Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Pameran, Seni Rupa dan Pameran Seni Rupa Terlengkap

Pameran merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menyampaikan ide atau gagasan perupa ke pada publik melalui media karya seni. Melalui kegiatan ini maka akan terjadi komunikasi antara perupa yang diwakili oleh karya seninya dengan para apresiator.

Hal tersebut sejalan dengan defenisi atau pengertian pameran yang di kemukakan oleh Galeri Nasional bahwa Pameran adalah " suatu kegiatan penyajian karya seni rupa untuk dikomunikasikan sehingga dapat diapresiasi oleh masyarakat luas".

seni rupa, pameran, pameran seni rupa
Pameran Seni Rupa

1. Pengertian Pameran.

Menurut Wikipedia bahwa pengertian pameran secara luas adalah " pameran merupakan suatu aktifitas atau kegiatan promosi yang dilakukan oleh suatu produsen, kelompok, organisasi, perkumpulan tertentu dalam bentuk menampilkan display karya produk kepada calon relasi atau pembeli.

Selain itu pameran juga terdiri dari beberapa jenis, seperti pameran expo, exhibition, pekan raya, show, fair, bazaar pasar murah dan lainnya.

Menurut kamus besar bahasa Indoensia, bahwa pameran adalah pertunjukan hasil karya seni, barang hasil produksi dan sebagainya.

Menurut Kamus Oxford, bahwa pameran adalah tampilan publik karya seni atau barang menarik, diadakan di galeri seni atau museum atau pameran perdagangan.

Baca juga: Objek karya seni rupa 2 dimensi

Menurut Adi Wiranto, bahwa pameran adalah salah satu cara untuk dapat menyajikan suatu karya seni secara visual, baik itu karya dua dimensi atapun karya 3 dimensi.

Menurut Frank William Jefkins, bahwa pameran adalah media pemasaran yang dapat menyentuh seluruh panca indera manusia seperti mata, hidung, telinga, kulit, dan lidah.

Menurut Evelina Lidia, bahwa pameran adalah suatu kegiatan masyarakat yang dapat diselenggarakan oleh suatu organisasi independen dan terbuka untuk umum.

Menurut Freed E. Han bahwa Pameran adalah suatu sarana pemasaran yang efektif untuk tujuan kampanye, baik itu produk tertentu, sosialisasi program perusahaan, serta informasi tentang keunggulan suatu produk kepada masyarakat, sekaligus sebagau bentuk upaya meningkatkan penetrasi pasar.

Baca juga: Karya seni rupa murni

Menurut Isabel Briggs bahwa Pameran adalah aktifitas yang melibatkan ruangan atau galeri, dan memamerkan hasil karya seni seperti lukisan, ukiran, gambar foto dan karya lainnya.

2. Pengertian Seni Rupa.

Menurut Wikipedia bahwa pengertian seni rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang dapat ditangkap oleh mata serta dirasakan dengan rabaan dimana kesan teresebut dapat diperoleh dengan mengelolah konsep titik, garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetika.

Menurut Thomas Munro, bahwa seni rupa adalah alat bantu manusia untuk menibulkan efek - efek psikologis atas manusia yang melihatnya.

Menurut Leo Tolstoy bahwa seni rupa adalah ungkapan perasaan perupa yang disampaikan kepada orang lain agar dapat merasakan apa yang dirasakan oleh perupa (seniman).

Baca juga: Apresiasi seni rupa

Menurut Susanne K.Langer bahwa seni rupa adalah bentuk dari ekspresi yang diciptakan persepsi kita melalui indera dan pencitraan, dan yang diekspresikan adalah perasaan manusia baik berupa perasaan sensasi fisik, penderitaan, kegembiraan, gairah, dan ketenangan, tekanan pikiran, dan emosi yang berkaitan dengan kehidupan manusia.

Menurut Plato bahwa seni rupa adalah hasil peniruan alam dari segala bentuk sisinya.

3. Pengertian Pameran Seni Rupa.

Dari pengertian pameran dan seni rupa diatas maka dapat kita mencari kesimpulan tentang apa pengertian dari pameran seni rupa itu sendiri. Berikut ini beberapa pendapat yang dapat kami rangkum.

Pameran seni rupa adalah aktifitas memamerkan karya seni para seniman perupa yang terdiri dari berbagai unsur dan bentuk karya seni rupa pada suatu ruang dalam bentuk visual dan menciptakan interaksi antara perupa, karya perupa dan masyarakat yang akan memberikan apresiasi dan penilaian secara langsung terhadap karya seni rupa melalui panca indera.

Baca juga: Proses berekspresi seni rupa

Selain itu ada pula pendapat yang menyatakan bahwa pameran seni rupa adalah aktifitas yang melibatkan para seniman perupa dan khalayak umum pada suatu tempat atau ruang yang di penuhi dengan karya seni rupa baik berupa karya seni rupa 2 dimensi, 3 dimensi, dan seni rupa lainnya yang melibatkan panca indera, dan tujuan lain seperti sosialisasi, komersil, bisnis, politik dan hal lainnya dalam bentuk karya seni rupa.

Nah demikian uraian singkat terebut diatas, semoga dapat memberi sedikit manfaat bagi kita semua dan terimakasih.