Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kritik Seni: Apa yang Dimaksud Dengan Kritik Seni Jelaskan

Apa yang dimaksud dengan Kritik Seni.

Kritik Seni pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan apresiasi seni, baik itu seni rupa dua dimensi atau tiga dimensi, seni musik, seni tari, seni drama, teater dan lainnya.

Perbedaannya hanyalah terletak pada focus dari kritik seni yang bertujuan untuk menunjukkan kelebihan dan kekurangan sebuah karya seni.

Kritik Seni: Apa yang Dimaksud Dengan Kritik Seni
Kritik Seni: Apa yang Dimaksud Dengan Kritik Seni

Yang dimaksud Kritik Seni.

Kritik merupakan kegiatan atau aktifitas mengomentari atau menanggapi, maka berdasarkan penjelasan singkat diatas bisa disimpulkan bahwa,

kritik seni adalah kegiatan atau aktifitas menanggapi, mengomentari atau aktifitas menilai sebuah karya seni baik dari segi kelebihan dan juga kekurangan dari sebuah karya seni.

Kritik terhadap kelebihan dan kekurangan pada sebuah karya seni ini kemudian dipergunakan sebagai bahan untuk memperlihatkan kualitas dari sebuah karya seni.

Para ahli atau seniman pada umumnya beranggapan bahwa kegiatan kritik dimulai dari kebutuhan untuk memahami (apresiasi).

Lalu kemudian menuju pada kebutuhan untuk memperoleh kesenangan dari aktifitas memperbincangkan berbagai hal yang berkaitan dengan karya seni tersebut.

Manfaat Kritik Seni.

Sebuah karya seni yang di kritik memiliki manfaat untuk meningkatkan kualitas karya seni dari pemahaman dan apresiasi penikmat terhadap sebuah karya seni.

Tidak hanya itu manfaat lainnya adalah kritik tersebut juga bisa dimanfaatkan oleh senimannya untuk lebih meningkatkan kualitas proses dan hasil berkarya seninya.

Secara ekonomis, kritik/tanggapan atau komentar yang diutarakan oleh seorang kritikus ternama bahkan bisa mempengaruhi nilai jual dari sebuah karya seni itu sendiri.

Berbagai Jenis Kritik Seni Ada Disini.

Penutup.

Berbagai macam karya seni yang hadir disekitar kita bisa kita kritik, kritik pada dasarnya memiliki tujuan untuk membangun sebuah nilai seni.

Kritik seni juga merupakan hasil dari pengamatan seorang kritikus yang tidak selamanya bernilai negatif.

Jadi sebaik - baik kritik adalah kritik yang bernilai apresiasi dengan tujuan untuk memperluas ide/ gagasan, tema, unsur, dan lainnya dalam berkarya seni. Terimakasih.