Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebutkan berbagai jenis karya seni rupa daerah di indonesia yang kamu ketahui

Berbagai Jenis Karya Seni Rupa Daerah di Indonesia.

Salam sahabat ilmucerdasku sekalian, pada kesempatan ini kita akan coba mengurai tentang apa saja jenis - jenis  karya seni rupa daerah yang ada di indonesia.

Berkaitan dengan tema tersebut, maka sebelum kita memulai biasakanlah membaca hingga tuntas agar tidak salah faham dan gagal faham tentang isi dari materi karya seni rupa ini.

Tidak banyak basa basi berikut ini uraiannya.

Jika di Indonesia terdapat berbagai jenis karya seni rupa daerah maka itu wajar, sebab Indonesia terdiri dari beribu - ribu pulau dengan keberagaman suku, budaya dan agama.

Dari keberagaman tersebut, dari segi karya seni tentunya juga pasti ada banyak ragam seni rupa yang lahir yang disebabkan oleh kondisi dan ketersediaan bahan yang ada di suatu wilayah.

Berbagai Pembahasan Seni Rupa ada Disini.

Keberagaman bahan dalam membuat karya seni rupa daerah juga tertu akan menghasilkan karya seni rupa daerah yang beragam pula.

Berdasarkan penjelasan singkat diatas makan kita tentu sudah bisa memahami bahwa seni rupa daerah di Indonesia memiliki banyak jenis yang di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Jenis Karya Seni Rupa Lukis.

Jenis karya seni rupa daerah yang pertama adalah seni lukis. Seni lukis merupakan karya seni rupa daerah yang memiliki dua dimensi.

Pada umumnya karya seni lukis daerah di Indonesia menggunakan bahan utama kain kanvas sebagai medium dalam berkarya seni rupa dua dimensi.

Tidak jauh berbeda dengan seni rupa dengan teknik pahat, seni rupa daerah dua dimensi juga menyesuaikan dengan corak atau ciri khas dari daerah dari mana karya aseni itu berasal.

berbagai jenis karya seni rupa daerah di indonesia
Berbagai jenis karya seni rupa daerah di indonesia

Berbagai Tema Seni Lukis Disini.

Contohnya seperti lukisan kaca dari Kota Cirebon yang menggambarkan ciri khas Cirebon, lukisan leang - leang dari Jawa Tengah dan Lampang dari Kalimantan.

2. Jenis Karya Seni Rupa Pahat.

Seni pahat adalah jenis karya seni rupa daerah yang dibuat dengan menggunakan teknik memahat, baik itu dengan bahan kayu ataupun memahat dengan bahan utama batu.

Seni patat tentunya lebih cenderung ke seni rupa tiga dimensi yang bisa dilihat dari segala sisi contohnya seperti kerajinan 'Patung'.

sedangkan seni pahat yang bersifat dua dimensi adalah seni memahat relief yang dilakukan pada dinding yang datar yang kemudian di pahat hingga menyerupai sebuah benda hidup atau benda mati.

Seni pahat didalam seni rupa baik itu dua dimensi dan tiga dimensi semua itu tentu tidak lepas dari corak seni tradisional kedaerahan sesuai dengan asal dari karya seni rupa itu sendiri.

Berbagai Tema Seni Patung Disini.

Contohnya seperti patung tiga dimensi Garuda Wisnu Kencana dibali dengan karakternya yang tersendiri yang menjadi simbol dan ciri khas msyarakat bali.

Contoh lainnya seperti patung Asmat dari Papua yang juga merupakan ciri khas suku Asmat Papua sekaligus menjadi simbol kebanggaan mereka.

Masih banyak contoh lain, seperti wayang golek dari jawa barat dan lainnya yang semua seni rupa daerah tiga dimensi dan dua dimensi tersebut merupakan ciri dan simbol dimana karya seni rupa daerah itu berasal.

3. Jenis Karya Seni Rupa Kriya.

Ragam karya seni rupa daerah sepeti seni kriya juga merupakan karya seni daerah yang memiliki corak didalamnya sesuai dengan asalnya.

Karya seni kriya kedaerahan biasanya dibuat dengan cara manual menggunakan tangan namun juga bisa dengan menggunakan bantuan alat modern.

Contoh seni kriya seperti gambar motif pada kain batik dan juga seni menenun kain songket yang telah dibuat di berbagai belahan daerah di indonesia seperti Kota Aceh, Kota Padang dan juga Kota Palembang.

Berbagai Jenis Tema Seni Kriya Disini. 

Ciri khas atau corak pada karya seni kriya ini tentunya juga berasal dari tempatnya berasal dan itulah yang disebut dengan karya seni rupa daerah secara khusus.

Sampai disini mungkin kita sudah bisa mengerti dan memahami tentang berbagai keberagaman jenis karya seni rupa daerah yang ada di Indonesia. Cukup sekian dari kami semoga bermanfaat dan terimakasih.