ilmucerdasku.com

4 Contoh jenis musik nusantara yang dipengaruhi musik mancanegara

Musik Nusantara | ilmucerdasku.com. Musik di Indonesia sangat beragam yang membuat Indonesia menjadi kaya akan musik nusantara. Setiap upacara adat, pemujaan dan pertunjukan di nusantara tidak terlepas dari musik.

Oleh karena itu, musik sebagai alat dan sarana tidak akan bisa lepas dari adat tersebut. Diseluruh pelosok nusantara masing - masing memiliki adat, ciri dan keunikan yang berbeda.

Jenis tari yang digunakan dalam ritual adat juga tidak terlepas dari musik. Bisa dikatakan bahwa musik merupakan bagian yang tidak bisa lepas dari kehidupan seseorang yang ingin mempelajari kebudayaan tidak akan lepas dari musik serta hal - hal yang bekaitan dengan musik.

Cara yang digunakan biasanya dengan cara mempelajari atau menghayati pementasan musik, mendengarkan musik, menggunakan dokumen hasil tertulis, audio dan visual serta membentuk media yang ada.

4 Contoh jenis musik nusantara yang dipengaruhi musik mancanegara
4 Contoh jenis musik nusantara yang dipengaruhi musik mancanegara

Jenis Musik Nusantara yang Dipengaruhi Musik Mancanegara.

Nusantara Indonesia penuh dengan keberanekaragaman jenis musik nusantara. Namun perlu anda ketahui bahwa tidak semua jenis musik nusantara itu murni.

Akan tetapi ada berbagai jenis musik yang merupakan campuran atau sebenarnya berasal dari pengaruh dari musik mancanegara.

Dibawah ini beberapa contoh jenis - jenis musik musik nusantara yang dipengaruhi oleh jenis musik mancanegara diantaranya sebagai berikut.

1. Musik Keroncong.

Pada awal abad ke 16 armada Portugis mendarat di kawasan nusantara yang dipimpin oleh Alfonso d'k Ibonqueque di tahun 1512, armada tersebut menuju maluku untuk mencari rempah - rempah.

Alat musik yang terkenal saat itu dikalangan anak buah kapal adalah ukulele. Bunyi alat musik serta lagu yang diiringinya terasa asing ditelingan para pribumi.

Musik keroncong merupakan peninggalan bangsa Portugis di Indonesia. Padahal data menunjukkan bahwa irama keroncong milik bangsa Potugis sudah tidak berbekas.

Bahkan, bentuk instrumen musik keroncong sedikitpun tidak kita temukan di Negara Portugis maupun di daerah jajahan, yaitu timor - timur.

Pengertian Seni Musik dan Pendidikan Seni Musik. Klik.Disini.

Ciri khas lagu keroncong diantaranya adalah;

  • lagu terdiri dari 7 kalimat lagu,
  • tiap kalimat lagu terdiri dari 4 ruas birama, sehingga sebuah komposisi lagu keroncong asli terdiri dari 28 ruas bimara,
  • progresi chord tetap, dan 
  • birama lagu 4/4.

2. Musik Dangdut.

Musik dangdut merupakan salah satu warna musik yang sangat berpengaruh dalam kanca musik nusantara.

Ciri khas iram musik ini dibuat oleh permainan gendang kembar yang menghasilkan bunyi dangdangdut.

Pada birama empat, bunyi dang jatuh pada hitungan ke empat dan bunyi dut pada hitungan pertama birama berikutnya.

Jenis musik ini mirip dengan perpaduan antara irama musik Deli dan irama musik India. Tokoh musik dangdut antara lain; Rhoma Irama, Elia Kadam, Camelia Malik, Elvi Sukaesih dan A. Rafiq.

3. Musik Gambus. 

Musik gambus yaitu sejenis orkes melayu yang bernafaskan islam dan berirama padang pasir. Alat musik yang menjadi ciri khas musik ini adalah gitar gambus.

Alat musik dawai yang dibuat secara rangkap seperti mandolin. Musik gambus banyak terdapat didaerah pesisir. 

Alat musik ini dimainkan secara tunggal atau bersama - sama dengan alat musik lain, seperti gendang, biola seruling, bas, dan rebana.

Ragam Jenis dan Fungsi Musik Ansambel Ritmis dan Melodis. Klik.Disini.

4 Contoh jenis musik nusantara yang dipengaruhi musik mancanegara
4 Contoh jenis musik nusantara yang dipengaruhi musik mancanegara

4. Musik Gambang Kromong.

Gambang Kromong adalah sejenis alat musik orkes yang memadukan gamelan dengan alat musik umum.

Tangga nada yang digunakan dalam gambang kromong adalah tangga nada tentatonis Cina. Instrumen pada gambang kromong terdiri atas gong, gendang, suling, bonang kromong, rebab atau biola sebagai pembawa melodi.

Lagu - lagu yang dibawakan adalah lagu - lagu yang besifat humor, gembira atau sindwin.

Itulah beberapa penjelasan singkat tentang contoh jenis musik nusantara yang dipengaruhi musik nusantara tersebut diatas, lebih dan kurangnya mohon dimaafkan dan terimakasih.

4 Contoh jenis musik nusantara yang dipengaruhi musik mancanegara Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Akbar Pagala