Pilihan Cerdas Untuk Belajar

PAMERAN - Pengertian,Tujuan,Manfaat,Jenis dan Fungsi Pameran Seni Rupa

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa pameran merupakan suatu aktifitas mempertontonkan suatu karya baik berupa karya pribadi/individu atau karya berkelompok.

Apa Pengertian Pameran ? 


Pengertian,Tujuan,Manfaat,Jenis dan Fungsi Pameran

Menurut Wikipedia, bahwa Pameran adalah suatu kegiatan penyajian karya seni rupa untuk dikomunikasikan sehingga dapat di apresiasi secara luas atau secara luas tentang Pengertian Pameran adalah suatu kegiatan promosi yang dilakukan oleh suatu produsen, kelompok, organisasi, perkumpulan tertentu dalam bentuk menampilkan display produk kepada calon relasi atau pembeli.

Pengertian Pameran secara etimologis, yaitu pameran atau eksibisi diadaptasi dari bahasa inggris, yaitu exhibition atau (pertunjukan, peragaan, atau tontonan). 

Sedangkan Pengertian lain dari Pameran, yaitu suatu aktifitas atau kegiatan menyajikan suatu karya/produk seni tertentu untuk dikonsumsi oleh masyarakat umum sehingga mendapatkan apresiasi secara luas.

Nah.. sampai disini saya rasa kita sudah bisa memahami apa pengertian dari Pameran tersebut diatas dan selanjudnya kita akan mencoba menjawab apa Tujuan daripada Pameran itu sendiri. 

Baca Juga: Seni Rupa Dua Dimensi-Pengertian,Unsur, Jenis dan Objek Karya Dua Dimensi.

Tujuan Pameran adalah ?

Seperti kita ketahui bersama melalui penjelasan tentang pengertian pameran diatas bahwa pameran diselenggarakan untuk menampilkan atau disajikan kepada khalayak umum agar mendapatkan apresiasi dan juga opini dari masyarakat terhadap produk atau karya seni yang dipamerkan, maka dari pengertian tersebut dapat kita memahami bahwa tujuan pameran diantaranya adalah sebagai berikut.

a. Pameran dengan Tujuan Komersial.

Pameran yang bertujuan untuk komersial, yaitu aktifitas pameran yang bertujuan agar karya yang dipamerkan dapat dinikmati dan di beli oleh pengunjung sehingga dari pemeran tersebut para seniman dapat memperoleh keuntungan.

b. Pameran dengan Tujuan Kemanusiaan.

Tujuan kemanusiaan pada pameran, yaitu merupakan kegiatan atau aktifitas yang memiliki nilai pelestarian, pembinaan, nilai, dan pengembangan hasil karya seni budaya yang terdapat di masyarakat. hasil dari penjualan karya dalam pameran tersebut disalurkan untuk kegiatas kemanusiaan, seperti panti asuhan, korban bencana alam dan lainnya.

c. Pameran dengan Tujuan Sosial.

Pameran dengan Tujuan sosial, yaitu aktifitas pameran yang bertujuan untuk kepentingan sosial yang dalam hal ini, hasil penjualan tiket atau produk dalam pameran kemudian di sumbangkan untuk hal - hal yang berkaitan dengan kegiatan sosial.

Selain dari ketiga tujuan pameran tersebut diatas, ada pula tujuan lain yang sifatnya khusus dan dilakukan hanya pada situasi tertentu saja, yaitu Tujuan Pribadi. yang dimaksud tujuan pribadi disini yaitu, seorang seniman yang mampu menyelenggarakan pameran dengan bantuan sesama seniman lain untuk menampilkan atau mempertontonkan karya pribadinya dalam pameran tersebut tanpa di campuri oleh karya seniman lainnya.

Nah.. sampai disini apakah sudah jelas ulasan tentang Tujuan Pameran diatas? jika iya maka kita akan coba menjelaskan tentang Apa Manfaat Pameran tersebut diselenggarakan.

Baca juga: Seni Lukis-Pengertian, Gaya dan Aliran Seni Lukis.

Apa Manfaat di selenggarakannya Pameran?

Terdapat banyak manfaat penyelenggaraan pameran, dan salah Satu Manfaat Pameran adalah untuk menumbuhkan kemampuan masyarakat dalam memberi apresiasi terhadap karya orang lain serta menambah wawasan dan keberanian dalam memberikan evaluasi karya seni secara objektif.

selain itu, juga melatih masyarakat untuk bertanggungjawab dalam memberikan komentarnya dihadapan publik, memberi motivasi serta sebagai sarana untuk penyegaran bagi masyarakat dari kejenuhan dari aktifitas kesehariannya.

Jadi secara umum, kita bisa menyederhanakan Manfaat Pameran dengan membaginya menjadi beberapa poin penting yang diantaranya adalah:

a. Pameran bermanfaat untuk menumbuhkan dan menambah kemampuan apresiasi terhadap suatu karya.

b. Pameran bermanfaat sebagai sarana prmosi.

c. Pameran  bermanfaat untuk melatih untuk bekerja sama dengan orang lain.

d. Pameran  bermanfaat untuk melatih sikap mandiri.

e. Pameran  bermanfaat untuk membangkitkan motivasi, dan 

f. Pameran  bermanfaat untuk menghilangkan stres dan kejenuhan.

Sampai disini semoga bisa memberi pencerahan bagi kita semua tentang apa saja Manfaat Pameran bagi kita semua sebagai khalayak umum. nah.. selanjudnya kita akan coba mengulas tentang Jenis - Jenis Pameran.

Baca juga : Seni Rupa 3 Dimensi-Pengertian, Jenis, Fungsi dan Nilai Estetis.

Apa Jenis - Jenis Pameran ?

Jenis Pameran sangatlah banyak dan salah satunya yaitu seperti yang dilangsir dari wikipedia yang menyatakan bahwa jenis - jenis Pameran adalah:

- Pameran Tetap.

- Pameran Temporer, dan 

- Pameran Keliling.

1. Pameran Tetap.

Pameran tetap adalah pameran yang menyajikan karya - karya koleksi secara periodik yang ditata berdasarkan konsep kuratorial dan diselenggarakan oleh Galeri Nasional Indonesia yang bekerjasama dengan pihak dan serta diselenggarakan minimal 1 kali dalam satu tahun.

2. Pameran Temporer. 

Pameran temporer adalah pameran tunggal bisa juga pameran bersama yang menyajikan karya seni rupa dalam kurung waktu tertentu dan diselenggarakan oleh Galeri Nasional Indonesia atau bekerjasama dengan dengan pihak lain serta berlangsung minimal selama 10 hari dan maksimal hingga 30 hari.

3. Pameran Keliling. 

Pameran keliling adalah pameran yang menampilkan karya koleksi Galeri Nasional Indonesia maupun karya luar lainnya ke berbegai daerah di Indonesia dan atau keluar negeri yang diselenggarakan oleh Galeri Nasional Indonesia dan berlangsung selama minimal 10 hari.

Selain itu terdapat pula jenis - jenis Pameran yang berdasarkan beberapa unsur yang diantaranya adalah sebagai berikut.

- Pameran berdasarkan jumlah pesertanya. 

- Pameran berdasarkan sifatnya.

- Pameran berdasarkan ragam/jenisnya.

- Pameran berdasarkan tempatnya, dan

- Pameran berdasarkan jenis dimensi karyanya.

1. Pameran berdasarkan jumlah pesertanya. 

Pameran ini terbagi menjadi dua bagian yaitu Pameran Tunggal adalah pameran yang hanya diselenggarakan secara individual ( perorangan ) dan Pameran Bersama atau Kelompok adalah pameran yang diselenggarakan oleh beberapa seniman yang memamerkan karya - karya yang lebih dari satu orang seniman dimana pembiayaan ditanggung oleh masing masing yang bersangkutan dalam pameran tersebut.

2. Pameran berdasarkan sifatnya.

Pameran menurut sifatnya terdiri dari Pameran Insidental, yaitu pameran yang diselenggarakan secara berkala didasarkan atas kebutuhan yang ada, seperti pameran kaligrafi dalam rangka memperingati isra' mi'raj. Pameran Rutin, yaitu pameran yang diselenggarakan pada periode tertentu secara tetap dan berkelanjutan seperti pentas seni disetiap akhir semester. Pameran Permanen, yaitu pameran yang diselenggarakan secara terbuka, tetap dan terus menerus.

3. Pameran berdasarkan ragamnya.

Pameran ini terdiri Pameran Homogen, yaitu pameran yang memamerkan karya - karya sejenis, dan Pameran Heterogen, yaitu pameran yang memamerkan berbagai jenis karya seni.

4. Pameran berdasarkan tempat berlangsungnya. 

Pameran ini terbagi menjadi Pameran Terbuka, yaitu pameran yang beralangsung diluar ruangan secara terbuka. Pameran Tertutup, yaitu pameran yang berlangsung di dalam ruangan atau suatu gedung. dan Pameran Bergerak, yaitu pameran yang diselenggarakan menggunakan peralatan bergerak seperti mobil dan lainnya.

5. Pameran berdasarkan dimensi karyanya.

Pameran ini ini dibagi menjadi Pameran Dua Dimensi, yaitu pameran yang menyajikan karyanya diatas bidang datar seperti gambar, lukisan, seni grafis. dan Pameran Tiga Dimensi, yaitu pameran yang menyajikan karya seni yang memilii volume/kesan ruang yang sebenarnya, yaitu memiliki panjang, lebar dna tinggi dan dapat diamati dari segala arah.

Sampai disini saya rasa kita sudah bisa memahami Jenis - Jenis Pameran tersebut diatas dan selanjudnya poin terakhir yaitu Fungsi Pameran.

Apa Fungsi dari Pameran ?

Dari semua uraian tentang pemaran diatas, saya rasa kita semua sudah bisa mengerti apa saja fungsi dari pameran tersebut, yang antara lain adalah:

a. Pameran sebagai sarana apresiasi.

disebut sebagia sarana apresiasi karena pameran merupakan tempat untuk menyalurkan ide atau gagasan dari pencipta yang kemudian di apresiasi oleh para pengunjung atau masyarakat, baik sebagai dari sesama seniman atau dari para penikmat seni yang kemudian memberikan penilaiannya terhadap karya yang ditampilkan. selain itu apresiasi sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu apresiasi aktif dan apresiasi passif.

b. Pameran sebagai sarana edukasi.

Disebut sebagai sarana edukasi karena pameran memiliki nilai mendidik dalam hal mengasah pengalaman batin baik itu kepada orang dewasa ataupun anak - anak yang berguna untuk keseimbangan akal pikiran manusia.

c. Pameran sebagai sarana prestasi.

Disebut sebagai sarana prestasi karena paeran memiliki fungsi sebagai tempat atau wadah untuk berkompetisi bagi para pencipta seni melalui karya yang diciptakannya, dan

d. Pameran sebagai sarana rekreasi.

Mengapa disebut Pameran sebagai sarana rekseasi, itu karena pameran dapat membantu kita dalam melepas rasa jenuh terhadap rutinitas keseharian, baik itu dikantoran ataupun di kampus atau sekolah yang banyak menguras energi dalam berfikir. 

Selain itu, perlu diketahui bersama pula bahwa yang menentukan kesuksesan dari pameran tersebut juga tidak terlepas dari perencanaan pameran itu sendiri, baik dari kepanitiaan, tugas, rencana dan jadwal dari perencanaanya.

Nah... sekarang mungkin cukup sampai disini dulu uraian singkat tentang Pameran tersebut diatas, semoga bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih.

PAMERAN - Pengertian,Tujuan,Manfaat,Jenis dan Fungsi Pameran Seni Rupa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: AkbarPagala

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Saran dan Masukan yang Relefan untuk Blog ini pada kolom komentar. Terimakasih