ilmucerdasku.com | Milenial ? Disini Aja

Kerajinan tangan dari barang bekas yang mudah didapat dan cara membuatnya

Kerajinan tangan dari barang bekas mudah didapat dan cara membuatnya

Salam sahabat ilmucerdasku. Barang bekas di tangan orang yang tidak mengerti tentang kerajinan barang bekas terkadang hanya dianggap sebagai limbah, namun berbeda jika barang bekas tersebut berada ditangan orang kreatif. 

Terdapat banyak jenis kerajinan barang bekas telah tercipta dan mudah didapat serta berguna pula sebagai mata pencaharian bagi para pengrajin kreatif yang memanfaatkan keterampilan tangannya dalam mengolah barang bekas tersebut. 

Sebelum lanjut sekedar mengingatkan agar kita membiasakan membaca hingga tuntas setiap detail ulasannya agat tidak salah faham dan gagal faham dalam memaknai setiap penjelasan yang diberikan dan Berikut uraiannya.

Apa Saja kerajinan barang bekas yang mudah didapat dan bagaimana cara membuatnya?

Untuk membuat produk atau barang dari barang bekas yang unik dan berguna sangat mudah. Kita tidak perlu mempersiapkan banyak perlengkapan sebab biasanya bahan dan perlengkapan tersebut berada tidak jauh disekitar kita seperti. 

Contohnya seperti gunting, kertas warna, pengerat, pisau cutter dan lainnya dan untuk bahan kerajinannya atau barang bekasnya seperti kardus, botol plastik dan lainnya. 

Jika dirumah kita terdapat barang bekas pakai seperti itu maka cukup dengan menggunakan gunting, cutter, pengerat dan beberapa alat lainya maka kita sudah bisa membuat kerajinan barang bekas seperti lampu hias meja laptop miniatur dan lainnya. 

Dari beberapa kerajinan barang bekas, yang paling populer dan paling sering kita temui adalah kerajinan dari botol plastik bekas minuman yang masih menjadi favorit sebab paling banyak dan paling mudah ditemukan. 

Sesuai dengan penjelasan singkat diatas maka kita akan mengurai dua jenis kerajinan barang bekas, yaitu kerajinan dari botol plastik bekas dan kerajinan kardus bekas.

Kerajinan dari barang bekas mudah didapat dan cara membuatnya
Kerajinan tangan pot bunga dari barang bekas

1. Kerajinan pot gantung dari botol bekas.

Tren bunga - bungaan di kalangan para ibu rumahtangga akhir - akhir sangat menular dan tidak sedikit dari mereka yang kebingungan dengan bagaimana cara membuat pot dari barang bekas yang unik namun tidak memerlukan pengeluaran yang banyak untuk menyalurkan hobinya.

Nah disini kita bisa memanfaatkan botol bekas pakai seperti botol agua, sprite dan lainnya untuk diadikan pot bunga yang bisa di gantung di pekarangan rumah atau disesuaikan dengan jenis tanaman yang akan di tanam. 

Bahan dan cara membuatnya adalah:

- Sediakan botol bekas sesuai kebutuhan,

- Siapkan gunting, tali (bisa tali rapia atau yang lebih bagus), Pewarna (cat), kuas, tanah liat, bunga yang akan ditanam dan siap untuk dikerjakan. 

Adapun cara membuatnya, yaitu :

- Potong dua botol sesuai keinginan, (jangan potong keseluruhan tapi bentuk potongan menyerupai kuping sebanyak 3 kuping di sisi botol untuk gantungan tali),

- Setelah terbentuk kemudian lakukan pewarnaan, namun jangan lupa untuk di cucii dahulu agar pewarna yang menempel tidak mudah mengelupas, 

- untuk mempercantik kita bisa membuat gambar atau lukisan tangan di sisi luar botol tersebut (sesuai selera).

- Kemudian setelah diwarnai silahkan di jemur atau dikeringkan di matahari langsung hingga benar benar kering.

- Lubangi ke tiga kuping untuk memasang tali dengan menggunakan obeng atau gunting dan pasang talinya. 

- Terakhir.. masukkan tanah liat dan bunga yang akan di tanam dan siap untuk di gantung di pekarangan rumah anda. (jangan lupa juga lubangi bagian bawah btol agar akar tanaman mendapatkan oksigen yang cukup. 

Nah... mudah kan cara membuatnya? bisa kita coba membuatnya? sekarang atau nanti aja terserah anda ya.. yang jelas kita sudah bisa mengerti cara pembuatannya.

2. Boneka gantung tempat alat tulis dan surat.

Pada kerajinan ini kita membutuhkan kardus bekas seperti kardus TV atau mie instan untuk membuatnya jadi?

- Siapkan kardus bekasnya,

- Sediakan gunting, belebas pengukur, pisau cutter, lem, kertas warna (sesuai selera), 

Kerajinan dari barang bekas mudah didapat dan cara membuatnya
Kerajinan tempat alat tulis dari barang bekas

Bagaimana cara membuatnya? Begini caranya:

- Buatlah gambar boneka (sesuai selera misalnya gambar doraemon berbentuk sketsa) di atas permukaan kardus.

- Kemudian gunting kardus mengikuti bentuk sketsa boneka yang telah di gambar tadi hingga tuntas,

- Buatlah kantong dari kardus yang bentuknya bisa persegi empat atau berbentuk setengah lingkaran yang akan di tempelkan pada perut boneka (jangan lupa membuat kaki atau alas kantong agar kantong boneka bisa ditempati)

- Sebelum menempelkan kantong ke boneka, terlebih dahulu kita bungkus bonekanya dengan kertas warna dengan lem dan agar lebih menarik bisa di hiasi dengan memberinya mata, hidung dan mulut sesuai banhan yang ada, 

- Bungkus kantong boneka dengan kertas warna menggunakan lem dan tempelkan ke perut boneka yang tadi telah dibuat,

- Beri lubang pada kepala boneka agar dapat di gantung langsung ke paku atau di beri tali (disesuaikan dengan selera anda),

- Boneka siap dipajang dikamar. 

Nah.. Sampai disini mungkin kita sudah memilikirkan dari mana kita akan memulai membuat kerajinan barang bekas yang mudah didapat ini.

Namun perlu diketahui pula bahwa dari segi bahan mungkin ada beberapa kerajinan barang bekas yang mudah dikerjakan namuan ada pula yang membutuhkan sedikit kesabaran dan keterampilan misalnya kerajinan dari kardus. 

Itu karena kerajinan dari kardus membutuhkan sedikit keterampilan dalam hal pengukuran, mengapa? itu karena kardus belum mempunyai bentuk jadi kita tentu harus membentuknya terlebih dahulu.

Berbeda dengan kerajina botol yang sudah memiliki bentuk yang beragam dan sangat mudah untuk dijadikan berbagai barang yang bermanfaat terutama dalam hal kerajinan.

Mungkin cukup sampai disini dulu penjelasan singkat tentang kerajinan tangan dari barang bekas dan cara membuatnya diatas, semoga memberikan manfaat bagi sahabat ilmucerdasku sekalian dan terimakasih.

Kerajinan tangan dari barang bekas yang mudah didapat dan cara membuatnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Akbar Pagala

0 comments: