Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian, Tujuan dan Strategi Promosi Kerajinan Libah Bangun Ruang

Promosi merupakan salah satu kegiatan pemasaran yang penting bagi perusahaan dalam upayanya untuk mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan dan meningakatkan kualitas penjualannya.


  1. Pengertian dan Tujuan Promosi.


Promosi adalah segala bentuk komunikasi yang digunakan untuk menginformasikan, membujuk, atau mengingatkan orang - orang tentang produk yang dihasilkan organisasi, individu, ataupun rumah tangga (Simamora, 2003;285).


Strategi Promosi

Tujuan dari pada perusahaan dalam melakukan promosi menurut Tjipto adalah menginformasikan, mempengaruhi dan membujuk, serta mengingatkan pelanggang tentang perusahaan dan bauran pemasarannya.

Menurut Sistaningrum, tujuan promosi adalah terdiri dari;

  • memperkenalkan diri,
  • membujuk,
  • modifikasi,
  • membentuk tingkah laku, dan 
  • mengingatkan kembali tentang produk dan perusahaan yang bersangkutan.

2. Strategi Promosi Produk Kerajinan Berbentuk Bangun Ruang.

Untuk mengomunikasikan produk kerajinan perlu disusun strategi yang disebut juga dengan strategi promosi, yang terdiri dari 4 komponen utama, yaitu periklanan, promosi penjualan, publikasi, dan penjualan tatap muka. Untuk lebih jelasnya mari kita uraikan satu persatu.

  • Periklanan (advertising).

Periklanan merupakan suatu bentuk komunikasi bukan personal yang harus diberikan imbalan/pembayaran kepada sebuah organisasi atau dengan menggunakan media massa. adapun media yang sering digunakan untuk berpromosi adalah televisi, surat kabar, majalah, internet, dan lainnya.

  • Promosi penjualan (sales promotion).

Promosi penjualan merupakan insentif jangka pendek untuk meningakatkan penjualan suatu produk atau jasa dimana diharapkan pembelian dilakukan sekarang juga. Wujud nyata kegiatan promosi penjualan misalnya obral, pemberian kupon, dan pemberian conth produk.

  • Penjualan Tatap Muka (personal selling).

Penjualan tarfa muka atau personal selling merupakan proses penjualan melalui pelanggang yang dipersuasi dan diberi informasi untuk membeli produk - produk melalui komunikasi secara personal dalam suatu situasi perekrutan.

  • Publisitas atau Hubungan masyarakat.

Publisitas merupakan bentuk komunikasi non personal yang berwujud atau berbentuk berita sehubungan dengan organisasi tertentu atau tentang produk - produknya yang ditransmisi melalui perantara media massa. 

3. Melakukan Promosi Produk Kerajinan Berbentuk Bangun Ruang.


Dalam melakukan promosi agar efektif perlu adanya bauran promosi, yaitu kombinasi yang optimal bagi berbagai jenis kegiatan atau pemilihan kegaitan promosi yang paling efektif dalam meningkatkan penjualan. 

- Strategi Promosi Produk Kerajinan.


Pemanfaataan limbah plastik menjadi produk kerajinan tas, hanya merupakan salah satu conth usaha yang dapat kita kembangkan dengan mudah dan murah. Usaha ini bisa kita lakukan dengan cara mengatur jadwal sebaik mungkin sehingga kegiatan kegiatan lainnya tidak terganggu.

Apabila usaha tersebut telah berkembang menjadi lebih baik, maka kita dapat melakukan kerja sama dengan para ibu - ibu aau pada para pemuda dan pemudi karang taruna sebagai unit kerjanya. tedapat banyak cara bagi kita untuk melakukan pemasaran produk kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang tersebut yang disesuaikan dengan kapasitas produksi yang telah kita buat. berikut tahapannya.


a. Mulai dari yang paling kecil.

Kenalkan produk kerajinan tersebut kepada teman, sahabat, atau tetangga dekat rumah. Berikanlah salah satu produk agar mereka dapat menggunakan produk tersebut supaya mereka tertarik untuk membeli. jika produk tersebut mulai dapat diterima dan banyak penggemarnya, mulailah merambah pasar baru dengan menitipkannya di warung - warung, dan pertokoan.


b. Manfaatkan teknologi.

Manfaatkan teknologi internet dan media sosial seperi facebook, twitter, whatsup, dan lainnya sebagai sarana penjualan lain. Perbanyaklah teman dan pengikut untuk memperluas jaringan dan pemasaran, selain itu bisa juga dengan membuat website blog secara gratis atau yang berbayar dengan relatif terjangkau harganya.

Demikian penjelasan singkat tentang Pengertian, Tujuan dan Strategi Promosi Kerajinan Libah Bangun Ruang tersebut diatas dan masih ada artikel menarik lainnya yang masih berhubungan seperti Perencanaan, Alat dan Bahan Produksi Kerajinan Limbah Bangun Ruang, terimakasih semoga bermanfaat.
Sumber: Prakarya-Kemdikbud_RI.