ilmucerdasku.com | Milenial ? Disini Aja

Pameran : Pengertian, Tujuan, Manfaat Serta Fungsi Pameran

Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Fungsi Pameran.

ilmucerdasku.com | Pameran merupakan aktifitas proses penyampaian ide atau gagasan seorang perupa kepada publik melalui media karya seninya. Baik berupa pameran seni rupa dua dimensi atau pameran karya seni rupa tiga dimensi.

Melalui aktiftas ini diharapkan terjadi komunikasi antara dua unsur sekaligus yakni siperupa yang diwakili oleh karyanya dengan para apresiator karya seni.

Pameran : Pengertian, Tujuan, Manfaat Serta Fungsi Pameran
Pengertian, Tujuan, Manfaat Serta Fungsi Pameran

1. Apa Pengertian Pameran ?

Bersumber dari Galeri Nasional Indonesia bahwa Pameran adalah suatu aktiftas atau kegiatan penyajian karya seni rupa untuk dikomunikasikan sehingga dapat di apresiasi oleh khalayak / masyarakat luas.

Penyelenggaraan pameran untuk keperluan pembelaaran seni budaya terkhusus seni rupa dapat dilakukan di seklah atau di luar sekolah.

Disekolah, pameran yang disajikan bisa berupa hasil studi para peserta didik sekolah dari kegiatan belajar kurikuler maupun kegiatan akstrakurikuler atau menyajikan karya para perupa dan seniman profesional untuk diapresiasi disekolah.

Baca juga : Tahapan Perencanaan Pameran Seni Rupa.

Aktiftas pameran ini bisa dilakukan pada akhir semester, akhir tahun ajaran atau dalam rangka memperingati suatu hari – hari besar.

2. Apa Tujuan dari Pameran ?

Penyelenggaraan pameran dilaksakanan atau dilakukan tentunya bukan berarti tanpa adanya tujuan, didalam pameran terdapat beberapa jenis tujuan dianataranya adalah :

  • Tujuan Sosial,
  • Tujuan Kemanusiaan,
  • Tujuan Komersial, 
  • Tujuan Hiburan, 
  • Tujuan Pendidikan,
  • Dan lainnya.

Sehubungan dengan tujuan pameran yang bersifat komersial, kegiatan pameran diselenggarakan dengan sebuah harapan.

Harapan tersebut yaitu  agar karya seni yang dipemerkan dapat terjual dan mendapatkan keuntungan bagi pemilik karya atau untuk penyelenggara pameran.

Baca juga: Tahapan Evaluasi Penyelenggaraan Pameran.

Jika berhubungan dengan tujuan sosial dan kemanusiaan, maka dana hasil perjualan karya biasanya akan disumbangkan.

Aktifitas sumbang menyumbang ini biasanya diperuntukkan untuk para anak yatim piatu di panti asuhan, masyarat yang kurang mampu atau juga terhadap korban bencana alam.

Selain itu, tujuan pameran jika berhubungan dengan aktiftas pendidikan maka akan menghasilkan tujuan untuk mendapatkan apresiasi dan tanggapan.

Apresiasi dan tanggapan dari pengunjung bertujuan untuk lebih meningkatkan kualitas karya selanjudnya dan peningkatan wawasan peserta didik terhadap seni rupa.

3. Apa Manfaat Pameran ?

Tidaklah bisa dikatakan baik jika suatu penyelenggaraan pameran dibuat tanpa ada manfaat yang bisa didapatkan.

Secara khusus penyelenggaraan pameran memiliki manfaat sesuai dengan dimana pameran itu diselenggarakan.

Jika pameran tersebut diselenggarakan dilingkungan sekolah maka salah satu manfaatnya adalah untuk lebih meningkatkan kemampuan para peserta didik dalam proses mengapresiasi karya orang lain.

Baca juga: Perencanaan Pameran, Panitia, Tugas, Rencana Kerja, dan Jadwal Pameran.

Selain itu, juga memiliki manfaat untuk menambah wawasan dan kemampuan dalam memberikan evaluasi karya seni melalui aktiftas pameran secara lebih objektif.

Bila berkaitan dengan organisasi penyelenggara pemerannya, maka pameran dalam lingkungan sekolah beramanfaat untuk melatih kerja sama antara sesama panitia penyelenggara dan melatih untuk bertanggung jawab dalam memegang sebuah tugas.

Mengapa demikian ? itu karena dalam organisasi dalam hal penyelenggaraan pameran masing – masing dari anggota penyelenggara akan mendapatkan tugas tertentu yang akan dikerjakan.

Jika karya yang dipemerkan diapresiasi dengan baik, maka kegiatan pameran juga akan bermanfaat untuk membangkitkan motivasi peserta didik dalam berkarya seni.

4. Apa Fungsi Pameran ?

Sudah selayaknya sebuah aktifitas penyelenggaraan pameran memiliki fungsi agar kedepannya aktifitas pemeran ini semakin maju dan berkambang.

Baca juga : 21 Tema dan Aliran Seni Rupa.

Nurhadiat (1996) mengatakan bahwa dalam pameran terdapat fungsi utama yang diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Meningkatkan apresiasi,
  • Membangkitkan motivasi dalam berkarya seni,
  • Sebagai sarana hiburan/rekreasi,
  • Motivasi berkarya visual melalui karya seni, dan 
  • Belajar tentang organisasi, perencanaan, dan pelaksanaan pameran.

Dari semua penjelasan diatas, bisa kita ambil sedikit kesimpulan bahwa pameran bukan hanya sekedar untuk aktiftas memamerkan karya seni semata.

Pemeran juga memiliki fungsi, tujun, manfaat bahkan juga memiliki makna tersendiri bagi para perupa dan para pencinta seni terkhusus pameran seni rupa.

Baik itu pameran seni rupa dua dimensi atau pameran seni rupa tiga dimenasi, sama – sama akan memberikan kesan dan pesan yang tersirat dalam setiap karya yang dipamerkan.

Baca juga: 14 Aliran Seni Rupa Nusantara dan Contohnya.

Kesan dan pesan itulah yang kemudian menjadi sebuah makna yang tersalurkan bukan dengan kata – kata melainkan hanya dengan melihat dengan mata yang menilai keindahan, nilai estetis karya dan mengapresiasinya melalui pesan dna kesan.

Mungkin cukup sekian dulu apa yang dapat kami sampaikan semoga memberikan manfaat bagi kita semua dan terimakasih.

Pameran : Pengertian, Tujuan, Manfaat Serta Fungsi Pameran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Akbar Pagala

0 komentar: