Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebutkan 13 tahapan penyelenggaraan pameran seni rupa

Tahap penyelenggaraan pameran. pembelajaranmu.com. Suatu pagelaran atau pameran yang diselenggarakan merupakan puncak dari seluruh aktifitas seni rupa pameran yang dilakukan.

Maka dari itu, dalam prosesnya diperlukan perhatian yang penuh untuk bisa menyelenggaraan pameran secara baik dan benar.

Dikatakan demikian sebab keberhasilan suatu pameran sangat ditentukan oleh kerja sama dari para pelaksana serta dukungan dari berbagai pihak lainnya.

Suatu penyelenggaraan pameran seni rupa baru dapat dikatakan berhasil jika pameran tersebut terlaksana sesuai dengan perencanaannya dan setiap masalah yang dihadapi pada prosesnya mampu dihadapi dan diselesaikan.

Sebutkan 13 tahapan penyelenggaraan pameran seni rupa

Untuk bisa mencapai keberhasilan penyelenggaraan pameran tersebut, maka dibutuhkan panitia kerja yang bertanggung jawab untuk bergerak bersama - sama sesuai dengan tupoksi masing - masing.

Hal ini dilakukan agar semua dapat bekerja tanpa harus saling berharap satu sama lain dan berikut beberapa tahapan - tahapan penyelenggaraan pameran yang perlu diketahui diantaranya adalah sebagai berikut.

Pengertian, Tujuan, Manfaat, Jenis dan Fungsi Pameran Seni Rupa.Klik.Disini.

A. Tahap Persiapan Penyelenggaraan Pameran Seni Rupa.

Tahap persiapan yaitu melakukan langkah - langkah pengorganisasian tim kerja untuk proses penyelenggaraan pameran diantaranya adalah;

1. Pembentukan Panitia Pelaksana Pameran.

Dalam kepanitiaan terdiri dari beberapa bagian dan tugas masing - masing yang harus dipertanggung jawabkan misalnya sebagai berikut.

  • Ketua panitia,
  • Sekretaris, 
  • Bendahara,

Dan seksi - seksi kegiatan seperti;

  • Seksi dana,
  • Seksi tempat,
  • Seksi perlengkapan,
  • Seksi pameran, 
  • Seksi publikasi,
  • Seksi dokumentasi,
  • Seksi acara,
  • Seksi konsumsi dan 
  • Seksi kemanan.

Evaluasi Penyelenggaraan Pameran Seni Rupa.Klik.Disini.

Dengan tugas masing - masing diantaranya adalah sebagai berikut;

- Ketua panitia, bertugas sebagai penanggung jawab seluruh kegiatan pameran dan mengkoordinasikan tugas dari masing - masing seksi.

- Sekretaris, bertanggung jawab terhadap administrasi atau surat - menyurat untuk setiap agenda yang terdapat dalam kegiatan pameran, seperti surat izin kepolisian, dan izin lainnya.

- Bendahara pameran, beranggung jawab terhadap segala masalah yang berhubungan dengan keuangan kegiatan pameran.

- Seksi dana, bertanggung jawab terhadap pengumpulan dana, pencarian donatur dan sponsur kegiatan pameran.

- Seksi tempat dan perlangkapan, bertanggung jawab memilih dan menetukan tempat serta mengurus segala keperluan perlengkapan pameran.

- Seksi pameran, bertanggung jawab mempersiapkan karya - karya yang akan dipamerkan, merencanakan dan menata ruang pameran.

- Seksi publikasi dan dokumentasi, bertanggung jawab terhadap penyampaian informasi kegiatan pameran kepada khalayak umum dan dokumentasi (terutama dokumentasi visual) berbagai bagian kegiatan untuk pelaporan.

- Seksi konsumsi, bertanggung jawab terhadap segala bentuk kebutuhan makan dan minum mulai dari tahapan persiapan, pelaksanaan kegiatan, hingga selesainya acara pameran.

- Seksi keamanan, bertanggung jawab terhadap ketertiban sirkulasi pengunjung termasuk mengamankan karya - karya yang dipamerkan.

2. Mengadakan rapat perencanaan pameran tahap 1 dan penugasan masing - masing seksi kegaitan sesuai dengan tugas masing - masing.

3. Rapat perencanaan tahap 2, membicarakan teknis pelaksanaan kegiatan pameran  dan mengajukan platfon dana yang akan digunakan oleh masing - masing seksi.

4. Pengumpulan dan pengadaan dana kegiatan pameran.

5. Rapat pemantapan untuk melaksanakan kegiatan pameran.

6. Mengadakan publikasi melalui brosur yang disebar, radio, koran dan lainnya sesuai dengan keadaan dan sarana publikasi yang ada.

7. Mengedarkan undangan kepada orang - orang yang diharapkan datang untuk menghadiri acara pembukaan pameran.

8. Pengadaan kelengkapan pameran, seperti buku tamu, meja dan kursi, stan likisan (easel) atau skatsel untuk karya dua dimensi, pustet untuk karya tiga dimensi, alat pengeras suara untuk acara pembukaan dan sebagainya.

Mempersiapkan karya - karya yang akan dipamerkan, akan jauh lebih baik jika kondisinya sudah siap dipajang.

Hal yang perlu di lakukan misalnya karya dua dimensi sebaiknya telah dibingkai (frame), dan untuk karya tiga dimensi sebaiknya disiapkan pustek (penyangga).

9. Satu hari sebelum penyelenggaraan pameran atau pagelaran seni rupa dimulai, seksi pameran sudah menata ruang pamer dengan acuan yang berdasarkan pada denah tata ruang yang juga sudah disipkan sebelum melakukan penataan ruangan pameran.

Dalam penyelenggaraan pameran, sebaiknya sedapat mungkin bisa terlihat asri, nyaman, bersih dan jika perlu juga bisa diberikan elemen lain sebagai pendukung seperti kursi, vas bunga, lampu baca dan lampu sorot dan alat pendukung pameran lainnya.

tahapan penyelenggaraan pameran seni rupa

B. Pelaksanaan Pameran Seni Rupa.

dalam hal pelaksanaan pameran seni rupa terdapat beberapa hal penting yang juga harus kita lakukan diantaranya adalah;

Manfaat, Tujuan, dan fungsi Pameran Seni Rupa.Klik.Disini.

10. Acara pembukaan, dalam acara ini dihadiri oleh para tamu undangan yang diundang secara khusus, yang kemudian dimanfaatkan untuk melaporkan kegiatan pameran tersebut.

Adapun hal - hal yang disampaikan seperti menyampaikan jumlah karya dan jenis karya yang dipamerkan, pihak - pihak sponsor yang terlibat dalam pameran, pemecahan masalah yang dihadapi dan ucapan terimakasih kepada segenap pihak yang mendukung kegiatan pameran tersebut.

11. Menyiapkan buku tamu dan buku kesan - pesan untuk para pengunjung yang datang dalam penyelenggaraan pameran seni rupa tersebut.

12. Ada yang bertugas menjaga stan secara bergiliran untuk memandu pengunjung yang datang.

13. Melaksanakan sarasehan untuk menilai pelaksanaan pameran diakhir kegiatan, pelaksanaan pameran dinilai bersama untuk kemudian dijadikan rekomendasi untuk berbagia pihak terutama panitia pelaksana.

Akan jauh lebih baik jika melibatkan narasumber untuk mengupas kegiatan pameran yang telah atau sudah dilaksanakan.

Nah.. itulah beberapa  uraian singkat tentang tahapan penyelenggaraan pameran seni rupa yang sempat kami sampaikan, semoga bermanfaat untuk anda sekalian dan terimakasih.