Seni Rupa Dua Dimensi – Pengertian, Tujuan dan Proses Kreatif

Salam sahabat pendidikan sekalian dimanapun berada, berikut ini kita akan mencoba untuk mengurai tentang pengertian, tujuan dan proses kreatif seni rupa dua dimensi dengan harapan dapat membantu anda mencari jawaban atas petanyaan anda.

Agar jawaban anda dapat ditemukan, biasakanlah untuk membaca terlebih dahulu uraian singkat dibawah ini dan berikut uraiannya.

1. Pengertian Seni Rupa Dua Dimensi


Seni rupa dua dimensi adalah hasil karya seni rupa yang memiliki dua dimensi yaitu dimensi panjang dan dimensi lebar.

Bidang datar dan bidang lebar oleh perupa digunakan untuk membuat lukisan, gambar, desain, dan karya – karya grafis yang hanya dapat di lihat dan dinikmati dari satu arah saja yaitu pada arah depan (Berhadapan).

Sedangkan untuk memberikan kesan jauh dekat, besar kecil, atau panjang pendek, perupa membuatnya dengan pertimbangan perspektif.

2. Tujuan Seni Rupa Dua Dimensi


Adapun tujuan dari seni rupa dua dimensi adalah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan benda dengan nilai keindahan dan fungsional, seperti pada karya tekstil batik.

Seni Rupa Dua Dimensi – Pengertian, Tujuan dan Proses Kreatif
Seni Rupa Dua Dimensi Batik


3. Proses Kreatif Seni Rupa Dua Dimensi


Tentunya, untuk memahami kebutuhan tersebut, Contohnya pada karya seni rupa fungsional BATIK, seorang pendisain harus mengikuti tahapan atau proses kreatif yang terdiri dari beberapa hal berikut ini.

a. Tahapan Persiapan Seni Rupa Dua Dimensi

  • Ide atau gagasan tentang objek yang akan di buat.
  • Pengamatan terhadap objek gambar (mengamati).
  • Sketsa ( membuat sketsa gambar objek yang telah di amati).
  • Bahan ( bahan yang digunakan untuk proses pembuatan ).
  • Teknik ( teknik menggambar dan pewarnaan yang digunakan dalam membuat objek gambar).


Atas dasar  tahapan tersebut diatas, kitga dapat mengembangkan imajinasi kita untuk menafsirkan pada makna dari suatu batik yang selanjudnya kita dapat menerka motif baru apa yang hendak dibuat dengan cara memodifikasi (memindahkan, membalik, memiringkan, mengubah ukuran, memutar, menghapus, menggabung, memecah, mendistorsi).

Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan desain yang lebih artistik, estetis dan lebih fungsional. Lebih bernilai artistik, artinya lebih menonjolkan kadar seninya, lebih estetis artinya lebih indah dari motif sebelumnya, dan lebih fungsional, artinya motif atua corak dalam pemanfaatannya ditengah masyarakat lebih terkonsep, seperti motif yang digunakan untuk pakaian formal, pakaian santai, pakaian malam, dan lainnya.


b. Tahapan Elaborasi Seni Rupa Dua Dimensi.

Elaborasi seni rupa dua dimensi dilakukan pada saat kita menghadapi kesulitan, yaitu mengomunikasikan dan mentransformasikan pengalaman yang implisif kedalam bentuk yang eksplisif.

Maka dari itu, dibutuhkan keterampilan ekstra untuk memvisualisasikan unsur – unsur subjektif gagasan suatu desain menjadi bentuk objektif karya desain yang diciptakan. Selanjudnya, berdasarkan sketsa awal pada tahapan persiapan, kita kembangkan dengan membuat sketsa alternatif sebagai karya eksplorasi.

Seni Rupa Dua Dimensi – Pengertian, Tujuan dan Proses Kreatif
Pengertian, Tujuan dan Proses Kreatif Seni Rupa Dua Dimensi 


c. Tahapan Iluminasi Seni Rupa Dua Dimensi.

Iluminasi merupakan tahapan ketika kita menemukan inspirasi baru dari aktivitas kedua ditahapan sebelumnya. Hal ini merupakan perpaduan dari kekuatan intelektual, intuisi, serta kepekaan batin dalam membuat desain batik motif baru.

Proses kreasi memodifisi dapat muncul secara  tiba – tiba yang memberikan pencerahan atau pemahaman atau pengertian atas suatu desain batik yang dibuat. Kemudian, dipilihlah satu sketsa yang terbaik.


d. Tahapan Verifikasi Seni Rupa Dua Dimensi.

Tahapan verifikasi yakni pengujian proses pembelajaran ide desain menjadi karya desain secara terperinci. Kita bekerja bedasarkan pada rujukan para pakar, petikan teks dari para ahli yang kita baca, atau referensi motif batik yang kita amati.

Selanjudnya, kita menguji dan meninjau apakah penciptaan desain dengan memodifikasi motif tertentu itu sangat memuaskan atau sebaliknya. Inilah kriteria yang menunjukkan apakah kita berhasil atau kurang berhasil sebagai seorang pendisain yang hebat.

Nah.. itulah uraian singkat tentang pengertian, fungsi dan proses kratif karya seni rupa dua dimensi tersebut diatas, semoga dapat memberi manfaat dan terimakasih.
Sumber: Seni Budaya-Kemdikbud-RI.2018.

Belum ada Komentar untuk "Seni Rupa Dua Dimensi – Pengertian, Tujuan dan Proses Kreatif"

Posting Komentar

Mohon Saran dan Masukan yang Relefan untuk Blog ini pada kolom komentar. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel