13 Rahasia Buka Usaha Sendiri Hingga Sukses

Sudah banyak orang yang menginginkan untuk berhenti menjadi karyawan dan ingin memulai usaha sendiri dengan mandiri. Namun masih banyak pula diantara mereka yang punya banyak modal tapi tak tau mau di apakan, ada yang siap modal tapi belum punya perencanaan, dan ada pula yang hanya punya bekas gagasan semata.

Rahasia Sukses Buka Usaha Sendiri

13 Rahasia Buka Usaha Sendiri Hingga Sukses

Terdapat banyak usahawan yang berhasil sebab memiliki kelihaian dalam memulai dan memperluas usahanya. oleh karena itu, bagi anda yang masih bingung dengan bagaimana cara membuka atau mengawali usaha anda, berikut ini beberapa rahasian jita buka usaha yang mungkin dapat anda jadikan sebagia langkah awal. Berikut penjelasannya;

1.  Tawarkan Keunikan.

Seorang wirausahawan yang sukses tentunya juga harus dibarengi dengan sikap kreatif dan inovatif dan orang yang memiliki karater ini tentu sudah mempunyai banyak hal baru yang sudah berhasil dikreasikan. Usaha baru banyak bermunculan dimulai dari penemuan yang baru pula seperti produk baru, teknologi baru, sistem baru, atau program baru, dan untuk segala hal yang baru yang anda temukan jangan lupa untuk dipatenkan dan dijual. Penemuan baru jika memiliki kekhasan dan keunikan tersendiri serta berbeda dari yang lainnya yang sudah ada maka itu adalah peluang besar untuk dapat menembus pasar.

2. Pertimbangkan kebutuhan konsumen anda.

Cara ini merupakan cara yang paling umum dan paling awal prosesnya sebelum kita mulai buka usaha sendiri. coba amati atau perhatikan lingkungan sekitar anda sebelum anda mencoba untuk membuka usaha sendiri, baik itu lingkungan sekolah, kantor, rumahan, atau lingkungan lainnya.

Setelah anda tahu dan merasa yakin tentang usaha apa yang cocok untuk anda buka di rumah, dikantor, disekolah, di jalanan, dan lainnya, selanjudnya anda dapat menargetkan harga sesuai dengan kualitas produk anda dan juga daya beli masyarakat disekitar anda. Jangan paksakan harga atau barang dengan bernilai tinggi pada lingkungan yang penghidupannya berada pada level menengah kebawah sebab itu hanya akan merugikan anda.

3. Ikuti usaha orang lain.

Jika anda merasa kurang kreatif dan juga inovatif dalam berusaha membuka usaha anda sendiri, jangan putus asa. Cobalah untuk mencari ide dari usaha-usaha lain yang berada disekitar anda dan telah berhasil atau sukses. Anda hanya harus pintar-pintar melihat peluang yang ada didepan mata anda, melihat seberapa besar potensi untuk sukses dengan usaha tersebut, dan juga tentunya  harus berani berkorban dan ambil resiko.

Contoh sederhananya, jika di lingkungan anda atau tidak jauh dari lingkungan ada terdapat orang yang buka usaha warung makan sendiri, seperti bakso, nasi gorang, ayam kentaki, nasi uduk, nasi campur dan lain sebagainya, anda hanya perlu membuka usaha yang sama dengan cara melihat usaha mana yang paling laris, dan jangan lupa untuk membuat nilai tambah didalamnya agar nampak lebih menarik dan berbeda.

4. Jual Nilai tambah.

Sama seperti poin ke tiga diatas, sentuhan kreatifitas sangat diperlukan untuk mejadi pesaing didalam berbagia macam usaha yang akan dibuka dan oleh siapapun. Contoh, jika anda hendak membuka usaha nasi gorang sendiri, cobalah mengkaleborasikan usaha tersebut dengan jenis usaha lain dalam satu tempat yang sama.

Misalnya, tidak jauh dari rumah anda terdapat usaha warung bakso, maka cobalah untuk membuka warung bakso plus nasi goreng, atau ayam kentaki dan lainnya sesuai dengan modal usaha yang anda miliki. Memang membutuhkan pengorbanan namun resiko yang anda pilih akan sebanding dengan hasil yang akan anda dapatkan jika anda sukses. Intinya buatkan beberapa menu pilhan agar para pengunjung tertarik untuk mencobanya.

5. Manfaatkan keterampilan yang ada.

Cobalha untuk jeli melihat dan mengenali bakat orang, fasilitasi orang-orang tersebut dan jika anda ingin mencari orang - orang keratif dan inovatif seperti itu anda dapat menemukannya di restoran, pertokoan, tempat kursus, tempat servis, pasar mall dan lainnya. jika anda ingin mencoba membuka usaha warung makan maka ambil 1 atau 2 orang dari restoran tersebut. Berikan dia fasiitas tempat yang bagus, alat yang lengkap, brend khusus, dan sempurnakan dengan pelayanan yang ramah dan disenangi orang.

13 Rahasia Buka Usaha Sendiri Hingga Sukses

6. Jadi Agen.

Cara ini dapat anda manfaatkan dengan membuka kantor biro pelayanan jasa, kantor keagenan atau layanan spesifik. Contohnya menjadi agen pengiriman jasa, agen foto model, pengisi acara, bay sister, dan lainnya. Untuk usaha ini, pastikan bahwa anda memiliki jaringan atau relasi yang kuat atau melakukannya dengan memanfaatkan orang-orang berbakat yang ada disekitar anda.

7. Jual barang bekas.

Dilihat dari potensinya, masih kurang individu atau masyarakat yang meminati usaha ini. Barang bekas dengan nilai yang historis tentunya dapat bernilai tinggi. Anda dapat menjadi pemburu barang antik, seperti barang original yang sudah tidak terpakai lagi dan kemudian menjualnya ditempat lain dengan spesifikasi harga yang spesial.

Banyak diantara ekpatriat, jutawan, milyarder, selebritas yang memiliki selera tinggi seperti pakaian dengan harga mahal, unik, antik, langka, dan lainnya bertebaran di dunia ini termasuk di Indonesia. Dengan demikian stok barang nada tidak akan berkurang.

8. Buka kantoran sesuai potensi anda.

Misalnya anda seorang dokter, baik itu dokter gigi, dokter hewan, dan dokter lainnya, atau anda adalah seorang pengacara, desainer, notaris, atau seorang trainer. Jika anda tidak atau kekurangan tenaga dalam memulai bisnis ini, anda dapat mengajak teman seprofesi lainnya untuk bergabung dan patungan soal modal. Cobalah menjual pengalaman dan keahlian anda.

9. Beli Waralaba.

Jika modal anda besar, namun tak mau ambil pusing soal buka usaha sendiri, cobalah membeli waralaba. Jenis usaha ini merupakan usaha yang relatif memiliki standarisasi, membutuhkan kejelian membaca waralaba yang bagus. Pada masa sekarang ini semakin banyak pilihan waralaba yang sangat membutuhkan modal besar, atau juga yang membutuhkan modal dengan ukuran standar (sedang sedang saja).

10. Beli usaha yang sekarat.

Sudah banyak usaha yang di ujung tanduk namun bukan karena tidak memiliki prospek melainkan karena manajemen yang tidak karuan. Jika anda termasuk orang yang jeli dalam merancang pemetaan prospek kedepannya dan memiliki pengalaman merekayasa ulang suatu usaha, tentunya ini merupakan peluang yang bagus untuk diambil.

Jenis usaha ini dapat anda beli dengan harga yang cukup murah, namun perlu anda ingat baik baik bahwa biaya rekayasa atua poles ulang usaha anda harus tetap berada pada kontrol anda dengan kata lain jangan lampai lepas dari prospek panganggaran yang sudah di tentukan.

11. Beli usaha prosfektif.

Banyak usaha dengan keunikan dan dengan sumber daya manusianya yang lumayan baik. Punya prospek kedepan yang lumayan bagus, namun usaha tersebut tidak memiliki modal yang lebih. Jika dari sis modal anda cukup kuat, maka tips ini dapat anda coba dengan mempertimbangkan kalkulasi bahwa usaha ini dapat jauh lebih berkembang maka anda dapat mebelinya.

12. Buka lokasi baru.

Faktor lokasi juga sangat berpengaruh dan mudah membuat suatu usaha manjadi lebih berkembang. Misalnya terdapat perumahan mewah yang baru dibangun di daerah sekitarmu dan jika perumahan tersebut laris tentunya para penghuninya membutuhkan fasilitas lain selain dari rumah saja.

Nah dengan membuka lokasi usaha baru di tempat mereka maka itu dapat menjadi pilihan utaman. Layani kebutuhan mereka dengan produk dan jasa yang benar-benar mereka butuhkan dan jangan lupa melihat atau menilai lokasi yang paling strategis di perumahan tersebut.

13. Buka usaha bersama.

Terkadang membuka usaha akan jauh lebih bagus dan kedepannya dapat lebih cerah jika dibangun dengan bersama-sama. Contohnya, anda punya keterampilan memasak yang bagus dan anda memiliki teman yang memiliki fasilitas tempat yang tidak terpakai, dan teman anda yang lainnya lihai dalam membangun jaringan atau relasi.

Maka anda dapat membuka usaha warung makan atau restoran yang tentunya dapat menjadi prospek terbaik dengan memanfaatkan masing - masing sari kelebihan yang anda miliki.

Kesimpulannya adalah. jangan terlalu lama berfikir atau memikirkan ide untuk membuka usaha anda sendiri di rumah, di kantoran, di jalan, di perumahan atau dimana saja. Gunakan segera peluang yang ada jika memang anda sudah merasa siap untuk memulainya. Jangan menunda-nunda dan menfaatkan segenap potensi diri yang ada.

Segala sesuatu butuh pengorbanan dan usaha yang keras, maka dari itu, jangan pantang menyerah, berani ambil resiko dan lakukanlah. Demikian penjelasan singkat ini dan jangan lupa baca juga artikel baerikut yang masih berkaitan dengan tema diatas yang mengulas tentang 12+ Pertanyaan Seputar Membuka Usaha Sendiri Agar Cepat Sukses semoga bermanfaat.

0 Response to "13 Rahasia Buka Usaha Sendiri Hingga Sukses "

Post a Comment

Mohon Saran dan Masukan yang Relefan untuk Blog ini pada kolom komentar. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel