Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berilah contoh bahan-bahan lunak dalam pembuatan kerajinan

Contoh bahan - bahan lunak dalam pembuatan kerajinan

Sahabat ilmucerdasku dimanapun berada. Contoh bahan lunak dalam pembuatan kerajinan terdiri dari beberapa macam yang dibagi menjadi dua jenis bahan utama, yaitu bahan lunak alami dan bahan lunak buatan.

Namun sebelum lebih lanjut membahas materi bahan lunak dalam pembuatan kerajinan beserta contohnya ini ada baik kami mengingatkan agar membiasakan membaca hingga tuntas agar tidak terjadi salah kaprah atau salah paham dalam mengartikan penjelasan dari bahan lunak untuk membuat kerajinan ini.

Untuk lebih lengkapnya silahkan dan mari kita sama - sama menyimak uraian singkat berikut ini.

Apa saja contoh bahan-bahan lunak dalam pembuatan kerajinan?

Contoh dari bahan - bahan lunak dalam proses pembuatan kerajinan terdiri dari berbagai macam jenis berdasarkan dua bahan lunak utama.

Bahan lunak utama dalam pembuatan kerajinan bahan lunak yang dimaksud adalah bahan lunak alami dan bahan lunak buatan.

Bahan lunak alami adalah bahan lunak yang sumbernya dari alam yang kemudian di olah menjadi suatu produk kerajinan alami.

Dalam proses pembuatan kerajinan dengan bahan lunak alami ini tidak menggunakan bahan campuran lain seperti bahan kimia dan pengerjaannya juga dilakukan secara alami.

Misalnya kerajinan bahan lunak alami yang paling populer salah satunya adalah kerajinan keramik yang terbuat dari tanah liat yang di olah hingga sedemikian rupa lalu di bentuk menjadi sebuah kerajinan seperti guci atau piring atau cangkir dengan menggunakan tangan.

Sedangkan bahan lunak lunak buatan adalah bahan lunak yang sengaja dibuat lunak agar mudah dibentuk dan bersumber dari bahan buatan.

Contoh kerajinan bahan lunak buatan diantaranya adalah bubur kertas yang menggunakan kertas yang di olah menjadi bubur kertas kemudian di campur dengan zat kimia agar saat terbentuk akan mudah mengering dan mengeras.

Seperti bingkai foto dari bubur kertas, vas bunga dari bubur kertas, dan lainnya. Kenapa disebut bahan lunak buatan itu karena kertas bukan bersumber dari alam melainkan limbah kota yang dimanfaatkan kembali untuk diolah.

Contoh bahan lunak dalam pembuatan kerajinan lainnya diantaranya adalah sebagai berikut.

a. Bahan lunak kerajinan dari serat alam (alami). 

Bahan lunak dalam membuat kerajinan ini biasanya diambil dari serat tumbuhan yang di olah menjadi kerajinan seperti anyaman tikar, keranjang, vas bunga dan lainnya.

b. Bahan lunak kerajinan dari tanah liat (alami).

Seperti telah dijelaskan diatas bahwa tanah liat merupakan bahan lunak alami yang merupakan salah satu dari beberapa bahan lunak yang paling populer untuk dijadikan kerajinan.

Contoh kerajinan dari bahan lunak tanah liat ini seperti piring, cangkir, guci, keramik, bata, dan lainnya yang mengedepankan nilai fungsi dan nilai estetik dan bukan sekedar pajangan.

c. Bahan lunak kerajinan dari getah nyatu (alami).

Bahan lunak kerajinan dari getah nyatu biasanya banyak kita temukan di wilayah kalimantan sebagai sumber terbesar prduksi getah nyatu.

Kerajinan yang dapat di buat dengan getah nyatu ini diantaranya adalah miniatur manusia, kapal laut, rumah adat dan lainnnya. Kerajinan ini banyak di jumpai di kalimantan tengah terutama pada wilayah suku dayak di kabupaten Kapuas.

d. Bahan lunak kerajinan dari sabun (buatan).

Sabun, selain dimanfaat sebagai alat pembersih juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan lunak utama dalam pembuatan kerajinan.

Contohnya bunga mawar dari sabun, figur dari sabun, dan masih banyak lainnnya. Bahan lunak sabun selain mudah di dapatkan juga mudah dibentuk meski sabun terbuat dari bahan kimiawi.

e. Bahan lunak kerajinan dari fiberglass (buatan).

Contoh bahan-bahan lunak dalam pembuatan kerajinan

Fiberglass merupakan bahan lunak yang berwujud cair dan kental yang jika mengeras maka akan dapat membentuk seperti pada wadah yang di tempatinya.

Fiberglass tidak hanya bisa digunakan untuk bahan utama kerajinan melainkan di masa sekarang ini, fiberglass sudah menjadi bahan utama untuk membuat perahu fiber yang lebih ringan dan awet bagi para nelayan.

Contoh kerajinan fiberglass diantarnya adalah gantungan kunci, stik pancing, box delivery, dan masih banyak lagi. Bahan ini bisa dibilang cukup mahal dan berbahaya jika salah digunakan.

f. Bahan lunak kerajinan dari polymer clay (buatan).

Polymer calay merupakan bahan lunak untuk pembuatan kerajinan yang menyerupai tanah liat (tanah liat buatan) dan sangat mudah dibentuk menjadi berbagai macam jenis kerajinan.

Kerajinan yang paling populer dengan bahan lunak polymer clay ini adalah miniatur wajah, patung, dan masih banyak yang lainnya.

g. Bahan lunak kerajinan dari gips (buatan).

Bahan lunak gips atau sering disebut gipsun ini berwujud serbuk yang bisa di olah menjadi beberapa kerajinan tangan yang menarik dan memiliki nilai estetik.

Contohnya seperti patung penghias taman, balpon rumah, vas bunga, bingkai foto dan masih banyak yang lainnya.

Nah.. itulah beberapa dari contoh bahan - bahan lunak yang di gunakan dalam pembuatan kerajinan yang sempat kami sampaikan dalam web ilmucerdasku ini.

Semoga artikel singkat bahan lunak pembuatan kerajinan ini dapat memberi manfaat dan referensi yang berguna bagi kita semua sekian dan terimakasih.