9+ Unsur - Unsur Musik Lengkap Dengan Pengertian dan Penjelasanya

Unsur - Unsur Musik, Pengertian dan Penjelasan Lengkapnya.

Salam sahabat seniman, pekerja seni dan pencinta seni dimanapun berada, berkaitan dengan artikel sebelumnya yang membahas tentang tema yang masih berkaitan dengan musik, maka kali ini kita akan memfocuskan pembahasan kita tentang unsur-unsur yang ada di dalam musik. Adapun Unsur-Unsur Musik tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

- Unsur- Unsur Musik.

Inti dasar dari musik adalah bunyi yang disebut dengan Nada dan nada ini telah kita bahas pada artikel sebelumnya. Nada yaitu, bunyi yang memiliki getaran teratur dalam tiap detik dengan sifat tinggi, panjang, keras, dan lembut serta warna yang berbeda.

9+ Unsur - Unsur Musik Lengkap Dengan Pengertian dan Penjelasanya
Unsur - Unsur Musik Lengkap Dengan Pengertian dan Penjelasanya
Unsur-unsur musik di antaranya adalah :

A. Unsur Melodi.

Melodi adalah rangkaian sejumlah nada atau bunyi berdasarkan perbedaan tinggi rendahnya atua naik turunnya nada. Melodi merupakan bentuk ungkapan penuh atau hanya penggalan ungkapan nada.

Setiap musik daerah ataupun modern masing-masing memiliki melodi yang berbeda-beda sesuai dengan karakter dan laras yang digunakan. Melodi yang baik tentunya adalah melodi yang intervalnya ( jaraknya ) dapat terjangkau oleh register masing-masing alat atau vocal manusia, artinya tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah.

B. Unsur Harmoni.

Harmoni adalah keselarasan pada paduan bunyi. Secara teknis, harmoni meliputi susunan, peranan dan hubungan dari sebuah paduan bunyi dengan bentuk yang utuh atau keseluruhan. Harmoni memiliki elemen interval dan akor.

Akor adalah susunan nada yang apabila dibunyikan secara serentak akan terdengar harmonis. Akor mengiringi melodi lagu sebagai satu aktifitas yang utuh dan nikmat di dengarkan. Maka dari itu, melodi memenuhi aspek musik secara horizontal dan vertikal.

Peran harmoni akan semakin baik dan nyata apabila terdapat seseorang yang bernyanyi dan diiringi dengan alat musik. Harmoni dalam suatu nyanyian akan memberi warna, bobot, nilai, dan bentuk tubuh pada jalinan melodi. Sebuah lagu akan terdengar indah dan nikmat tentunya jika lagu tersebut memiliki harmoni yang baik dan utuh.

C. Unsur Tempo. 

Tempo adalah cepat atau lambatnya suatu nada atau lagu dengan pengukuran untuk menentukan tempu adalah beat, yaitu ketukan dasar yang menunjukkan banyaknya ketukan dalam satu menit. Misalnya sebuah lagu memiliki beat MM 10, artinya ddalam setiap satu menit terdapat 10 ketukan dan dalam satu ketukan dinyatakan dengan not seperempat (GB). MM merupakan singkatan dari "Metronome Malzel", yang artinya alat pengukur tempo lagu. Kata Malzel ( 1815 ) diambil dari pencipta alat ini.  

9+ Unsur - Unsur Musik Lengkap Dengan Pengertian dan Penjelasanya
Unsur - Unsur Musik Lengkap Dengan Pengertian dan Penjelasanya
Tanda tempo dibagi menjadi tiga bagian, yaitu lambat, sedang, dan cepat.

a. Tanda tempo lambat, misalnya :
  • Largo = lambat
  • Adagio = lambat penuh perasaan
  • Grave = khidmat.
b. Tanda tempo sedang, misalnya :
  • Andante = sedang, secepat orang berjalan
  • Moderato = sedang.
c. Tanda tempo cepat, misalnya :
  • Allegro = cepat
  • Mars = Secepat orang berbaris.

D. Unsur Ritme/Irama.

Ritme atau Irama adalah gerak teratur sebab ada dan munculnya aksen dengan tetap. Keindahan irama lebih terasa sebab adanya jalinan perbedaan nilai dari satuan-satuan bunyi. Ritme merupakan aliran ketukan dasar yang teratur mengikuti beberapa variasi gerak melodi.

Ritme dapat kita rasakan dengan mengdengarkan lagu secara berulang-ulang. Pola irama musik memberikan perasaan ritmis sebab pada hakikatnya irama adalah yang menggerakkan perasaan manusia dan erat hbungannya dengan gerakan fisik.

Masing-masing jenis ragam musik baik daerah maupun modern menghasilkan pola irama dan warna yang berbeda sehingga kita dapat mengenal berbagia macam irama. Seperti irama gamelang, melayu, gambus, maluku, biola, gitar dan lainnya.

E. Unsur Dinamik.

Dinamik adalah keras lembut lagu dan perubahannya. Tanda dinamik pada lagu dibagi menjadi beberapa bagian diantaranya adalah sebagai berikut :

a. Lembut, misalnya;
  • piano (p) = lembut;
  • pianissimo (pp) = sangat lembut.
b. Sedang. misalnya;
  • mezzo piano (mp) = setengah lembut;
  • mezzo forte (mf) = setengah keras;
c. Kuat, misalnya;
  • forte (f) = kuat;
  • fortissimo (ff) = sangat kuat.  
Untuk menunjukkan perubahan tempo, digunakan istilah sebagai berikut :

a. cressendo (cresc) = berangsur-angsur makin keras;
b. decressendo (decresc) = berangsur-angsur semakin lembut;
c. subito forte (sf) = tiba-tiba keras;
d. subito piano (sp) = tiba-tiba lambat. 

F. Unsur Warna Suara atau Timbre.

Kualitas nada atau warna suara suatu alat musik dapat memberikan perasaan tertentu, misalnya bunyi suling yang baik digunakan untuk melodi yang melukiskan ketenangan atau kelincahan. Apabila tiap warna suara diperdengarkan sesuai dengan karekternya maka lagu yang dibawakan akan terdengar lebih hidup.

G. Unsur Birama.

Birama adalah unsur seni musik yang berupa ketukan atua ayunan berulang-ulang, datang secara teratur dalam waktu yang berasamaan. Birama biasanya dituliskan dalam bentuk angka pecahan seperti, 2/4, 3/4, atau 2/3, dan seterusnya. Angka di atas tanda "/" (penyebut) menunjukkan nilai nada dalam satu ketukan. Birama yang nilai penyebutannya genap disebut dengan birama bainar, dan birama yang penyebutannya ganjil disebut dengan birama ternair.

H. Unsur Tangga Nada.

Tangga nada adalah urutan nada yang disusun secara berjenjang, Misalnya, do, re, mi, fa, sol, la, si, do... Tangga nada dibagi menjadi dua bagian, yaitu tangga nada diatonis dan tangga nada pentatonik. Berikut penjelasan keduanya.

a. Diatonik.

Tangga nada diatonik adalah sistem nada yang menggunakan dua macam jarak antarnada, yaitu tone jarak satuan dan seitone jarak tengahan. Contoh alat musik yang menggunakan laras ini adalah piano, gitar, seruling, dan biola.

b. Pentatonik.

Tangga nada pentatonik adalah jenis tangga nada yang hanya menggunakan lima jenis nada pokok. Jenis ragam tangga nada pentatonik dibedakan oleh jarak antarnada serta pilhan nada yang didengar. Berdasarkan nadanya, ada yang menggunakan pelog dan slendro. Contoh alat musik yang menggunakan nada ini adalah gamelan. 

I. Unsur Ekspresi.

Ekspresi adalah ungkapan perasaan dari dalam hati yang diperlihatkan dengan betuk penjiwaan terhadap musik. Untuk seorang penyanyi, ekspresi di tunjukkan dalam betuk mimik, gerak dan suara, seperti ekspresi sedih atau senang yang di padukan dengan gerakan tubuh (bahasa tubuh) dan mimik wajah yang sesuai dengan kesan atau makna yang terdapat pada irama dan lirik lagu, 

Demikian ulasan singkat tentang unsur-unsur musik tersebut diatas, semoga bermanfaat dan terimakasih.
Sumber : Terampil bermain musik.
Penulis : Subagyo, S.Pd.

0 Response to "9+ Unsur - Unsur Musik Lengkap Dengan Pengertian dan Penjelasanya"

Post a Comment

Mohon Saran dan Masukan yang Relefan untuk Blog ini pada kolom komentar. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel