Pilihan Cerdas Untuk Belajar

Pengertian Pameran Tujuan Manfaat dan Fungsi Pameran Seni Rupa

 Apa yang dimaksud dengan Pameran ?

Pengertian Pameran Tujuan Manfaat dan Fungsi Pameran Seni Rupa

Pameran adalah suatu kegiatan yang dilaksanakan atau dilakukan untuk menyampaikan ide atau gagasan perupa kepada publik melalui karya seninya. dengan kegiatgan tersebut maka diharapkan akan terjadi komunikasi antara perupa yang diwakili oleh karya seninya dengan para apresiator.

hal tersebut sejalan dengan  defenisi seni rupa yang diberikan oleh Galeri Nasional yang menyatakan bahwa Pameran adalah suatu kegiatan penyajian karya seni rupa untuk dikomunikasikan sehingga dapat diapresiasi leh masayrakat luas. Penyelenggaraan pameran dalam konteks pembelajaran seni budaya bisa dilakukan disekolah maupun diluar sekolah.

Baca juga: Evaluasi Tahapan Penyelenggaraan Pameran

Penelenggaraan pameran di sekolah menyajikan pameran berupa hasil studi siswa dari kegiatan pembelajaran kurikuler maupun kegiatan akstrakurikuler yang biasanya dilakukan setiap akhir semester atau akhir tahun ajaran. Sedangkan konteks pemeran dalam arti luas, dimsyarakat, materi pemeran yang disajikan terdiri dari berbagai jenis karya seni rupa untuk diapresiasi oleh masyarakat luas.

Dari konteks diatas maka dapat kita simpulkan bahwa pengertian dari pameran secara umum, yaitu aktifitas atau kegiatan memamerkan berbagai karya seni rupa pada suatu wadah atau tempat dengan tujuan komunikasi, apresiasi, dan visualisasi karya agar dapat dinilai dan di nikmati oleh khalayak umum dengan tujuan tertentu.

Tujuan tertentu yang dimaksudkan yaitu baik memamerkan karya seni rupa dengan tujuan komersil, sosial, politik, bisnis dan lainnya. Pameran tidak hanya menampilkan karya peripa namun juga setiap karya yang dibuat oleh perupa tentunya memiliki nilai estetis atau keindahan.

Baca juga: Perencanaan Pameran dari Panitia Hingga Penyelenggaraannya

Berkaitan dengan hal tersebut maka tentunya selain dari tujuan - tujuan yang telah disebutkan tadi, terdapat tujuan lain yang tidak bisa lepas dari pameran itu sendiri yaitu tujuan rekreasi atau refresing, sebab dengan adanya pemeran tersebut maka hal tersebut dapat menjadi pengbat rasa penat setelah berhari - hari beraktifitas di kantor, disekolah atau dimana saja sesuai tempat kita bekerja.

Apa tujuan, manfaat dan fungsi dari Pameran ?

Pengertian Pameran Tujuan Manfaat dan Fungsi Pameran Seni Rupa

Seperti telah dijelaskan diatas bahwa pameran tentunya dibuat bukanlah tanpa tujuan. Sebagai mahluk yang memiliki akan, tentunya disetiap aktiftas yang kita lakukan tentu sudah seharusnya memiliki tujuan yang diharapkan serta dipertanggung jawabkan.

Dalam penyelenggaraan Pameran setidaknya dikenal beberpa tujuan, yaitu tujuan ssial dan kemanusiaan, tujuan komersial, dan tujuan yang berkaitan dengan pendidikan serta hiburan. sebuah kegiatan pemeran yang dilakukan atau diselenggarakan dalam ruang lingkup sekolah misalnya ataupun dalam ruang lingkup yang lebih luas dapat diselenggarakan dengan harapan bahwa karya yang dipamerkan dapat terjual dan dana hasil kegiatan tersebut digunakan untuk kegiatan sosial kemanusiaan.

Hal tersebut tentunya merupakan salah satu contoh dari tujuan pameran yakni tujuan sosial, selain itu ada juga yang mengharapkan karya seni rupa yang dipamerkan dapat terjual dengan keuntungan yang lebih besar yang menjadi contoh dari tujuan komersil, selain itu ada pula yang mengharapkan karya seni rupa yang dipamerkannya dapat di nilai, diapresiasi dan ditanggapi oleh pengunjung agar kedepannya siperupa dapat lebih meningkatkan lagi kualitas karya seni rupa yang dibuatnya.

Baca juga: Pengertian Terlengkap Pameran dan Pameran Seni Rupa

lalu bagaimana dengan pameran seni rupa yang diselenggarakan disekolah? Secara umum penyelenggaraan pameran disekolah memiliki tujuan atau manfaat untuk menumbuhkan dan menambah kemampuan peserta didik dalam memberikan apresiasi terhadap karya orang lain serta menambah wawasan dan kemampuan dalam memberikan evaluasi karya secara lebih objektif.

Berkaitan dengan organisasi penyelenggaraannya, penyelenggaraan pameran disekolah bermanfaat untuk melatih kerja kelompok atau tim kerja, menambah pengalaman sosial, melatih untuk bertanggung jawab dan bersikap mandiri serta melatih untuk membuat suatu perencanaan kerja dan melaksanakan apa yang telah direncanakan.

Apa fungsi dari Pameran ?

Secara umum fungsi utama pameran adalah sebagai alat komunikasi antara para perupa (seniman seni rupa) dengan para pengamat seni atau Apresiator. Pada hakehatnya, pameran memiliki fungsi utama untuk membangkitkan apresiasi seni pada masyarakat namun selain dari hal itu, pameran juga menjadi media atau wadah untuk berkomunikasi antar sesama seniman perupa dengan para penonton.

Dalam konteks penyelenggaraan pameran di ruang lingkup pendidikan formal, secara khusus pameran berfungsi sebagai wadah untuk meningkatkan apresiasi seni, meningkatkan motivasi berkarya seni, penawar akan kejenuhan dari aktifitas belajar di kelas, berkarya visual dengan karya seni dan belajar berorganisasi.

Sampai disini mungkin teman - teman semua sudah bisa merangkum beberapa kesimpulan yang bisa menjadi jawaban atas pertanyaan anda, termasuk salah satunya tentang apa fungsi dari pameran itu sendiri. 

Lalu apa manfaat dari pameran ?

Dalam lingkup dunia pendidikan, pameran memiliki manfaat sebagai pengenalan kepada masyarakat sekitar dan di lingkungan sekolah itu sendiri tentang hasil karya atau kreasi karya seni rupa itu sendiri. Melalui kegiatan maka akan dapat terjadi silaturrahmi dengan para pengunjung baik itu dari kalangan peserta didik itu sendiri atau dari masyarkat sekitar atau dari sekolah lain yang datang ketempat atau pameran tersebut.

Tanggapan dari para pengunjung pemaran yang ada kemudian dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk lebih meningkatkan lagi mutu sajian pameran teresbut. Pernakah kita mengunjungi pameran seni rupa? jika belum, maka perlu dikatahui berasama bahwa pameran karya seni rupa sudah di sekitar kalian tanpa disadari.

Coba kita amati bersama lingkungan sekitar kita, aktifitas menata ruang, menggantung foto atau lukisan di dingding ruang tamu, di kamar tidur pada dasarnya sudah merupakan aktifitas atau kegiatan memamerkan karya seni rupa. Segala bentuk hiasan baik lukisan, foster dan benda hiasan lainnya  yang di gantung didinding, di letakkan dimeja atau ditempat lainnya sudah merupakan aktiftas seni rupa.

Nah saya rasa cukup sekian dari kami semoga uraian singkat diatas dapat bermanfaat untuk anda, selamat belajar dan terimakasih.

Pengertian Pameran Tujuan Manfaat dan Fungsi Pameran Seni Rupa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: AkbarPagala

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Saran dan Masukan yang Relefan untuk Blog ini pada kolom komentar. Terimakasih