Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12+ Kerajinan Tangan Lucu dari Limbah dan Gambarnya

Kerajinan pada mulanya hanya merupakan budaya tradisional yang kemudian menjelmah saat menjadi komuditi yang dapat meningaktkan devisa negara. Diantara beberapa kerajinan nusantara, ada beberapa yang tetap mempertrahankan bentuk dan ragam hias tradisionalnya namun ada pula yang telah dikembangkan sesuai dengan keinginan pasar.


Aneka Kerajinan Tangan Lucu dari Limbah dengan Gambar Lengkap


Produk kerajinan masa kini lebih semakin berkembang dengan bentuk dan ciri khas unik dan menarik yang dimilikinya sesuai dengan bahan limbah yang digunakannya dalam membentuk kerajinan tangan tersebut. Berikut ini beberapa bentuk kerajinan tangan lucu yang unik dan menarik yang mungkin dapat membuat anda berminat untuk mencoba mengembangkannya.

1. Kerajinan unik dan lucu dari tempurung kelapa.


Tempurung kelapa biasa juga disebut dengan batok kelapa. Batok kelapa sangat banyak terdapat pada daerah pesisir pantai yang banyak ditumbuhi pohon kelapa. Selain itu, bahan – bahan yang dibutuhkan untuk membuat kerajinan lucu dari batok kepala ini sangat mudah untuk didapatkan, seperti lem kayu, tempurung kelapa, dempul, pelitur atgau melamin, amplas dan cat.

Agar kelihatan atau nampak lebih artistik, serat dari tempurung kelapa harus ditonjolkan. Pada bagian serat tersebutlah terdapat nilai seni yang sangat berkualitas. Tidak percaya..? coba lihat gambar kerajinan lucu dari batok kelapa berikut ini.

12+ Kerajinan Tangan Lucu dari Limbah dan Gambarnya

2. Kerajinan bunga kering  dari limbah.


Disekitar kita tentunya terdapat banyak limbah bunga kering yang tidak dimanfaatkan sama sekali dan hanya menjadi sampah yang tidak enak untuk dipadang padahal sebenarnya limbah tersebut sangat bermanfaat dan dijadikan suatu produk kerajinan yang unik, menarik dan indah seperti kerajinan hiasan bunga, hiasan dinding, hiasan buku, dan hiasan lainnya. Berikut ini gambar contoh dari kerajinan lucu dari limbah bunga yang dimanfaatkan sebagai kerajinan hiasan.

12+ Kerajinan Tangan Lucu dari Limbah dan Gambarnya

3. Kerajinan unik dari limbah kayu.


Bagaimana kita dapat memanfaatkan berbagai macam limbah kayu yang ada disekitar kita? perlu teman-teman ketahui bahwa limbah kayu tersebut dapat jadikan dan dimanfaatkan sebagai bahan pokok dari produk kerajinan yang bermutu dan bermanfaat. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan semakin banyaknya produk – produk aneka kerajinan dari limbah kayu yang mulai bermunculan yang salah satunya adalah seperti pada gambar berikut.

12+ Kerajinan Tangan Lucu dari Limbah dan Gambarnya

4.   Kerajinan dari limbah akar bambu.


Pernahkan kita melihat limbah akar bambu? Kebanyak dari limbah berakhir dengan cara dibakar atau di buang bgt saja. Namun bagi orang yang kreatif dan inovatif, limbah tersebut dapat disulapnya menjadi kerajinan yang unik dan menarik serta indah sebagaimana gambar berikut ini.

12+ Kerajinan Tangan Lucu dari Limbah dan Gambarnya

5. Kerajinan dari tulang ikan.


Apabila kita melihat limbah tulang ikan, tentunya hal tersebut sangat tidak mengenakkan dan dapat membahayakan jika sampai terinjak oleh manusia sebab tekstur tulang ikan memiliki sisi yang tajam dan runcing. Namun jika kita adalah orang yang kreatif maka limbah tulang ikan tersebut dapat diubah menjadi kerajinan tangan yang unik dan lucu.

Kerajinan tangan dari tulang ikan ini banyak dikembangkan oleh pengerajin Ubud di Bali. Ragam kerajinan tangan dari bahan tulang ikan ini sangat bervariasi seperti perhiasan gelang dan kalung atau pula dijadikan sebuah kerajinan miniatur. Berikut contoh gambar kerajinan tangan dari tulang ikan tersebut.

12+ Kerajinan Tangan Lucu dari Limbah dan Gambarnya

6. Kerajinan tangan dari limbah kulit kerang.


Kerajinan dari lmbah kulit kerang dapat dibuat menjadi kerajinan yang unik dan indah. Kulit kerang yang berukran kecil dan pipih dapat dibuat sebagai pelapis tempat sabun, panghias frame foro atau cermin, kap lampu, kotak perhiasan, aneka jenis lampu, dan lainnya. Sedangkan kerang dengan ukuran yang sedang dapat dibuat menjadi tirai, replika hewan, miniatur bangunan, bunga dan lainnya. Berikut salah satu contoh gambarnya.

12+ Kerajinan Tangan Lucu dari Limbah dan Gambarnya

7. Kerajinan tangan dari botol plastik.


Siapa yang tidak kenal dengan limbah yang satu ini, paling banyak, paling mudah ditemukan,dan juga paling mudah untuk dibuat menjadi suatu kerajinan yang unik dan menarik serta lucu. Salah satu limbah jenis ini yaitu limbah botol air mineral yang kebanyak dari orang hanya menganggapnya sampah termasuk saya sendiri pada mulanya hehehe...

Botol dari plastik bekas dapat kita jadikan sebagai supener yang cantik dan juga berkualitas yang disamping itu juga kita dapat sambil menjaga kebersihan lingkungan dengan memanfaatkan limbah botol plastik tersebut sekaligus bisa memberikan kita penghasilan tambahah. Berikut beberapa contoh  gambar kerajinan tangan dari limbah botol plastik bekas tersebut.

12+ Kerajinan Tangan Lucu dari Limbah dan Gambarnya

8. Kerjainan tangan dari limbah styrofoam atau gabus.


Gabus atau styrofoam tentunya tidak asing lagi ditelinga kita sebab hampir semua orang pernah melihat bahkan menggunakannya. Pemakaian gabus banyak digunakan masyarakat di berbagia bidang terutama pada sistem pengemasan suatu produk. 

Bagi wirausaha makanan seperti layanan ketring, biasanya gabus dimanfaatkan sebagai pembungkus makanan dan begitu pula pada produk – produk barang elektronik yang dimanfaatkan sebagai casing, kabinet, dan komponen – komponen lainnya untuk barang tersebut sebagai pelindung pengepakan.

Gabus atau styrofoam termasuk dalam jenis limbah yang sulit diurai leh tanah yang jika dilihat dair segi lingkungan hidup atau faktor dan dampaknya terhadap alam maka styrofoam ini termasuk dalam golongan limbah yang berbahaya bagi kelangsungan hidup mahluk hidup di sekitarnya jika terjadi penumpukan.

Sampah styrofoam dapat dimanfaatkandan diubah menjadi kerajinan tangan lucu dan indah seperti mainan anak-anak, hiasan dingding, pot bunga dan lainnya seperti pada contoh gambar kerajinan berikut ini.

12+ Kerajinan Tangan Lucu dari Limbah dan Gambarnya

9. Kerajinan tangan dari limbah karet ban.


Dengan bertambahnya kendaraan bermotor, baik roda dua atau roda empat tentunya juga akan membuat limbah ban karet bekas akan semakin banyak yang jika hanya dibuang bgt saja maka tentunya hanya akan mengtori lingkungan selain itu limbah ini juga termasuk limbah yang sangat sulit di urai oleh tanah.

Jika anda ingin mengembangkan usaha dengan limbah ini maka anda dapat membuat kerajinan tangan lucu seperti kursi, meja, furnitur lainnya dan juga untuk mainan anak seperti ayunan anak-anak sebagai tempat bermain. Berikut contoh gambar kerajinannya.

12+ Kerajinan Tangan Lucu dari Limbah dan Gambarnya

10. Kerajinan tangan dari limbah kaleng.


Kaleng? Siapa yang tidak kenal dengan kaleng, baik kaleng minuman, kaleng makanan awetan dan lainnya seperti kaleng minuman penyegar, manisan buah, kaleng daging seperti kornet dan lainnya. Limbah kaleng umumnya banyak tedapat di wilayah perkotaan.

Limbah kaleng juga tidaklah mudah untuk diolah seperti yang kita bayangkan sebab dapat membuat luka pada tangan jika salah dalam memperlakukannya. Kaleng dapat dibuat dan dibentuk menjadi kerajinan tangan menaring dengan menggunakan gunting seng dan bahan lain yang dibutuhkan juga mudah untuk didapatkan. Berikut contoh gambar kerajinannya.

12+ Kerajinan Tangan Lucu dari Limbah dan Gambarnya

11. Kerajinan tangan dari limbah kaca.


Limbah botol kaca merupakan salah satu limbah rumah tangga dengan berbagai macam warna seperti warna hijau, merah, biru, kuning, dan merah. Botol kaca bekas jika dijual kepada penadah dapat menghasilkan beberapa rupiah saja, namun jika kita kreatif maka kita dapat mengubah botol kaca tersebut menjadi batu cantik yang dimanfaatkan sebagai aksesoris dengan nilai tinggi dengan menggunakan teknologi canggih seperti alat pemanasan.

Selain untuk aksesoris batu – batu indah dari kaca juga dapat diubah menjadi manik-manik penghias benda seperti tas, sandal, buku, guci, kap lampu dan lainnya. Berikut contoh gambar kerajinan dari botol kaca tersebut.

12. Kerajinan tangan dari limbah logam.


Selain sulit diurai oleh tanah seperti limbah kaca, gabus, kaleng, plastik dan lainnya, limbah logam ini juga dapat dioleh menjadi produk kerajinan yang yang menarik, unik, antik, dan lucu serta memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

12+ Kerajinan Tangan Lucu dari Limbah dan Gambarnya

Berbagai limbah logam dapat dimanfaatkan sebagai mainan miniatur sepeti miniatur kapal, pesawat, sepeda motor, robot-robotan hewan atau manusia dan bentuk kerajinan lainnya. Berikut contoh gambar kerajinan tangan dari limbah logam tersebut.

Dari semua contoh kerajinan dan gambarnya datas, semoga ada yang dapat dimanfaatkan sebagai ide untuk membangun sebuah usaha keratif dan menjadi usaha sampingan yang dapat menambah kreatifitas serta mengurangi nilai pengangguran yang ada. Semoga bermanfaat dan terimakasih.
Sumber: Prakarya-Kemdikbud_RI.