Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah yang dimaksud dengan pameran seni rupa - ilmucerdasku

Apa Yang Dimaksud Pameran Seni Rupa.

Ilmucerdasku. Pameran seni rupa adalah suatu kegiatan pameran berupa penyajian karya seni rupa yang dikomunikasikan sehingga dapat diapresiasi oleh para apresiator atau khalayak umum.

Pameran seni rupa juga dapat diartikan sebagai suatu aktifitas pameran seni untuk menyampaikan suatu gagasan atau ide atau pesan melalui karya seni rupa kepada khalayak atau masyarakat.

Pengertian Pameran.

Pameran menurut wikipedia secara umum adalah suatu usaha dalam bentuk pertemuan yang mempertemukan antara produsen dan konsumen.

Lebih jauh lagi tentang pengertian pameran adalah suatu aktifitas promosi yang dilakukan oleh suatu produsen, kelompok, organisasi, perkumpulan tertentu dalam bentuk menampilkan display produk kepada calon relasi atau pembeli.

Apakah yang dimaksud dengan pameran seni rupa - ilmucerdasku
Yang dimaksud dengan pameran seni rupa - ilmucerdasku

Pameran Seni Rupa Berdasarkan Tujuannya.

Berdasakan tujuannya, pameran seni rupa dibagi atas beberapa jenis pameran, yaitu pameran dengan tujuan pendidikan, komersil, sosial kemanusiaan, dan lainnya.

a. Pameran dengan Tujuan Pendidikan.

Pameran pendidikan merupakan jenis pameran seni rupa yang bertujuan untuk memamerkan karya - karya seni rupa para peserta didik atau siswa di sekolah.

Tahap Pelaksanaan Pameran ini dilaksanakan didalam lingkungan sekolah, namun bisa juga dilaksanakan diluar sekolah dengan memanfaatkan space yang ada disekitar lingkungan sekolah atau masyarakat.

Pameran seni rupa dengan tujuan pendidikan ini selain untuk di tampilkan juga bertujuan untuk mendapatkan apresiasi serta untuk mengharumkan nama sekolah.

Selain itu pameran seni rupa di lingkungan sekolah juga bertujuan untuk memotivasi para peserta didik untuk lebih kreatif dan terus mengembangkan bakatnya dalam bidang pelajaran seni dan budaya di sekolah.

b. Pameran dengan Tujuan Komersil.

Pameran seni rupa dengan tujuan komersil merupakan pameran yang bertujuan untuk mendapatkan pembeli atau keuntungan dari hasil penjualan karya seni rupa yang di buat oleh si perupa.

Selain itu, keuntungan yang didapatkan oleh si perupa dari hasil penjualan karya seni rupa tersebut tidak diperuntukkan untuk kepentingan lain selain dari kepentingan si perupa itu sendiri.

Pameran yang bersifat komersil, lebih cenderung pada sistem jual beli karya antara si perupa dengan para konsumen pencinta seni atau kolektor seni rupa.

Biasanya pemeran jenis ini di lakukan oleh para seniman rupa profesional untuk menampilkan karya seninya yang memiliki nilai estetik tinggi yang bersumber dari ide atau gagasan mereka masing - masing untuk kemudian dijual pada penyelenggaraan pameran seni rupa.

Segala Hal Tentang Pameran Disini.

c. Pameran dengan Tujuan Sosial Kemanusiaan.

Pameran seni rupa dengan tujuan sosial kemanusaiaan merupakan penyelenggaraan pameran yang direncakan untuk tujuan berbagi atau membantu sesama yang tertimpa bencana atau musibah.

Para seniman perupa merencakanan pameran seni rupa ini untuk dilakukan penggalangan dana baik dengan cara menjual karya yang dimilki si perupa atau dengan cara mengajukan permintaan bantuan dana bencana kepada pengunjung secara langsung.

Dana yang didapatkan dari hasil penjualan karya seni rupa yang di pamerkan terebut kemudian disalurkan kepada masyarakat yang terdampak atau tertimpa musibah, baik itu musibah dalam bentuk bencana alam, atau dalam bentuk musibah lainnya.

Dari semua penjelasan tentang yang dimaksud dengan pameran seni rupa tersebut diatas, kami harap bisa memberikan manfaat berupa referensi ilmu yang bermanfaat dan atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.