ilmucerdasku.com | Milenial ? Disini Aja

Sebutkan dan jelaskan tujuan, manfaat serta fungsi kritik karya seni rupa

Tujuan, Manfaat, Fungsi Kritik Karya Seni Rupa.

Kritik Karya Seni Rupa - Sahabat ilmucerdasku dimanapun berada, berikut ini akan coba uraikan tentang tujuan, manfaat serta fungsi kritik karya seni rupa.

Sebutkan dan jelaskan tujuan, manfaat serta fungsi kritik karya seni rupa
Tujuan, manfaat serta fungsi kritik karya seni rupa

Tapi sebelumnya, biasakanlah membaca hingga tuntas agar tidak salah faham dna gagal faham, dan adapun uraiannya adalah sebagai berikut. 

1. Tujuan Kritik Karya Seni Rupa.

Tujuan dari kritik karya seni rupa adalah untuk memberikan tanggapan atau penilaian terhadap kelebihan dan kekurangan dari sebuah karya seni rupa.

Kritik Seni Halaman All Disini.

Kritik dari kelebihan serta kekuarangan dari karya seni rupa tersebut kemudian di manfaatkan sebagai bahan untuk memperlihatkan kualitas dari karya seni rupa itu sendiri.

2. Manfaat Kritik Karya Seni Rupa.

Adapun manfaat dari kritik karya seni rupa adalah agar si perupa bisa lebih meningkatkan lagi kualitas karya seninya yang bersumbe dari pemahaman dan apresiasi para penikmat seni terhdap sebuah karya seni.

Manfaat lainnya adalah untuk meningkatkan kualitas proses serta hasil dari berkarya seni rupa serta dapat meningkatkan nilai jual.

Bermacam Jenis Pembahasan Kritik Seni ada Disini.

Dikatakan meningkatkan nilai jual, sebab kritik atau tanggapan yang diberikan oleh seorang kritikus ternama bisa berpengaruh secara nilai ekonomis suatu karya seni.

3. Fungsi Kritik Karya Seni Rupa.

Fungsi dari Kritik karya seni rupa yang paling utama adalah sebagai jembatan untuk persepsi dan apresiasi artistik dan estetik sebuah karya, antara si perupa dengan para apresiator/kritikus seni.

Kritik dari apresiator dan kritikus secara lisan maupun tulisan berupaya mengulas, menganalisa dan menciptakan sudut interpretasi dari sebuah karya seni.

Semua hal tersebut merupakan bentuk dari dororongan untuk berkarya agar lebih baik lagi dalam membuat karya seni rupa.

Penutup.

Berbagia macam kritik seni dalam berkarya seni rupa merupakan suatu yang wajar dan perlu diketahui pula bahwa kritik dari seorang kritikus seni berarti memiliki sifat yang negatif.

Kritik dalam karya seni rupa justru memiliki sifat yang membangun dengan tujuan untuk memberikan kita masukan dari karya yang telah kita buat.

Setiap kritik seni yang tersalurkan oleh para apresiator dan kritikus seni terhadap si perupa (seniman rupa) juga merupakan bentuk dari perhatian khusus seorang apresiator.

Itu karena seorang kritikus seni atau apresiator bisa melihat dan menilai karya seni seorang perupa yang kemudian memberikan tanggapan atas kelebihan dan kekurangan dari karya seni yang kita buat.

Hal tersebut kemudian kita jadikan landasan untuk lebih baik lagi dalam berproses dan menciptakan karya seni melalui kritik tersebut.

Mungkin Cukup sekian dari kami, lebih dan kurangnya mohon di maaf dimaklumi selamat belajar, selamat berkarya dan terimakasih.

Sebutkan dan jelaskan tujuan, manfaat serta fungsi kritik karya seni rupa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Akbar Pagala

0 comments: