Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Motivasi Usaha Terbaik Agar Sukses Meraih Impian

Motivasi Usaha Terbaik. Kita adalah realita di masa kini.. sejarah di masa lalu.. dan masa depan.. kita bukanlah siapa – siapa tanpa mimpi – mimpi.(Ramdhan,2010).

Masa depan hanyalah milik orang – orang yang percaya akan keindahan mimpi – mimpi mereka. If you can dream it, you can do it.(Walt Disney).

2 ungkapan motivasi diatas merupakan ungkapan dari para pemimpi yang memotivasi dirinya melalui sebuah impian.

Berkaitan dengan hal tersebut diatas, dalam bidang usaha memang sudah seharusnya kita memiliki mimpi atau impian yang besar untuk mencapai sebuah kesuksesan.

Motivasi Usaha Terbaik Agar Sukses Meraih Impian

Motivasi Untuk Meraih Impian.

Apa itu impian ? impian adalah ambisi yang muncul dari dalam diri yang menjadi motor penggerak untuk melangkah maju.

Impian merupakan hasrat yang menggerakkan manusia untuk mewujudkannya. Dunia ini tumbuh dengan peradaban yang lebih tinggi dan teknlogi yang lebih canggih itu semua berkat impian orang – orang besar dan meraka itu adalah para pemimpi.

Orang – orang yang tidak memiliki impian ibarat orang yang bekendara namun tanpa arah dan tujuan sehingga kehidupan yang dijalaninya sangat tidak efektif.

Baca juga: 12+ Pertanyaan Seputar Membuka Usaha

Orang yang tidak memiliki impian, memiliki hasrat dan mimpi yang mudah memudar, sehingga orang tersebut sangat mudah mengubah impiannya menjadi sangat sederhana.

Padahal impian yang besar merupakan sumber kekuatan yang besar pula. Orang – orang yang sukses mencatatkan nama didalam sejarah, rata – rata dari meraka memiliki ciri khas yaitu selalu mampu memperbarui impian mereka.


1. Impian Adalah Sumber dari Motovasi.

Impian akan mempengaruhi alam bawah sadar manusia dan bahkan impian dapat menjamin suatu keberhasilan, sebab impian tersebut senantiasa menjadi motivasi hingga tujuan tercapai.

Dorongan motivasi tersebut yang mendorong tubuh dan jiwa dalam mengatur strategi yang harus di tempuh, misalnya bagaimana mencari informasi dan menjalin komunikasi maupun bekerjasama dengan orang lain.

Sebagai contoh, “Nelson Mandela” sebelum menjadi Presiden Afrika Selatan, ia harus berjuang untuk sebuah impian negara Afrika selatan yang berdaulat.

Untuk itu beliau harus menghadapi tantangan yang amat berat. Impian selalu memotovasi Nelson Madela untuk tetap berjuang, meski harus rela berada dibalik jeruji besi dalam waktu yang lama.

Impian adalah sumber semangat yang besar bagi Nelson Mandela, hingga Afrika Selatan akhirnya benar – nenar menjadi negara yang merdeka.

Baca juga: 13+ Rahasian Buka Usaha Sendiri Hingga Sukses.

Pada kenyataannya, setiap manusia sebenarnya bisa memperbarui nilai dan jati diri melalui impian tersebut, sehingga seseorang tidak perlu takut untuk bermimpi tentang hal – hal yang besar, sebab impian tersebut dapat merangsang hasrat yang kuat untuk meraih impian.

Selain itu, mimpi juga bisa berperan sebagai sumber motivasi, yang menimbulkan ambisi dan optimisme, sehingga dapat melampaui semua rintangan serta kesulitan yang dilalui.


2. Impian Merupakan Energi Untuk Berprestasi.

Impian membuat manusia penuh dengan semangat dalam bekerja. Impian itu sendiri sebenarnya merupakan sumber energi untuk menghadapai tantangan yang tidak mudah.

Menurut ‘Anais Nin’ beliau mengatakan bahwa ” hidup ini mengerut atau berkembang sesuai dengan keteguhan hati seseorang”.

Ada 4 tips sederhana dalam menjadikan impian sebagia sumber energi yang diberi singkatan dengan PLUS, yaitu Percaya, Loyalitas, Ulet, dan Sikap mental positif.

  • Percaya menjadikan seseorang untuk pantang menyerah, meskipun mungkin orang lain memberi kritik aau bahkan menghalangi.

    Kepercayaan tersebut juga membentuk kesadaran bahwa manusia diciptakan di dunia ini sebagai pemenang.
  • Tips yang kedua adalah Loyalitas atau focus untuk merealisasikan impian. Untuk mendatangkan motivasi diri yang sangat besar, maka tentukan target apa saja yang ingin dicapai dan jangan lupa target waktu.
  • Tips selanjudnya yaitu Ulet. Sebuah impian dapat menjadikan seseorang bekerja lebih baik, lebih lama dan lebih keras. 

Baca juga: 15+ Cara Mendapatkan Tambahan Penghasilan.

  • Terakhir adalah sikap positif. Seseorang yang mempunyai impian dapat menyadari bahwa suatu keberhasilan sangat memerlukan pengorbanan, kerja keras, komitmen, pengorbanan waktu serta dukungan dari orang lain.

Terus bersemangat mengembangkan kemampuan tanpa henti untuk mencapai kemajuan tanpa batas dan menjadikan impian sebagai nafas kehidupan sebagai dorongan yang besar untuk sukses.

Motivasi Usaha Terbaik Agar Sukses Meraih Impian

3. Impian Membuat Kehidupan Mudah Dijalani.

Impian dapat membuat seseorang menjadi lebih kuat dalam menghadapi berbagai rintangan, sebab impian dapat menimbulkan kemauan keras untuk merealisasikannya.

Para pencipta puisi belanda ‘ Dutch Poet’s Society ’ mengemukakan bahwa “ tidak susuatu yang sulit selama masih ada kemauan. Kunci kebahagiaan adalah memiliki impian. Sedangkan kunci kesuksesan itu sendiri adalah mewujudkan impian “.

Sedangkan ‘ George Lucas ‘ Menyatakan bahwa “ Impian sangatlah penting. Kau tidak akan dapat melakukan apa-  apa sebelum kita membayangkannya”.

Kesimpulannya adalah jangan pernah kita takut untuk bermimpi atau mengimpikan sesuatu. Jadikan impian tersebut sebagai nafas hidup, sebab impian yang kuat justru menjadikan perjuangan yang berat sebagai latihan untuk mengoptimalkan kekuatan yang lainnya seperti emosi, fisik dan rohani.

Baca juga: 4+ Ide Usaha Kreatif sebagai Modal Awal.

4. Motivasi dengan Konsep Be – Do – Have.

Be Do Have merupakan konsep yang ada didalam buku ‘ one minute millionaire oleh Mark Victor dan Robert G. Allen ‘.

Uniknya, konsep uni tidak diawali dengan kerja (do) menuju milyarder, tetapi dimulai dari (be). Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu pikirkan apa yang anda inginkan dan ingin menjadi apa.

Hal ini sejalan dengan konsep dasar manajemen, yaitu “ think what u do and do what u think “. Setelah anda mengetahuinya, maka lakukan-lah (do) yang diperlukan untuk menuju (be) - ( menjadi apa yang anda inginkan ).

Posisi ‘be’ sebagai awal, anda akan mampu menjadikan tindakan anda lebih efektif, terlahirlah tindakan efektif jika anda sudah berfikir bahwa anda sudah menjadi apa yang anda inginkan maka tindakan akan mengikutinya.

Ketika anda bertanggung jawab penuh atas keputusan yang anda buat maka ‘have’ adalah efek samping dari tindakan efektif anda yang sangat mungkin untuk didapatkan.

Contoh: Ketika seseorang menginginkan untuk menjadi seorang programer, maka lakukanlah tindakan yang mendukung anda untuk menjadi seorang programer dengan cara membeli alat – alat yang menjadi pendukung anda dalam bekerja.

Selain itu temui para programer lainnya dan diskusikanlah dengan para mentor atau pembimbing jika anda mengalami kesulitan dalam bekerja.

Baca juga: 5+ Keuntungan Besar Bisnis Online.

Lakukan dengan teguh dan pantang mengeluh, maka anda akan mendapatkan hasil yang luar biasa berupa pengakuan dan tergantikannya harga yang telah dibayar berupa kerja keras, biaya dan himpitan pada masa sebelumnya.

Arti dari Be Do Have, juga menunjukkan sikap perspektif jangka panjang yang berarti seseorang yang sukses dalam berencana dan bertindak selalu memiliki perspektif jangak panjang.

Berfikir jauh kemasa depan bukan berarti takut dengan masa depan, melainkan lebih condong kepada makna mempersiapkan masa depan.

Segala bentuk keputusan, rencana, dna tindakan akan dipertimbangkan bagaimana damoaknya dikemudian hari. 

Apakah keputusan tersebut akan berdampak positif dimasa depan? Apakah rencana itu mendukung visi anda? Dan apakah tindakan anda akan memengaruhi masa depan anda.

Satu – satunya cara untuk membentuk prespektif jangka panjang ini yaitu dengan cara merumuskan visi dimasa sekarang ini.

Jangan abaikan, jangan takut gagal sebab lebih baik anda gagal meraih visi yang luar biasa daripada berhasil tidak meraih apapun.

Penutup.

Semoga artikel motivasi singkat ini bermanfaat untuk anda sekalian, tetap semangat dalam mengejar impian anda sebab imipian yang dimimpikan akan senantiasa membawa anda menjadi apa yang seharusnya anda jalani dengan sabar dan tekun. Terimakasih.