Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebutkan keuntungan membuat kerajinan dari bahan limbah

Keuntungan membuat kerajinan dari bahan limbah

Salam sahabat ilmucerdasku. Ada banyak keuntungan dalam membuat kerajinan dari bahan limbah yang bisa kita dapatkan salah satunya yaitu hemat biaya produksi.

Berbagai bahan limbah yang dapat didaur ulang juga bisa meningkatkan perekonomian karena memiliki nilai ekonomis. Apa saja keuntungan lainnya yang bisa diperoleh dari kerajinan bahan limbah tersebut? 

Keuntungan membuat kerajinan dari bahan limbah
Kerajinan dari bahan limbah ban bekas

Sebelum kita lanjutkan, perlu kami ingatkan untuk membiasakan membaca artikel hingga tuntas agar tidak salah dalam memahami serta tidak menjadi gagal dalam menafsirkan setiap penjelasannya dan berikut uraiannya.

Apa keuntungan jika membuat kerajinan dari bahan limbah ?

Membuat kerajinan dari bahan limbah pada masa sekarang ini banyak di lakukan oleh masyarakat pada umumnya dengan menggunakan bahan limbah yang dapat diolah menjadi suatu kerajinan yang memiliki nilai manfaat.

Contoh kerajinan tersebut salah satunya adalah kerajinan limbah batok kelapa yang dapat dijadikan sebagai kerajinan lampu hias atau dokar mini. 

Selain dari memberikan manfaat, produk kerajinan bahan limbah juga memiliki nilai lainnya seperti nilai estetis atau keindahan sebab memiliki unsur seni dari sentuhan tangan para pengerajin yang ingin kerajinan yang dibuatnya nampak lebih menarik.

Adapun bahan limbah yang dapat dibuat menjadi kerajinan dari bahan limbah adalah bahan limbah keras, bahan limbah lunak atau bahan limbah organik dan limbah anorganik.

Adapun keuntungan membuat kerajinan dari bahan limbah diantarnya adalah:

- Memiliki nilai ekonomis yang bisa membantu perekonomian masyarakat (pengrajin),

- Mengurangi atau menekan dampak polusi yang dihasilkan oleh limbah,

- Dapat meningkatkan kreatifitas dan keterampilan,

- Tidak memerlukan biaya produksi yang besar,

- Menciptakan lapangan kerja, 

- Menciptakan produk karya seni baru yang bernilai.

Sedangkan keunggulan dari produk kerajinan bahan limbah adalah: 

- Ramah lingkungan.

Mengapa dikatakan ramah lingkungan ? itu karena kerajinan tersebut dibuat dari limbah yang didaur ulang dan juga justru memberikan sumbangsi yang besar terhadap pencegahan pencemaran lingkungan disekitarnya.

- Harga terjangkau.

Dikatan murah itu karena bahan yang digunakan tidak menggunakan biaya yang mahan dalam hal produksi, namun jangan salah sebab meski murah namun belum tentu murahan sebab dikerajakan secara manual oleh para profesional dan dapat digunakan sehari - hari.

- Awet dan tahan lama.

Awet dan tahan lama itu karena para pengrajin telah semakin berkembang dalam hal membuat kerajinannya tidak mudah rusak dengan memanfaatkan bahan - bahan yang bisa mencegah kerusakan dini pada kerajinannya, seperti pengecetan, pelapisan yang membuat kerajinannya bisa bertahan pada cuaca ekstrim sekalipun.

- Terdiri dari banyak jenis.

Tentunya setiap pengerajin akan membuat kerajinan yang tidak monton atau itu - itu saja sebab tidak akan menghasilkan keunikan dari segi jenis dan bentuk yang bisa menarik para pembeli untuk datang atau sekedar mampir melihat - lihat produk kerajinan bahan limbah yang dibuat.

- Mudah dibuat sendiri.

Jika diwilayah kita tidak terdapat pengerajin, atau tidak mampu untuk membelinya maka kita juga bisa membuatnya sendiri sebab proses mudah mendapatkan bahannya dan proses pengerjaannya hanya memerlukan peralatan sederhana sesuai dengan kerajinan yang ingin kita buat.

Misalnya, dirumah kita terdapat limbah botol plastik maka benda tersebut dapat dijadikan sebagai hiasan dalam bentuk bunga atau kincir taman yang hanya bermodalkan gunting, lem dan kertas warna sebagai pemanis.

Apa lagi era komputerisasi dan internet sekarang ini, orang yang tidak punya pengalamanpun dapat belajar hanya dalam waktu singkat melalui internet seperti yutube. 

- Mudah di temukan.

Mudah ditemukan sebab pada masa sekarang ini, seiring dengan berkembangnya zaman maka berkembang pula berbagai peralatan serta teknik yang digunakan dalam membuat kerajinan yang bisa menghewat waktu pengerjaan kerajinan tersebut, maka itulah berbagai macam kerajinan pada masa sekarang ini sudah sangat mudah untuk ditemukan. 

Perlu diketahui bahwa kerajinan merupakan bagian dari seni rupa terapan dimana hal tersebut dapat diartikan sebagai proses produksi yang melibatkan keterampilan tangan (manual) dalam membuat benda - benda dalam memenuhi kebutuhan hidup dengan tujuan sebagai fungsi pakai dan juga nilai keindahan.

Adapun tujuan dari membuat kerajinan bahan limbah ini diantaranya adalah :

- Sebagai benda dengan fungsi hiasan, 

- Sebagai benda dengan fungsi pakai, 

- Sebagai benda dengan tujuan ritual,

- Sebagai benda dengan fungsi simbolik, dan 

- Sebagai benda dengan fungsi konstruktif.

Sedangkan prinsip dari dibuatnya kerajinan bahan limbah tersebut diantaranya adalah :

- Prinsip keunikan produk serta bahan,

- Prinsip keterampilan tangan pengrajin,

- Prinsip nilai estetik,

- Prinsip keunikan nilai hias produk kerajinan.

Dari berbagia jenis limbah yang paling populer digunakan untuk dijadikan sebagai kerajinan berbahan limbah adalah limbah plastik dan limbah kemasan.

Perkembangan kerajinan bahna limbah ini pun semakin hari semakin meningkat yang berdamak pula pada peningkatan kesejahteraan masyarakat terkhusus untuk pada wirausaha kerajinan bahan limbah yang menekuni prosefesi sebagai pengrajin.

Selain itu, hal tersebut juga berdampak pada peningkatan pendapat daerah serta memudahkan masyarakat dalam membeli serta menggunakan produk kerajinan bahan limbah yang telah diproduksi.

Nah.. mungkin sekian dulu apa yang dapat kami sampaikan pada kesempatan yang singkat ini, semoga penjelasan tentang keuntungan membuat kerajinan dari bahan limbah tersebut dapat menjawab pertanyaan serta memberi manfaat bagi kita semua dan terimakasih.