ilmucerdasku.com | Milenial ? Disini Aja

Seni kerajinan tangan sering disebut sebagai

Kerajinan tangan sering disebut sebagai.

Seni kerajinan tangan disebut sebagai Seni Kriya ilmucerdasku. Seni kerajinan tangan kriya adalah seni kerajinan tangan yang diperoleh melalui proses manual atau menggunakan tangan manusia serta membutuhkan keterampilan khusus pembuatanya.

Selain itu, seni kerajinan tangan juga bersifat praktis, estetis, religius dan simbolis. Hal ini merupakan upaya dalam bentuk pelajaranmu yang terdapat pada jenjang pendidikan tingkat pertama dan tingkat atas hingga keperguruan tinggi.

Kenapa seni kriya disebut sebagai kerajinan tangan ? 

Seni Kriya adalah Kerajinan yang yang dihasilkan oleh seorang pengerajin yang dikerjakan dengan menggunakan tangan serta keterampilan khusus dari seorang pengerajin dalam mengolah bahan mentah menjadi sebuah kerajinan tangan.

Seni kerajinan tangan seni kriya secara umum adalah seni kerajinan tangan dimana proses pengerjaannya  menggunakan tangan (hand made) serta membutuhkan keahlian khusus. 

Seni kriya merupakan salah datu cabang seni rupa terapan yang telah lama dikenal dari dulu hingga saat ini yang menggunakan berbagai macam bahan baku terutama bahan baku dari tanah liat sebab mudah didapatkan.

Hal ini dibuktikan dengan banyaknya benda-benda peninggalan prasejarah yang ditemukan dari zaman neolithikum (zaman batu muda) yang berbentuk seperti kerajinan seni kriya.

Seni krajinan tangan sering disebut sebagai kerajinan kriya. Salah satu contohnya yaitu kerajinan tangan keramik tradisinal. Kerajinan keramik yang dibuat dengan menggunakan bahan alam seperti kuarsa loulin dan lainnya.

Secara umum kriya diartikan sebagai salah satu cabang seni kerajinan tangan yang prosesnya menggunakan keterampilan tangan manusia sehingga disebut sebagai hand made.

Contoh lain dari kerajinan tangan yang disebut sebagai kerajinan kriya adalah kerajinan anyaman, baik itu anyaman kain, anyaman dari bambu dan lainnya banyak yang menggunakan tangan dan keterampilan tangan manusia.

Sumber bahan bakunya juga diambil dari alam, seperti bambu, rotan, kelapa dan lainnya. Bahan tersebut kemudian dioleh melalui proses pengerjaan yang menggunakan tangan dengan keterampilan khusus dari pengerajinnya.

Seni kerajinan tangan sering disebut sebagai

Contoh kerajinan anyaman seperti tikar anyam, kursi rotan, tikar gantung (pelindung dari matahari), dan lainnya yang semua  kerajinan tangan ini sering disebut sebagai kerajinan kriya.

Unsur - unsur kerajinan tangan kriya.

Seni kerajinan tangan kriya disebut juga dengan kerajinan terapan atau fungsi maka sebaiknya dalam penerapannya harus memenuhi unsur atau syarat-syarat berikut ini.

- Aspek kegunaan (utility),

- Aspek kemananan (Security),

- Aspek kenyamanan (comfortable), 

- Aspek Keluesan (flexibility), dan

- Aspek Keindahan (Estetis/estetika).

Fungsi  dan tujuan kerajinan tangan kriya.

Setiap benda yang dibuat, tidak terkeculai seni kerajinan tangan yang sering disebut sebagai seni kerajinan kriya tentu tidak sekedar dibuat saja, melainkan juga memiliki fungsi dan tujuan yang diantaranya adalah sebagai berikut.

- Sebagai benda pakai, yaitu dibuat dengan mengutamakan fungsi dan adapun unsur estetis hanya sebagai pendukung saja.

- Sebagai benda hias, yaitu dibuat untuk  dipajang atua hiasa saja yang lebih menonjol pada nilai keindahan atau estetik dibandingkan denga aspek kegunaan dan fungsinya.

- Sebagai mainan, yaitu dibuat dengan tujuan sebagai alat atau media untuk bermain.

Jenis- jenis kerajinan tangan kriya.

- Seni kerajinan tangan dari kayu, 

Contohnya seperti kerajinan tangan mabel, relief, dan lainnya.

- Seni kerajinan tangan dari logam,

Contohnya seperti kerajinan tangan pisau, barang aksesories seperti anting dan gelang dari logam dan lainnya.

Seni kerajinan tangan sering disebut sebagai

- Seni kerajinan tangan dari tekstil,

Contohnya seperti kerajinan tangan kain batik, songket, sutra dan lainnya.

- Seni kerajinan tangan dari kulit,

Contohnya kerajinan tangan wayang, tas dari kulit, sepatu kulit dan lainnya.

- Seni kerajinan tangan dari keramik.

Contohnya kerajinan tangan gerabah, piring dan lainnya.

Dari semua penjelasan tentang seni kerajinan tangan sering disebut sebagai kerainan kriya tersebut diatas, semoga kita semua sudah bisa memahami dan mengerti tentang seni kerajinan tangan seni kriya. 

Banyak hal yang berlaitan dengan seni kriya termasuk aspek fungsi dan aspek lainnya yang kami jelaskan diartikel lainnya. Sekian dari kami dan terimakasih.

Seni kerajinan tangan sering disebut sebagai Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Akbar Pagala

0 komentar: