Cara Membuat Kerajinan Gelas Unik dari Batok Kelapa

Kerajinan Gelas dan Sendok Cantik dari Batok Kelapa

Telah kaita ketahui bersama bahwa kelapa memiliki banyak manfaat hingga seluruh bagian kelapa dapat dimanfaatkan dikehidupan manusia dan salah satu dari bagian itu adalah batok kelapa kering yang berada pada bagian dalam kelapa. 

Batok kelapa terkadang hanya dianggap sebagia limbah dan lebih banyak dijadikan sebagai bahan dasar arang, namun ternyata, banyak kreasi yang bisa kita ciptakan dengan batok atau tempurung kelapa tersebut salah satunya dengan membuatnya menjadi kerajinan tas cantik dan unik dari bahan dasar kelapa ini. 

Untuk membuat kerajinan ini tentu kita membutuhkan peralatan yang akan digunakan untuk membuatnya dan adapun spesifikasi alat dan bahan tersebut adalah sebagai berikut :

A. Alat dan Bahan Kerajinan Gelas Unik dari Batok Kelapa

Agar kreasi yang akan dibuat berkualitas, maka penggunaan alat dan bahannya juga harus disiapkan dan harus bagus pula antara lain sebagai berikut.

1. Pisau - Pisau dengan ukuran yang beragam dari yang besar, sedang, semi kecil, serta kecil dan berujung runcing tapi harus tajam agar dalam pengaplikasiannya pisau ini bisa membarikan hasil yang rapi dan tidak mengurangi nilai seni dari bentuk karya yang akan dibuat.

2. Gergaji - Gunakan gergaji yang tajam berbagia ukuran atau bentuk dan jangan lupa untuk mempertajamnya agar saat digunakan untuk membentuk hasilnya bisa lebih bagus.

3. Kikir - Dimanfaatkan untuk menghaluskan permukaan pada batok kelapa yang tajam dan membahayakan bagi pengguna.

4. Amplas - Digunakan untuk memperhalus permukaan produk untuk memudahakan pengerajin dalam proses fiishing seperti dalam proses pengecetan dan dapat memberikan hasil yang optimal.

5. Sikat kawat - digunakan untuk menyikat serabut kelapa demi menghasilkan bentuk atau tekstur tertentu pada prodak yang hendak diproduksi dari bahan kelapa ini.

6. Lem - Tujuan penggunaannya, yaitu untuk merekatkan alas bagi produk yang memerlukan dudukan atau kaki dan gunakanlah lem yang memiliki daya rekat kuat agar produknya tidak mudah rusak dan tahan lama.

7. Pensil - Dimanfaatkan untuk menggambar pola pada kertas sebelum menempelkannya pada tempurung kelapa untuk dijadikan pola pembuatan kerajinan. Bisa juga digunakan langsung atau diaplikasikan langsung pada kelapa (jika anda cerdas dalam menggambar model).

8. Kuas – Dimanfaatkan untuk mengecet produk dan gunakanlah kuas dengan bermacam variasi bentuk dan ukuran agar sudut yang sulit dijangkau dapat dicat dalam proses pewarnaan tersebut.

9. Bor - Digunakan untuk melubangi tempurung kelapa atau untuk membuat pola hiasan pada kreasi batok kelapa.

10. Gunting - Digunakan untuk proses pemotongan pada bagian dari kerajinan yang membutuhkan gunting atau untuk memisahkan dan menghilangkan bagian yang tidak penting pada produk.

11. Paku - Digunakan untuk memperkuat alas ke kelapa agar dapat berdiri jika produk yang dibuat harus memakai kaki.

Bahan utama lain yang juga perlu disiapkan yaitu :

1. Kelapa - Kelapa adalah bahan utama yang akan dibuat kerajinan tapi jangan lupa untuk mengecek kualitas bahan dasar produk terlebih dahulu sebelum digunakan. Gunakanlah batok kelapa tua atau yang masih muda dan utuh atau yang sudah dikupas.

2. Kayu atau batang kelapan - Digunakan sebagai alas atau tatakan produk yang harus menggunakan kaki atau dudukan produk agar dapat beridiri tegak.

3. Cat - Vernis - Digunakan untuk proses mewarnai produk dan mempercantik hasil akhir dari produk tersebut.

4. Tali dari serabut kelapa - untuk produk kerajinan dengan model menggunakan gantungan seperti lampu gantung, hiasan dinding dan lainnya.

5. Malai dan Pelepah kelapa serta biji - bijian dan juga bunga yang telah diawetkan.
Kali ini kita akan mencoba membuat produk Kerajinan Gelas dan sendok cantik dari kelapa dimana alat dan bahannya kita ambil dari yang sudah kita siapkan diatas. Berikut ulasan cara membuat produk piranti makan ini gays .

B. Cara membuat kerajinan gelas unik dari Batok Kelapa.

a. Pilih Buah Kelapa dengan ukuran mini atau kecil, kemudian belah sepertiga bagiannya.

b. Kupas kulitnya hingga batok kelapanya utuh secara keseluruhan, lalu buang isi kelapanya dan keringkan.

c. Haluskan permukaan batok kelapa yang kasar dengan menggunakan ampelas atau kikir.

d. Buatkan potongan tempurung kelapa bentuk lingkaran dengan ukuran kecil, kemudian tempelkan pada bagian bawah tempurung dengan menggunakan lem perekat yang kuat.

e. Anda juga dapat berkreasi sendiri dengan membuat kaki gelas dari batang kelapa dengan bentuk yang anda sukai lalu di lem pada bagian bawahnya.

f. Lakukan pewarnaan dengan mengunakan vernis agar hasilnya mengkilap dan rapih serta nampak lebih berkualitas dan, 

" Begini hasil akhirnya "

Cara Membuat Kerajinan Gelas Unik dari Batok Kelapa
Cara Membuat Kerajinan Gelas Unik dari Batok Kelapa

Demikian ulasan singakat tentang  cara membuat kerajinan gelas unik dari batok kelapa tersebut diatas, semoga bermanfaat, selamat mencoba dan terimaksih.

0 Response to "Cara Membuat Kerajinan Gelas Unik dari Batok Kelapa"

Post a Comment

Mohon Saran dan Masukan yang Relefan untuk Blog ini pada kolom komentar. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel