. Bentuk musik ; gaya melodi berbentuk sonata,

b. Melodi ; gaya melodi bersifat kompak dan memiliki kesamaan tema.

c. Harmoni ; Cenderung banyak menggunakan trinada. dan

d. Improvisasi ; Mulai hilang. Semua tanda  - tanda phrase, dinamik dan akor ditulis lengkap.

4. Musik Mancanegara Zaman Romantik.

Zaman Musik Romantik ditandai dengan  kegiatan musik yang telah menitik beratkan pada penggarapan dan pemanfaatan timbre, ritmis, melodi dan harmoni.

Ciri - ciri yang terdapat pada karya zaman Barok adalah sebagai berikut;

a. Melodi penyajian musik.

Karya musik zaman romantik selalu dipertunjukkan pada kegiatan konser atau opera maupun tempat - tempat pertunjukan khusus.

Penyajian menyanyi tunggal atau Solo dengan iringan piano merupakan teknik penyajian yang sangat digemari oleh masyarakat luas.

b. Ritme musik.

Ritme yang mendukung ide serta ekspresi seseorang makin lengkap. Pebuatan partitur selalu dilengkapi tanda - tanda tempo serta berbagai modifikasi juga tanda - tanda ekspresi.

- Jenis - Jenis Alat Musik Tradisional Indonesia. Klik.Disini.

c. Melodi musik.

Pembuatan melodi pada vocal sangat dipengaruhi oleh gaya pembauatan dari melodi instrumen musik yang diciptakan.

d. Pola musik.

Pada zaman musik romantik, pembuatan atau penggarapan karya musiknya cenderung pada pola musikalisasi puisi.

Nah.. Sampai disini kami harap kita semua semakin bisa mengerti asal muasal musik mancanegara yang kini semakin memperngaruhi dunia terutama dari segi penampilannya dalam bentuk konser musik.

Dizaman sekarang ini, banyak musisi mancanegara yang semakin memperkaya garapan musiknya dengan memadukan beragai jenis alat, musik dan banyak lagi hal lainnya yang semakin modern.

- 9 Unsur - Unsur Dalam Musik Terlengkap. Disini.

Bahkan hingga muncullah permainan musik yang tanpa menggunakan alat musik yaitu musik DJ yang banyak digunakan dalam klub - klub malam dan sekelasnya.

Mungkin cukup ssekian dulu dari kami, semoga artikel sejarah musik nusantara tersebut bermanfaat untuk anda dan terimakasih.