Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Unsur fisik seni rupa yang merupakan gabungan titik titik yang bersambung yaitu

Unsur fisik seni rupa yang merupakan gabungan titik titik bersambung.

Salam sahabat ilmucerdasku dimanapun berada. berikut uraian singkat tentang unsur fisik seni rupa yang semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. Tapi sebelumnya biasakanlah membaca hingga tuntas agar tidak salah faham dan gagal faham dalam memahami uraian tentang unsur fisik seni rupa berikut ini.

Unsur - Unsur Fisik Seni Rupa.

Unsur fisik seni rupa yang merupakan gabungan dari titik titik yang bersambung, disini yang dimaksud adalah merupakan unsur - unsur yang dapat di tangkap oleh mata seperti tekstur, bentuk, warna, struktur dan ruang.

Unsur fisik seni rupa yang merupakan gabungan titik titik yang bersambung
Unsur fisik seni rupa yang merupakan gabungan titik titik yang bersambung

1. Tekstur.

Tekstur atau barik merupakan nilai raba suatu permukaan yang terdiri atas tekstur kasar dan tekstur halus.

Namun secara visual, kedua tekstur tersebut ada yang memiliki sifat semu, yang artinya bahwa terdapat kesan yang berbeda yang dirasakan jika dipandang dengan pada saat di raba.

Berdasarkan sifat ini, tekstur kasar dan tekstur halus ada yang di beri kesan nyata dan juga ada yang dibari kesan semu.

2. Bentuk.

Bentuk dalam unsur fisik karya seni rupa bisa berupa garis, bidang, titik dan gempal. Berikut ini penjelasannya.

a. Garis.

Garis adalah goresan atau batas limit suatu benda, ruang, rangkaian massa dan warna. Raut garis umumnya bisa dibedakan yakni berbentuk lurus, melengkung, dan bertekuk/patah.

b. Bidang.

Bidang adalah suatu bentuk pipih tanpa ketebalan yang hanya memiliki dimensi panjang dan lebar/luas dengan kedudukan serta arah yang dibatasi oleh garis yang sering disebut dengan bentuk dua dimensi.

c. Titik.

Titik merupakan bentuk kecil yang tidak mempunyai dimensi. Raut pada titik yang paling umumnya berbentuk bundaran kecil yang jika diperbesar dengan lensa pembesar atau semacammnya maka titik bisa memiliki raut berupa bundaran, mampat, segi tiga bujur sangkar, tak bersudut, oval dan lainnya.

d. Gempal.

Gempal adalah bentuk yang memiliki volume (dimensi tebal dan kedalaman) disamping panjang dan lebar dan sering disebut dengan bentuk tiga dimensi.

3. Warna.

Didalam ilmu fisika, warna adalah kesan yang ditimbulkan oleh efek cahaya pada mata sedangkan menurut ilmu bahan warna adalah zat cairan pigmen.

Didalam seni rupa, warna merupakan salah satu unsur yang penting, Mengapa disebut penting? Berikut penjelasannya.

Berbagai Materi Sini Rupa ada Disini.

a. Warna mewakili alam warna dalam seni rupa terutama untuk menggambarkan objek alam. Contohnya jika menggambar pohon maka warna hijau akan mewakili penggambaran alam secara nyata.

b. Warna sebagai simbol yang digunakan untuk meambangkan sifat, keadaan atau suasana tertentu dalam seni rupa. Contohnya seperti bendera atau logo.

c. Warna mewakili dirinya bila dipergunakan untuk sekedar menampilkan warna terebut, tidak mewakili alam dan tidak mewakili suatu lambang dengan kata lain bahwa warna bisa bersifat otonom.

4. Struktur.

Struktur adalah hasil dari pengorganisasian unsur-unsur dasar fisik yang melahirkan wujud baru yang dengan karya seni.

Struktur karya seni adalah aspek yang menyangkut keseluruhan karya seni yang menunjukkan adanya hubungan tertentu antara unsur - unsur yang tersebut tersebut.

Maka struktur bisa dikatakan merupakan unsur yang tidak dapat berdiri sendiri seperti unsur fisik seni rupa lainnya karena struktur terbentuk dari susunan yang menunjukkan hubungan antara unsur fisik yang satu dengan yang lainnya melalui pengorganisasian yang menerapkan prinsip dasar penyusunan.

5. Ruang.

Ruang nyata adalah ruang yang nampak secara nyata dalam bentuk visual serta dapat dirasakan dan juga diraba.

Ruang nyata dapat berwujud dua dimensi dan tiga dimensi. Contohnya seperti bidang yang menjadi tempat untuk melukis (ruang dua dimensi) dan Arsitektur interior, taman, patung dan lainnya merupakan ruang tiga dimensi.

Mungkin cukup sekian apa yang bisa kami sampaikan, semoga penjelasan tentang unsur fisik seni rupa yang merupakan gabungan titik bersambung diatas bisa memberikan manfaat untuk anda sekalian dan terimakasih.