Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5+ Ide Peluang Usaha Produk Kerjinan

Terdapat banyak ide dan peluang usaha yang dapat dikembangkan untuk para wirausaha yang diantaranya, yaitu dengan memberikan kebebasan serta dorongan kreativitas kepada pengerajin atau para karyawannya dan tentunya pengembangan ide tersebut harus dilakukan secara terus -  menerus agar supaya karyawan dapat memenangkan persaingan didalam pasar.

5+ Ide Peluang Usaha Produk Kerjinan

Ide Peluang Usaha Produk Kerjinan

Adapun beberapa ide yang perlu dan dapat dikembangkan, antara lain adalah sebagai berikut.
  • Ide dalam teknik dan proses pembuatan produk kerajinan yang diminati oleh para konsumen.
  • Ide dalam pembuatan produk kerajinan yang dapat memenangkan persaingan.
  • Ide dalam pembuatan serta pendayagunaan sumber-sumber produk kerajinan.
  • Ide yang dapat mencegah dari rasa bosan para konsumen di dalam penggunaan produk kerajinan, dan
  • Ide dalam desain, model, corak, serta warna produk kerajinan yang disenangi oleh para konsumen.  


Setelah peluang usaha teridentifikasi, maka seorang wirausaha produk kerajinan memilih jenis produk kerajinan yang melalui beberapa tahapan analisis produk kerajinan yang cermat. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu pertimbangan yang matang dengan cara evaluasi kriteria yang telah dikembangkan sesuai dengan kebutuhan.

Faktor – faktor yang menjadi dasar pertimbangan evaluasi usaha produk kerajinan tersebut adalah sebagai berikut.

a.Faktor keuntungan.

Jika suatu pilihan produk kerajinan telah diperhitungkan dan ternyata tidak memberikan keuntungan yang memadai maka sebaiknya pilihan tersebut dibatalkan.

b. Faktor penguasaan teknis.

Teknik ataupun cara pembuatan suatu produk kerajinan haruslah benar-benar dikuasai aau dipelajari dengan baik oleh para pengerajin atau oleh para keryawan perusahaan.

c. Faktor pemasaran.

Harus diteliti kemungkinan akan pemasaran serta prospek pemasaran produk kerajinan diwaktu atau dimasa yang akan datang.

d. Faktor bahan baku.

Bahan baku merupakan salah satu dari sekian banyak faktor penting yang ikut menentukan tingkat harga pokok dan kelancaran proses produksi usaha usaha kerajinan.

e. Faktor tenaga kerja.

Hal yang harus menjadi pertimbangan adalah tersedianya tenaga kerja yang murah dan kemungkinan untuk memenuhinya baik dari segi jumlah, keahlian dan jasanya.

f. Faktor modal.

Perlu dijadikan pertimbangan kesesuaian antara modal yang disediakan dan kebutuhan jenis usaha kerajinan yang dibutuhkan.

g. Faktor resiko.

Pertimbangan akan resiko yang akan ditanggung juga perlu dipertimbangkan dengan besarnya keuntungan yang dapat atau akan diperoleh.

h. Faktor persaingan.

Tentunya dengan adanya persaingan maka perlu kiranya dipelajari situasi yang akan terjadi dan sesuai dengan kemampuan menghadapinya dalam hal modal maupun pemasarannya.

i.Faktor fasilitas dan kemudahan.

Fasilitas operasi serta kemudahan penyediaan usaha produk kerajinan juga menjadi pertimbangan, kemudahan yang tidak menutup kemungkinan dapat diperoleh melalui pemerintah seperti pajak.

j. Faktor manajemen.

Pertimbangan manajemen merupakan suatu pertimbangan yang tidak kalah pentingnya dari pertimbangan lainnya. Pengelolaan produknya yang paling sesuai dan bagaimana kemampuan pengusaha untuk mengelolahnya sering kali diabaikan dalam mendirikan perusahaan kecil. Faktor lain yang juga perlu menjadi pertimbangan adalah peraturan pemerintah, perizinan, pertimbangan etis, lingkungan dan sebagainya. 

Jika seorang wirausaha telah menentukan jenis dari usaha produk kerajinan sesuai dengan apa yang diinginkan dan telah memulai berbagai macam pertimbangan, maka tugas yang perlu untuk  diperhatikan wirausaha tersebut adalah dengan mempertimbangkan hal-hal berikut ini.
  • Jenis usaha kerajinan yang sesuai dengan hasrat dan minat.
  • Jenis usaha produk kerajinan yang benar – benar akan membawa dan memberikan keuntungan.
  • Jenis usaha produk kerajinan yang mudah mengurus dan dikerjakan.
  • Jenis usaha kerajinan yang mudah untuk diperlihara.
  • Jenis usaha kerajinan yang produknya disukai dan dibutuhkan oleh para konsumen.
  • Jenis usaha kerajinan yang bahan bakunya selalu tersedia dan mudah didapatkan, dan 
  • Jenis usaha kerajinan yang mendapatkan dukungan serta perlindungan dari pemerintah. 

Demikian penjelasan singakat tentang ide usaha produk kerajinan tersebut, semoga bermanfaat dan terimakasih.
Sumber: Prakarya-Kemendikbud_RI.