ilmucerdasku.com | Milenial ? Disini Aja

5 Jenis contoh hasil kerajinan dari bahan limbah lunak anorganik dan fungsinya

ilmucerdasku. Limbah lunak anorganik berasal dari bahan olahan dengan campuran zat kimiawi dan menghasilkan bahan yang lembut, empuk, lentur, dan mudah dibentuk serta diolah dengan bahan yang sederhana.

Sementara sifat dari limbah lunak anorganik tersebut sulit untuk terurai, dan kalaupun ada yang bisa terurai maka itu membutuhkan waktu yang cukup lama.

Limbah - limbah aonorganik pada umumnya bersumber dari limbah industri, pertambangan, dan limbah domestik dari sampah perumahan atau sampah rumah tangga.

Apa saja hasil kerajinan dari bahan limbah anorganik ?

Terdapat beberapa contoh jenis kerajinan yang terbuat dari bahan limbah anorganik yang mungkin dapat menjadi contoh untuk anda diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Kerajinan limbah botol plastik.

Limbah botol plastik banyak di temukan di daerah perkotaan yang bersumber dari hasil konsumsi masyarakat pada umumnya, seperti botol plastik kemasan minuman air mineral.

hasil kerajinan dari bahan limbah lunak anorganik dan fungsinya
Contoh kerajinan limbah dari botol bekas

Adapun contoh hasil dari kerajinan aneka bahan limbah lunak dan manfaatnya yang bersifat anorganik seperti pot bunga untuk wadah tanaman hias, wadah pensil untuk tempat pensil anak sekolahan, bunga plastik untuk hiasan ruangan atau taman, hingga di jadikan mainan anak - anak seperti mobil - mobilan untuk keperluan bermain anak.

2. Kerajinan limbah kardus bekas.

Limbah kardus banyak ditemukan di daerah perkotaan terutama di area pemukiman warga yang memiliki kios atau jualan sebab barang dagangan kebanyakan menggunakan kardus untuk pengemasannya.

kerajinan dari bahan limbah lunak anorganik dan fungsinya
Contoh kerajinan limbah kardus bekas

Limbah ini cenderung mudah di bentuk dan tidak begitu lama untuk diurai meski membutuhkan waktu, namun jika telah terkena air maka limbah kardus akan mudah diurai tanah. Hal tersebut di sebabkan karena kardus tidak tahan dengan air dan mudah menyerap cairan.

Adapun hasil kerajinan dari kardus dan fungsinya diantaranya adalah kerajinan bingkai foto yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan foto hiasan atau foto keluarga, kerajinan tempat buku dan pensil untuk menyimpan peralatan sekolah, kerajinan miniatur rumah yang berfungsi sebagai hiasan kamar dan lain sebagainya.

3. Kerajinan limbah kertas bekas.

Kertas juga banyak di temukan di daerah perkotaan, baik itu kertas hasil buangan perkantoran, kertas koran, kertas buku bekas dan lainnya. 

Sama seperti kardus, kertas juga mudah di larutkan dengan air dan mudah di urai jika terkena air sebab memiliki daya serap cairan yang cukup kuat. 

5 Jenis contoh hasil kerajinan dari bahan limbah lunak anorganik dan fungsinya
Contoh kerajinan limbah kertas bekas

Kerajinan yang bisa dihasilkan dari kertas bekas diantaranya adalah kerajinan miniatur dengan cara menggulung kertas menjadi berbentuk stik dan diberi lem kertas pada pinggirannya agar tidak terbuka dan kemudian di keringkan.

Setelah kering maka kemudian dapat di jadikan kerajinan miniatur rumah yang berfungsi sebagai hiasan kamar atau ruangan tamu. Selain itu juga dapat dijadikan sebagai wadah pensil hingga kerajinan bingkai dari kertas bekas.

4. Kerajinan limbah kain perca.

Kain perca tentu tidak asing lagi baki kita sebab selalu kita gunakan tiap hari. kain perca yang terbuat dari benang wol yang bersumber dari sisa - sisa bekas jahitan atau pakain bekas pakai dapat dijadikan berbagai jenis kerajinan.

Selain tidak repot lagi untuk memberinya warna kain perca cenderung mudah di bentuk sebab memiliki tekstur yang lembut dan lunak.

Kerajinan apa saja yang bisa dibuat dari kain perca? beberapa contoh hasil kerajinan dari kain perca diantaranya adalah sebagai berikut.

5 Jenis contoh hasil kerajinan dari bahan limbah lunak anorganik dan fungsinya
Contoh hasil kerajinan libah kain perca

- Kerajinan lap tangan atau sapu tangan yang tentunya memiliki fungsi untuk membersihkan tangan sehabis makan atau membersihkan meja makan dan sapu tangan untuk melindungi tangan dari sinar matahari.

- Kerajinan selimut bantal. Jika sisa kain bekas jahitan masih lumayan besar maka itu dapat dijadikan sebagai selimut atua sarung bantal kursi atau bantal tidur yang tentunya berfungsi untuk mempercantik bantal itu sendiri dan lain sebagainya.

5. Kerajinan limbah karet bekas.

Karet bekas seperti ban bekas dapat dijadikan berbagai jenis hasil kerajinan bahan limbah anorganik yang menarik bahkan dapat dijadikan sebagai penghasilan tambahan untuk para pengerajin.

Ban motor dan mobil merupakan bahan limbah lunak anorganik yang mudah di bentuk meski tidak mudah diurai namun jika di bakar maka akan mudah di hancurkan.

Contoh hasil kerajinan dari ban bekas diantaranya kerajinan kursi dan meja yang berfungsi sebagai tempat duduk, meja minuman atau makanan, hiasan dan lainnya.

contoh hasil kerajinan dari bahan limbah lunak anorganik dan fungsinya
Contoh hasil kerajinan limbah ban bekas

Kerajinan lainnya seperti ayunan anak sebagai media bermain anak kerajinan pot bunga sebagai wadah penyimpanan atua penanaman bunga hias atau bunga taman, kerajinan mobil - mobilan sebagai sarana bermain anak kecil.

Nah dari semua penjelasan diatas maka sudah kita pastikan bahwa kerajinan yang unik tersebut merapakan kerajinan yang membutuhkan kreatifitas pengerajinnya dan juga membutuhkan alat dan bahan untuk dibuat agar tepat guna dan tepat fungsi ketika sudah jadi.

Kerajinan limbah anorganik ini masih banyak ditemukan di mana saja yang menjadi sinyal bahwa masih banyak orang kreatif yang mempu mengolah bahan limbah tersebut dan juga menjadi bala bantuan untuk pemerintah dalam hal pengendalian limbah di perkotaan.

Mungkin cukup sekian dulu artikel singkat dari ilmucerdasku ini semoga bermanfaat bagi anda semua dan terimakasih atas waktu dan kesempatan yang diberikan.

Artikel terkait:

Contoh kerajinan bahan lunak buatan.

Teknik produksi kerajinan bahan lunak.

Keuntungan membuat kerajinan dari bahan limbah.

Proses, produk dan alat kerajinan serat.

Bentuk kerajinan bahan lunak.

5 Jenis contoh hasil kerajinan dari bahan limbah lunak anorganik dan fungsinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Akbar Pagala

0 comments: