Pilihan Cerdas Untuk Belajar

Pengertian,Fungsi,Prinsip, Jenis dan Karakteristik Kerajinan Tekstil

Salam sahabat pendidikan dimanapun berada. Berikut kami akan mencoba menyajikan uraian singkat tentang kerajinan tekstil baik dari segi fungsi, pengertian, jenis dan karakteristik tekstil yang semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. Untuk jelasnya mari kita simak uraian berikut.

pengertian tekstil, fungsi tekstil, jenis tekstil, prinsip tekstil

1. Pengertian Kerajinan Tekstil.

Kerajinan tekstil adalah kegiatan atau aktifitas dan keterampilan dalam menghasilkan barang atau produk jadi yang bersumber dari bahan serat, benang ataupun kain.

Baca juga: Material, Pewarna dan Aksesoris Kerajinan Tekstil

2. Fungsi dan Prinsip Kerajinan Tekstil.

Tujuan dari produk kerajinan adalah sebagai fungsi penghias, sebagai fungsi pakai, fungsi kelengkapan ritual, dan fungsi simbolik.

Adapun prinsip kerajinan tekstil menurut fungsi hias dan fungsi pakainya, yaitu keunikan bahan kerajinan, keterampilan tangan, unsur estetik dan unsur hiasan.

3. Jenis dan Karakteristik kerajinan Tekstil.

Berdasarkan produksinya, kerajinan tekstil dibedakan menjadi 2 kategori, yaitu kerajinan tekstil modern dan kerajinan tekstil tradisional.

- Kerajinan tekstil modern.

kerajinan tekstil modern merupakan hasil karya dari mesin - mesin modern dengan cara produksi yang jauh lebih cepat dan jumlah yang lebih banyak untuk memenuhi kebutuhan massal dalam lingkungan masyaraka berikut; a. kebutuhan sandang: pakaian, alas tidur, topi, dasi, selimut, bantal dan lainnya.

Baca juga: Alat, Teknik serta Proses Kerajinan Tekstil

b. Kebutuhan dekorasi: teplak meja, gorden, hiasan dan lainnya.

c. kebutuhan penyimpanan: tas, sarung tangan, sarung hp, dan lainnya.

d. Kebutuhan alat: gendongan bayi, tali ikat dan lainnya.

- Kerajinan tekstil tradisional.

Dikarenakan prosesnya yang lambat dan hasilnya yang sedikit, maka kerajinan tekstil tradisinal lebih dikhususkan pada fungsinya sebagai simbol atau lambang, acara adat, keperluan khusus, ataupun simbol prestisi bagi yang menggunakan atau yang memakainya.

Jenis rancangan sebuah kerajinan tekstil dapat diwujudkan dalam kesatuan bahan dan teknik. sebelum menentukan suatu kerajinan haruslah terlebih dahulu diketahui jenis dan karakteristik dari kerajinan tekstil tersebut.

Selain itu, rancangan dalam proses pembuatan kerajinan tekstil juga harus memperhatikan susunan garis, warna dan teksturnya.

Adapun teknik dalam pembuatan kerajinan tekstil terdiri dari 2 macam, yaitu teknik struktural dan teknik dekoratif.

Baca juga: Ragam Kerajinan Tekstil Modern dan Tradisional

a. Teknik struktural kerajinan tekstil.

Struktural adalam susunan dari garis bentuk, warna dan tekstur dari suatu kerajinan tekstil yang dibentuk dari bahan yang dijalin sesuai dengan teknik pembuatannya.

b. Teknik dekoratif kerajinan tekstil.

Dekoratif (garnitur) adalah sentuhan atau perlakuan yang diberikan pada permukaan busana yang memberikan efek visual dan memperindah penampilan seperti pada tas kain katun yang dijahit, kemudian diberi hiasan pita sulam.

Pembuatan produk kerajinan tekstil yang dilakukan dengan kedua teknik ini yakni teknik karakteristik struktural memiliki kecenderungan yang lebih tampak pada metode klasik, unik, rumit, dan detail. Sedangkan untuk teknik dekoratif lebih cenderung pada sebagai penghias dari suatu benda.

Baca juga: Cara Merawat, Mengemas dan Merancang Kerajinan Tekstil

Nah sampai disini kami rasa teman semua sudah bisa mengerti dan memahami tentang tema kerajinan tekstil diatas, semoga bermanfaat dan terimakasih atas perhatiannya.

Pengertian,Fungsi,Prinsip, Jenis dan Karakteristik Kerajinan Tekstil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: AkbarPagala

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Saran dan Masukan yang Relefan untuk Blog ini pada kolom komentar. Terimakasih