Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Translate

Materi Kerajinan Bahan Campuran Kelas 9

Mengenal Jenis, Karakteristik dan Teknik Pengolahan Kerajinan Bahan Campuran. 

Salam sahabat ilmucerdasku dimanapun berada. Berikut akan kami sajikan beberapa materi kerajinan bahan campuran beserta soal dan jawabannya lengkap dengan penjelasannya.

Namun sebelum lanjut kami perlu mengingatkan agar teman - teman sekalian membaca penjelasannya dulu ya biar tidak gagal paham atau keliru dengan pertanyaan dan jawaban dari materi kerajinan berbasis bahan campuran ini. Berikut uraiannya.

Mengenal Jenis, Karakteristik dan Teknik Pengolahan Kerajinan Bahan Campuran.Contoh Kerajinan Bahan Campuran (Gambar oleh Silvia dari Pixabay)

A. Mendeskripsikan Jenis bahan campuran.

Jenis bahan campuran atau disebut juga dengan mixed media untuk suatu produk kerajinan memiliki banyak jenis atau ragam jenis.

Bahan - bahan tersebut bisa berupa bahan alami dan bahan buatan disebut juga dengan bahan organik dan bahan anorganik.

- Bahan Organik.

Bahan alam atau bahan organik yaitu bahan yang langsung diambil dari alam dan beberapa contohnya seperti kayu, bambu, rotan, kerang, batu, tanah liat, kulit hewan atau binatang, daun, bunga, buah, ranting, tempurung dan masih banyak lagi yang lainnya.

Perlu kita ketahui pula bahwa bahan alam atau bahan organik ini memiliki kualitas bahan yang dapat digunakan atau dimanfaatkan dalam perencanaan sebuah kerajinan.

- Bahan Anorganik.

Bahan buatan atau bahan anorganik yaitu bahan yang telah mengalami proses pengolahan pabrik dengan berbagai teknik dan campuran bahan kimia yang kemudian menghasilkan bahan baku untuk produk kerajinan dari bahan campuran atau untuk keperluan yang lainnya.

Adapun bahan buatan yang bisa dimanfaatkan untuk dikembangkan menjadi suatu produk kerajinan diantaranya adalah plastik, karet, stereoform, kertas, manik-manik, tali nilon, kain perca, benang dan masih banyak yang lainnya.

Kedua jenis bahan ini dapat berbentuk bahan baru atau dalam bentuk limbah yang dapat digunakan untuk membuat atau memproduksi suatu produk kerajinan berbasis campuran.

Membuat kerajinan dari bahan capuran tentunya juga harus memahami jenis dan karakter bahan agar bisa dipadu padankan secara utuh, harmonis dan terlihat indah.

Untuk mendapatkan hasil maksimal maka proses pemilihan bahan harus memikirkan banyak sisi seperti dari segi keawetan, keindahan, kemudahan,dan juga keamanan selama proses dan penggunaan produk tersebut.

Hasil karya kerajinan dari bahan campuran ini memiliki keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan kerajinan dari bahan yang sejenis dan juga memiliki fungsi masing-masing.

Kombinasi bahan alam dan bahan buatan untuk suatu kerajinan memiliki variasi bentuk dan karakter serta memberikan alternatif pilihan baru dalam dunia indsutri kerajinan.

Selanjutnya mari kita jawab pertanyaan berikut; 

1. Apa yang dimaksud dengan bahan alam ? dan berikan contohnya.

Jawaban : Bahan alam atau bahan organik yaitu bahan yang langsung diambil atau dipungut dari alam, contohnya seperti kayu, bambu, rotan, kerang, batu, tanah liat, kulit hewan atau binatang, daun, bunga, buah, ranting, dan tempurung

2. Apa yang dimaksud dengan bahan buatan ? dan berikan contohnya.

Jawab: Bahan buatan atau bahan anorganik yaitu bahan yang telah mengalami proses pengolahan pabrik dengan berbagai teknik dan campuran bahan kimia yang kemudian menghasilkan bahan baku untuk produk kerajinan. contohnya seperti plastik, karet, stereoform, kertas, manik-manik, tali nilon, kain perca, dan benang.

B. Karateristik Bahan Campuran.

Tiap - tiap dari bahan alam dan buatan memiliki karakteristik dan keindahannya masing - masing, kekuatan, dan bentuknya juga dari setiap jenisnya. Beberapa karakter tersebut diantaranya adalah: lembut, halus, kasar, berat, ringan, berwarna, mudah sobek, ulet, keras dan lainnya.

Kualitas serta karakter dari setiap bahan yang akan kita buat menjadi suatu kerajinan berbahan campuran harus kita kenali dan kuasai terlebih dahulu sebelum dirancang menjadi suatu produk kerajinan berbasis campuran sebab karakter tersebut merupakan salah satu bagian penting dalam membuat kerajinan bahan campuran.

Untuk merancang membuat produk kerajinan yang perlu kita siapkan adalah wadah beban berat harus memilih bahan yang berkarakter kuat, keras dan ulet seperti kayu, bambu serta logam.

Untuk merancang atau membuat kerajnan untuk perhiasan gantungan perlu memilih bahan yang memiliki karakteristik yang indah, ringan dan menarik.

Selain dari bahan dasar untuk kerajinan yang memiliki karakter kuat, ulet mudah dibentuk juga harus memiliki nilai atistik atau keindahan. 

Maka dari itu kecerdasan dan kecermatan dari pengerajin haruslah bagus dan harus sering dilatih untuk merancang sebuah desain kerajinan media campuran melalui eksplorasi dari berbagaisumber buku, majalah, artshop dan internet.

Materi Kerajinan Bahan Campuran Kelas 9

Diatas ini sudah ada beberapa contoh produk kerajinan hiasan dengan motif tanaman kaktus pada permukaan kayu, kucing dengan karakter galak yang dibuat dari garpu dan media lainnya serta gambar burung kecil diatas potongan kayu yang di cat berwarna kehitaman, coklat, dan biru.

Burung kecil pada potongan kayu tersebut menggunakan bahan lain seperti kertas, karet, stiker dan lainnya. Dan yang membuat kerajinan memiliki keunikan yang inovatif sebab bahannya menggunakan bahan - bahan yang sudah tidak terpakai atau sudah menjadi limbah industri.

Mari kita jawab pertanyaan berikut ini.

1. Bentuk visual apa saja yang nampak dalam ketiga karya tersebut?

Jawaban : kaktus pada permukaan kayu, kucing dengan karakter galak yang dibuat dari garpu dan media lainnya serta gambar burung kecil diatas potongan kayu yang di cat berwarna kehitaman, coklat, dan biru.

2. Bahan dan material apa yang digunakan dalam gambar tersebut?

Jawaban : logam, kayu, kertas, karet, stiker dan cat.

3. Keunikan apa yang dapat diambil dari ketiga karya tersebut?

Jawaban: Bahan yang digunakan adalah memanfaatkan atau menggunakan bahan - bahan yang sudah tidak terpakai atau sudah menjadi limbah industri.

4. Mana yang terbaik menurut anda dimana letak dari daya tarik dari karya tersebut?

Jawab: Kucing dari bahan logam yang menggunakan garpu dan letak daya tariknya adalah terdapat pada garpu dan sendok pad aekor kucing serta ekspresi dari mimik wajah kerajinan kucing tersebut.

Baik sahabat ilmucerdasku dimanapun berada, Sampai disini dulu pembahasan kita tentang kerajinan bahan campuran kali ini semoga memberikan manfaat bagi kita semua dan kami ucapkan terimakasih.

Posting Komentar untuk "Materi Kerajinan Bahan Campuran Kelas 9"