Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bambu - Kerajinan Dari Bambu

Bambu adalah tanaman serba guna. Tanaman yang memanjang hingga ketinggian sepuluh meter ini dapat dimanfaatkan untuk bahan bangunan seperti dinding bambu, atap dan reng.

Selain itu bambu juga digunakan sebagai bahan pembuatan kerajinan baik untuk furniture maupun dekorasi.

Dengan tangan-tangan terampil, bambu bisa diolah menjadi kerajinan atau ornamen yang menguntungkan.

Di Temanggung, usaha semacam ini ditempati oleh Hernawan (45) yang berdomisili di Suronatan, Desa Temanggung II, Temanggung.

12+ Kerjinan Tangan Lucu Lengkap Gambar. Klik Disini.

Karyanya semakin diminati oleh banyak orang dan banyak pesanan seperti miniatur rumah adat, perahu, case handphone, kap lampu, mainan, bingkai dan hiasan dinding.

Selain itu, mereka kerap menerima pesanan resepsi pernikahan berupa suvenir.

Kini karyanya sudah memiliki pasar khusus di Yogyakarta dan Semarang. Selain itu, karyanya juga telah diekspor ke mancanegara seperti Jepang dan Prancis.

Harga yang ditawarkan disesuaikan dengan kondisi pasar. Hernawan mematok harga kap lampu dan kapalnya Rp. 100.000 per unit.

Untuk sebuah handphone harganya Rp. 3000 per unit dan untuk souvenir rata-rata Rp. 1000 per unit.

Dalam setiap bulannya rata-rata 100 kerajinan dapat diproduksi. Namun, jika ada pesanan khusus, ia dibantu empat personel lainnya untuk mengejar target sesuai pesanan.

Kerajinan Barang Bekas yang Mudah Dibuat. Klik.Disini.

Bambu merupakan tumbuhan tropis yang banyak ditemukan di Indonesia. Tumbuhan berumput yang memiliki cabang yang kuat dan tinggi ini memiliki fungsi penting dalam tiga kebutuhan pokok manusia.

Bambu dapat digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan sandang, pangan dan papan. Dalam makanan, bambu muda (rebung) bisa digunakan sebagai bahan dasar sayuran yang enak.

Bambu juga dapat dimanfaatkan dalam pembuatan rumah hunian, sehingga dapat menunjang kehidupan manusia dalam hal papan.

Selain itu bambu juga dapat diolah (dengan cara dianyam) menjadi berbagai wadah, dekorasi, dan berbagai kebutuhan pakaian lainnya.

Anyaman bambu tidak hanya memiliki fungsi praktis, tetapi juga memiliki fungsi estetika.

Kerajinan anyaman yang dihasilkan tidak hanya sekedar barang, tapi juga bisa menjadi pemanis bagi nilai seni dan keindahan mata.

Salah satu daerah yang telah mengembangkan kerajinan anyaman bambu adalah Sukabumi.

Kerajinan anyaman bambu hasil pengrajin asal Sukabumi ini memiliki keunikan tersendiri.

Tikar bambu yang dihasilkan dari kawasan ini dikenal kuat karena dibuat ganda dan melintang. Selain itu anyaman bambu yang dibuat tidak melupakan fungsi estetika.

Wirausaha Kerajinan Inspirasi Budaya Lokal. Klik Disini.

Bambu yang digunakan sebagai bahan baku anyaman diperoleh pengrajin dari pasar setempat.

Biasanya mereka membelinya dalam bentuk yang sudah siap untuk ditenun. Namun jika persediaan kosong, pengrajin membeli bambu dalam bentuk lidi lalu mengolahnya hingga menjadi anyaman dengan nilai jual tinggi.

Hasil anyaman bambu yang dihasilkan para pengrajin disini berupa berbagai produk rumah tangga, seperti dudukan lampu, nampan, dan berbagai wadah lain yang dapat menunjang kegiatan rumah tangga.

Membuat anyaman bambu bukanlah sumber pendapatan utama. Sehari-hari mereka bekerja sebagai petani perkebunan. Namun karena tenun yang dihasilkan berkualitas bagus sehingga layak untuk dijual, mereka bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari hasil anyaman bambu yang dibuat.

Harga kerajinan anyaman bambu sukabumi sangat bervariasi, mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah - tergantung dari ukuran dan ukuran serta tingkat kesulitan pembuatannya.

Di tengah serbuan benda plastik yang lebih murah, kerajinan anyaman bambu Sukabumi mampu bertahan dan memiliki pembeli setia.

Ide Usaha Kerajinan Terbaru 2021. Klik Disini.

Meski demikian, diperlukan pendampingan dari berbagai pihak agar kerajinan anyaman bambu dapat terus bertahan dan berkembang.

Selain sebagai hasil kerajinan tradisional masyarakat Indonesia, dibandingkan dengan benda plastik, anyaman bambu sangat ramah lingkungan.

Contoh Kerajinan Dari Bambu.

a. Kerajinan Bambu Ukir ( Lukisan Bambu ).

Bambu - Kerajinan Dari Bambu
Bambu - Kerajinan Ukir Dari Bambu

b. Kerajinan Gelas dari Bambu.

Bambu - Kerajinan Dari Bambu
Kerajinan Gelas dan Teko dari Bambu

c. Kerajinan Lampu dari Bambu.

Bambu - Kerajinan Dari Bambu
Kerajinan Lampu Hias dari Bambu

Dan masih banyak lagi jenis - jenis kerajinan dari bambu lainnya yang bermanfaat dan berguna, selain dari memiliki nilai estetis, kerajinan bambu juga memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

Hal itu dikarenakan bambu memiliki daya tahan yang sangat lama dibandingkan dengan jenis - jenis kerajina lainnya.

Kerajinan bambu ini juga bahkan telah menembus pasar dunia dan tidak hanya di pasar domestik saja atau pasar tradisional.

Nah mungkin cukup sampai disini dulu penjelasan singkat kerajinan dari bambu dan contohnya diatas, semoga bermanfaat dan terimakasih.