Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebutkan ciri - ciri umum karya seni rupa daerah - ilmucerdasku

Ciri - ciri umum karya seni rupa daerah.

Seni rupa daerah adalah merupakan salah satu cabang dari seni rupa. Seni Rupa adalah sebuah seni yang dapat dilihat, disentuh, dirasa, atau dinikmati selama mungkin oleh para perupa dan yang menyaksikannya / penikmat seni.

Haukin mengungkapkan Seni Rupa adalah bagian dari ekspresi jiwa manusia yang di imajinasikan dan diterapkan kedalam sebuah benda.

Kumala Devi Chattopadhayaya mengungkapkan Seni Rupa adalah sebuah luapan ekspresi yang disampaikan dari seorang seniman kepada para penikmatnya dalam bentuk sebuah benda / visual.

Ciri - Ciri Seni Rupa Daerah.

Dikatakan seni rupa daerah itu karena seni rupa tersebut memiliki ciri khas daerah yang bersumber dari latar belakang sejarah suatu wilayah dimana karya seni rupa itu berasal.

Maka dari itu, karya seni rupa daerah selalu memiliki perbedaan dengan karya seni rupa daerah lainnya sebab dipengaruhi oleh corak seni tradisional kedaerahan.

Adapun corak karya seni rupa tradisional terdiri dari karya seni rupa dua dimensi dan karya seni rupa tiga dimensi.

Contoh dari karya seni rupa dua dimensi seperti karya kerajinan tangan tekstil, misalnya batik, kain tenun, dan songket sedangkan contoh karya seni rupa tiga dimensi yaitu patung, ukiran kayu dan keramik dan berbagai jenis karya seni rupa daerah lainnya.

Karya seni rupa daerah bercorak tradisional, biasanya menggunakan motif yang bersifat turun-temurun atau sama dari dulu hingga saat sekarang ini.

Misalnya pada masyarakat pesisir pantai, biasanya karya seni rupa yang dibuat dinominasi oleh bentuk motif seni rupa berbentuk ombak, ikan, karang dan juga kapal.

Sementara pada masyarakat pegunungan, corak seni rupa yang diciptakan biasanya bermotif bunga, pohon, hewan seperti burung atau bermotif buah sesuai dengan keadaan disekitarnya.

Dari penjelasan singkat diatas maka bisa kita simpulkan bersama bahwa ciri - ciri umum karya seni rupa daerah adalah:

Sebutkan ciri - ciri umum karya seni rupa daerah
Ciri - ciri umum karya seni rupa daerah - ilmucerdasku

1. Memiliki sifat atau bersifat kedaerahan.

2. Terpengaruh atau dipengaruhi oleh sejarah dan budaya atau latar belakang suatu wilayah. 

Misalnya karya seni rupa daerah mengandung simbol dan bermakna, sering digunakan dalam upacara adat, keagamaan, atau kebutuhan sehari-hari, dan seni rupa daerah dibuat dari bahan yang bersumber dari alam atau lingkungan.

3. Coraknya dipengaruhi oleh situasi atau kondisi fisik secara geografis suatu daerah dan dipengaruhi oleh corak seni tradisional masyarakat setempat dimana karya seni rupa daerah tersebut diciptakan. 

Sampai disini, kami harap kita semua sudah bisa mengerti dan memahami apa saja ciri umum karya seni rupa daerah tersebut diatas, semoga bisa memberikan manfaat bagi kita semua dan terimakasih.