Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebutkan dan Jelaskan 6 Aliran Seni Lukis

Dalam sebuah lukisan, terdapat ciri khas, tema, dan teknik yang disebut juga dengan istilah gaya atau aliran. Berdasarkan pengungkapan aliran dan gaya, maka lukisan dapat digolongkan menjadi dua, yaitu gaya representatif dan non representatif.

1. Gaya atau Aliran Representatif.

6 aliran dalam berkarya seni lukis

Aliran Representatif adalah perwujudan gaya seni rupa yang menggunakan atau memanfaatkan keadaan yang nyata pada kehidupan masyarakat dan gaya alam. Contohnya;

- Naturalisme,

- Realisme,

- Romantisme,

- Ekspresionisme,

- Impresionisme,dan

- Surialisme,

a. Aliran Naturalisme Seni Lukis.

Naturalisme adalah aliran seni rupa dengan penggambaran alami atau natural sesuai dengan keadaan alam atau situasi alam nyata sehingga perbandingan perspektif tekstur atu warna serta gelap terang dibuat dengan sediteil mungkin.

Baca juga: Tujuan Berkarya Seni Lukis

Adapun nama - nama pelukis yang memiliki karya lukisan dengan menggunakan aliran naturalisme adalah, Basuki Abdullah, Abdullah Suryobroto, Mas Prngadi, Wakidi, Claude Rubens, dan Constabel.

b. Aliran Realisme.

Realisme yaitu aliran yang memandang dunia ini apa adanya tanpa dan aau mengurangi objek penggambarannya sesuai dengan kenyataan hidup dan adapun para pelukis atau perupa yang beraliran realisme adalah, Trubus Wardoyo, Tarmizi, S.Sudjojono dan Dullah.

c. Aliran Romantik.

Romantik adalah aliran seni rupa yang cenderung lebih pada sifat imajiner dimana aliran ini melukiskan cerita - cerita yang romantik, peristiwa yang dahsyat atau suatu kejadian yang dramatis. Para perupa yang tergabung dalam aliran seni lukis romantik ini adalah, Raden Saleh, Francisco Goya dna Turner.

d. Aliran Ekspresionisme.

Ekspresionisme adalah aliran seni rupa yang penggambarannya sesuai dengan keadaan jiwa perupanya yang bersifat spontan pada saat melihat objek karyanya. Adapun seniman lukis yang bergaya atau beraliran ekspresionisme ini adalah, Vincent Van Gogh dan Affandi.

Baca juga: Unsur - Unsur Visual dalam Seni Lukis

e. Aliran Impresionisme.

Impresinisme adalah aliran seni rupa atau seni lukis yang penggambarannya sesuai dengan kesan saat objek tersebut dilukiskan di atas kanvas para perupa atau pelukis. Adapun pelukis yang beraliran impresionisme adalah Claude Monet, George Seurat, Paul Cesanne, Paul Gauguin dan S. Sudjojono.

f. Aliran Surialisme.

Surialisme adalah aliran seni lukis atau seni rupa yang menggunakan bentuk dan warna seperti dalam mimpi, pelukis mengembangkan daya khayalnya untuk menyampaikan pikiran dan perasaan mereka melalui bentuk dalam karyanya. Adapun perupa atau pelukis yang beraliran surialisme ini adalah, Salvador dali, Ivan Sagita, Agus Kamal, dan Boyke Aditya.

2. Gaya atau Aliran Non Representatif.

Aliran non representatif adalah perwujudan dari aliran seni lukis yang menekankan pada unsur - unsur formal seperti struktur, unsur rupa dan prinsip - prinsip estetika.

Gaya aliran ini berupa susunan garis, bentuk, bidang dan warna yang terbatas dari bentuk alam. Gaya ini memandang bahwa ekspresi jiwa tidak dapat dihubungkan dengan onjek apapun.

Gaya ini menonjolkan bidang yang diisi oleh warna dan dipilah dengan garis - garis tegas.

Baca juga: Jenis alat dan bahan melukis

Adapun Seniman lukis atau perupa yang berkarya dengan aliran non representatif ini adalah Wassily Kandinsky, Yuan Mirro, W. De Kooning, Amri Yahya, Fajar Sidik, But Muchtar dan Sadali.

Sampai disini saya harap kalian sudah bisa menemukan jawaban atas pertanyaan diatas. Sekian dari kami dan terimakasih.