Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebutkan contoh kerajinan dari bahan limbah yang berbentuk ruang

Kerajinan dari bahan limbah yang berbentuk ruang

Salam sahabat ilmucerdasku dimanapun berada. Banyak Kerajinan dari bahan limbah berbentuk ruang yang bisa kita jumpai di sekitar kita bauk dari limbah industri maupun dari limbah perumahan.

Kerajinan limbah berbentuk bangun ruang adalah suatu produk kerajinan yang diproduksi dengan memanfaatkan bahan limbah berbentuk bangun ruang baik dari limbah rumah tangga atau limbah industri.

Limbah tersebut terdiri dari berbagai bentuk dan jenis terutama yang berbentuk bangun ruang. Limbah - limbah bangun ruang ini tentunya dapat dimanfaatkan kembali menjadi sebuah produk kerajinan yang bernilai ekonomis.

Nah.. sebelum lanjut. kami mengingatkan agar senantiasalah kita membaca hingga tuntas agar tidak salah mengerti dan memahami setiap penjelasan yang diberikan dan juga agar kita tidak gagal faham. Untuk lebih jelasnya simak uraian berikut ini.

Apa saja contoh kerajinan dari bahan limbah yang berbentuk bangun ruang?

Terdapat banyak contoh kerajinan dari limbah berbentuk ruang yang akan kita pelajari bersama pada kesempatan ini.

Kerajinan tersebut dapat berupa kerajinan berbentuk bangunan, pajangan, hiasan dinding dan lainnya yang semuanya tersebut dari limbah berbentuk ruang.

Contoh kerajinan dari bahan limbah yang berbentuk ruang

Adapun contoh kerajinan dari bahan limbah bangun ruang antara lain sebagai berikut: 

- Kerajinan Vas bunga dari stik escream,

- Kerajinan Guci dari koran bekas,

- Kerajinan Lampu tidur dari bonggol jagung,

- Kerajinan Kotak tisu dari kulit kerang,

- Kerajinan Pot bunga dari botol bekas,

- Kerajinan Celengan dari kaleng susu bekas,

- Kerajinan Lampu hias dari kardus bekas,

- Kerajinan Tempat tisu dari kardus bekas,

- Kerajinan Lampu hias dari botol bekas,

- Kerajinan Tempat duduk dari ban bekas, 

- Kerajinan Gelas cangkir dan mangkok dari tempurung kelapa,

- Kerajinan Lampu hias dari temurung kelapa,

- Kerajinan Bingkai foto dari stik escream,

- Kerajinan Rumah mini dari kardus tv, kulkas atau lainnya,

- dan masih banyak lagi yang lainnya yang belum sempat kami sampaikan untuk anda.

Itulah beberapa contoh kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang tersebut di atas dan sedikit kami menjelaskan bahwa kerajinan berbentuk bangun ruang ini hanya dapat dikerjakan oleh para kreatif yang memiliki ide dan gagasan yang bisa dikembangkan.

Mengapa demikian? itu karena dalam membuat kerajinan dari limbah sangat membutuhkan ketelatenan, percaya diri, kreatif, tidak mudah menyerah, selalu punya banyak ide baru, dan memiliki keterampilan tangan yang baik dalam bekerja.

Limbah merupakan hasil buangan, baik dari sisa - sisa proses produksi perumahan atau pula dari sisa produksi suatu industri.

Limbah berdasarkan sumbernya dibedakan menjadi dua macam atau jenis yang diantarnya adalah limbah organik dan limbah anorganik, sedangkan limbah berdasarkan bahannya bisa dibagi menjadi limbah bangun datar dan limbah berbentuk bangun ruang.

Limbah organik, yaitu limbah yang mudah terurai oleh bakteri pengurai atau mudah di urai oleh proses alami alam, sedangkan limbah anorganik, yaitu limbah yang tidak mudah di urai oleh alam seperti plastik, kaca dan lainnya.

Suatu kerajinan yang saat ini sedang populer diantaranya adalah kerajinan dari limbah berbentuk bangun ruang yang sumbernya dari barang bekas pakai yang dibuang begitu saja.

Mungkin masih banyak yang enggan untuk melihatnya, tapi di tangan para pengerajin yang profesional maka limbah barang bekas ini dapat disulap menjadi kerajinan tangan yang bernilai ekonomis.

Awalnya limbah tentu sama sekali tidak memiliki nilai ekonimis namun hanya dengan sidikit sentuhan tangan para pengerajinan kerajinan dari limbah berbentuk bangun ruang seperti kardus, botol bekas atau ban bekas, mereka dapat mengubahnya menjadi berbagai jenis kerajinan yang unik dan bernilai.

Beberapa limbah dapat didaur ulang menjadi berbagai macam produk kreatif yang memiliki nilai hias dan nilai pakai yang berguna.

Perlu diketahui pula bahwa kerajinan pada mulanya hanya merupakan sebuah kebiasaan atau tradisi orang - orang dulu atau budaya tradisional yang justru dimasa kini justru menjadi komuditi disetiap negara yang dapat meningkatkan devisa negara.

Kerajinan limbah bangun ruang tersebut dioleh dengan berbagai macam cara, ada yang mengolahnya dengan tetap mempertahankan corak tradisional suatu wilayah tempat kerajinan tersebut dibuat, dan ada juga yang mengolah limbah menjadi kerajinan yang disesuaikan dengan tuntutan pasar.

Nah.. sampai disini mungkin kita semua sudah bisa memahami dan juga mengerti tentang contoh kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang tersebut diatas.

Mungkin cukup sekian dari kami semoga artikel dari ilmucerdasku.com tersebut bisa mejawab pertanyaan anda dan dapat dijadikan sebagai referensi kedepannya. Cukup sekian dari kami dan terimakaskih.