Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buatlah Ringkasan Materi Kerajinan Dari Bahan Limbah Bangun Datar dan Ruang

Ringkasan Materi Kerajinan Dari Bahan limbah

Sahabat ilmucerdasku sekalian. Produk kerajinan Indonesia sudah terkenal dimancanegara. Menciptakan kerajinan memerlukan inovasi dan kreasi yang berlevel tinggi.

Kualitas karya kerajinan ditentukan oleh kualitas dari bahan dasar, teknik pengerjaan, desain produk kerajinan, serta nilai fungsi dari produk kerajinan tersebut.

Jika dua jenis bahan limbah di padukan makan akan menciptakan suatu produk kerajinan dengan prinsip kerajinan campuran tersendiri yang juga bisa menghasilkan kerajinan yang eksotis.

Pemilihan bahan memiliki kekuatan dan bentuk yang berfariasi, tekstur, serat, pori dimana semua itu dapat dimanfaatkan untuk menunjang kualitas bentuk dan estetika dari suatu karya kerajinan.

Teknik penciptaan yang bagus bisa menentukan kesempurnaan dari bentuk karya kerajinan sedangkan pada aspek fungsi dapat menambah nilai dari segi kenyamanan dan keamanan penggunaan dari produk kerajinan tersebut.

Nilai ekstra suatu karya kerajinan dapat menambah kepuasan akan keindahan bagi pemilik atau konsumer dan dari segi fungsinya, kerajinan memiliki dua fungsi  sekaligus yaitu fungsi praktis dan juga fungsi hiasan.

Kerajinan juga terbagi menjadi dua yakni kerajinan berbentuk bangun datar dan kerajinan berbentuk bangun ruang. Untuk pembahasan kita kali ini kita akan mengurai tentang Jneis produk kerajinan, perencanaan kerajinan dan proses produksi dari kerajinan bangun ruang.

Buatlah Ringkasan Materi Kerajinan Dari Bahan Limbah Bangun Datar dan Ruang
Contoh Kerajinan Dari Bahan Limbah

1. Jenis- Jenis Kerajinan Bahan Limbah.

Pada umumnya, kerajinan dari bahan limbah terdiri dari dua jenis yang dapat kita buat yaitu:

- Kerajinan dari bahan limbah bangun datar.

Sesuai namanya, kerajinan jenis bangun datar ini memanfaatkan limbah yang memiliki permukaan yang datar yang tidak memiliki ruang. Hasil karya kerajinan ini pun berbentuk dua dimensi.

- Kerajinan dari bahan limbah bangun ruang. 

Sedangkan untuk kerajinan bahan limbah berbentuk bangun ruang merupakan kerajinan yang membentuk ruang tiga dimensi dengan kata lain dapat dilihat dari segala sudut.

Berikut beberapa jenis kerajinan limbah berdasarkan outputnya.

A. Kerajinan Interior dari Bahan Limbah.

Hasil dari kerajinan limbah ini berupa benda yang disimpan atau digunakan pada ruang didalam rumah (indoor)seperti ruang tamu atau kamar.

Contohnya: 

- Bantal kursi dari kain perca (sisa kain).

Kerajinan ini banyak digunakan sebab memiliki berbagia macam macam keuntungan dan motif kain yang disatukan yang dan membuat kerajinan ini memiliki keunikan tersendiri.

Selain dari keunikannya kain peca juga dimanfaatkan untk membuat berbagai kerajinan yang lainnya seperti keset, taplak dan merupakan kerajinan berbentuk bangun datar dan untuk kerajinan berbentuk bangun ruang menggunakan kain ini bisa dibuat menjadi bantal, tas, atau boneka.

- Lukisan dari Cangkang Telur.

Cangkang telur juga sangat sering dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan diantaranya dibuat menjadi kerajinan bangun datar seperti lukisan, kaligrafi, atau hiasan bingkai foto.

- Kerajinan bunga dari kulit jagung.

Limbah kulit jagung yang sering kita temui juga dapat disulap menjadi suatu barang atau kerajinan yang cantik seperti digunakan untuk membuat kerajinan bangun ruang seperti tempat tissu, tas, boneka dan lainnya.

B. Kerajinan Eksterior dari Bahan Limbah.

Untuk kerajainan eksterior atau kerajinan di luar ruangan seperti taman dan lainnya, beberapa contohnya adalah sebagai berikut:

- Kerajinan patung dari limbah kayu bekas.

Memanfaatkan kayu bekas atau sisa - sisa kayu untuk wirausaha kerajinan dari bahan limbah dapat dijadikan kerajinan yang beragam jenisnya termasuk juga patung kayu.

Teknik pembuatannya juga bukan melalui tahapan pemahatan melainkan hanya disusun sedemikian rupa baik menggunakna lem atau menggunakan baut, hingga membentuk suatu wujut atau rupa.

- Kerajinan tempat sampah dari limbah ban bekas.

Selain dapat dibuat untuk dijadikan mainan seperti ayunan sering kali ban bekas dibuat juga menjadi tempat sampan yang menjadi kegunaan lainnya sebagai bentuk upaya dalam menjaga kebersihan lingkungan.

- Kerajinan Bunga dari Limbah Botol Bekas.

Botol bekas dapat kita jumpai di wilayah pesisir terutama di wilayah perumahan. Botol bekas dapat dibetuk menjadi pot bunga dan mewarnainya sesuai selera kalian. Agar lebih unik berikanlah sedikit lukisan untuk menambah nilai keindahannya.

C. Kerajinan Aksesoris/Perhiasan dari Bahan Limbah.

Adapun beberapa contoh hasil kerajinan bahan limbah berbentuk aksesoris atau perhiasan yang dapat digunakan pada pakaian anggota badan diantaranya adalah:

- Kerajinan Sandal dari Limbah Ban Bekas.

- Kerajinan Anting, Gelang, Kalung dari Sisik Ikan atau Kulit Kerang.

- Kerajinan Tas dari limbah Plastik Bekas.

Semua bentuk kerajinan diatas dapat dibuat dengan sedikit kreatifitas atau keahlian, itulah kenapa kreativitasmu sangat dibutuhkan dalam hal membuat kerajinan agar hasil akhirnya sesuai dengan apa yang diinginkan.

2. Fungsi Kerajinan dari Bahan Limbah.

Produk kerajinan dari bahan limbah bangun datar dan bangun ruang memiliki beberapa manfaat atau fungsi yaitu;

- Fungsi Pakai.

Manfaat produk kerajinan sebagai benda pakai sangat mengutamakan fungsinya dan adapun unsur keindahannya hanyalah sebagai pendukung.

- Fungsi Hias.

Manfaat kerajinan dalam hal sebagai fungsi hias dibuat sebagai benda pajangan atau hiasan yang lebih menonjolkan aspek keindahannya daripada aspek kegunaannya atau fungsinya. 

3. Potensi Kerajinan dari Bahan Limbah.

Tiap - tiap wilayah atau suatu daerah memiliki ciri khas kerajinan limbah yang menjadi unggulan di daerahnya. Hal ini disebabkan oleh sumber daya dari masing - masing wilayah yang berbeda - beda.

Berikut ini beberapa penjelasan singkat tentang potensi kerajinan yang dimanfaatkan berdasarkan dari kondisi  wilayahnya.

- Daerah Pesisir.

Limbah diwilayah pesisir cukup banyak tersedia seperti cangkang kerang laut, tulang ikan, tempurung kelapa, sabut kelapa, dan lainnya.

- Wilayah Pegunungan.

Limbah yang dapat dijadikan suatu produk kerajinan pada wilayah pegunungan diantaranya adalah limbah biji - bijian, buah kering, kulit durian, kulit pohon dan lainnya.

- Daerah Pertanian.

Limbah pada wilayah pertanian yang dapat dijadikan kerajinan seperti ranting pohon, bunga kering, kulit kacang, kulit jagung, dan lainnya.

- Daerah Perkotaan.

Limbah pada daerah perkotaan yang dapat dijadikan kerajinan seperti botol bekas, ban bekas, kardus bekas, botol kaca, kaleng bekas dan masih banyak lagi.

Penutup.

Bangun ruang bisa diartikan sebagai bangun ruang yang dibatasi oleh himpunan titik yang terdapat pada seluruh permukaan bangun tersebut.

Manfaat dari kerajinan dari bahan limbah ini sangatlah membantu dalam hal penguraian organisme dalam tanah dan manfaat lainnya adalah sebagia benda pakai dan benda hias.

Mungkin cukup sekian apa yang bisa kami sampai terkait materi kerajinan dari bahan limbah bangun ruang dan bangun datar ini, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Sumber: (Kemendikbut.RI-2019).