Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Kampungan Unik Mengherankan ini Hanya Ada di Indonesia

10 Kampung Lucu dan Unik di Indonesia. Warga Indonesia terkenal di dunia manca negara karena keramahannya terutama para masyarakat yang tinggal didaerah perdesaan dan perkampungan. 

Selain dari keramahannya, setiap desa atau perkampungan juga terkadang memiliki ciri khas budayanya masing-masing yang mecerminkan kekentalan ke Indonesia-annya. 

Namun, perlu diketahui pula bahwa ada terdapat beberapa kampung atau pedesaan di Indonesia yang sangat unik dan mengherankan dan bahkan mungkin hanya akan dapat di temui di Indonesia. 

Berikut ini kita akan sama – sama mengulas tentang beberapa kampung dengan nama dan tempatnya yang ulasannya adalah sebagai berikut ini.

1. Kampung Teletubbies ( Yogyakarta ).

Di yogya tepatnya di dusun Ngelepen sumberharjo terdapat satu kampung unik dimana rumah – rumah dari penduduknya menyerupai rumah teletubbies. 

Komplek perumahan yang ada di desa tersebut dikenal dengan kompleks rumah DOM yang menyerupai rumah teletubbies 

Macam - Macam Kerajinan Unik dan Lucu dari Bambu. Klik Disini.

yang menyebabkan warga tersebut menyebutnya dengan kampung teletubhies.

10 Kampungan Unik Mengherankan ini Hanya Ada di Indonesia
10 Kampungan Unik Mengherankan ini Hanya Ada di Indonesia

Keberadaan rumah-rumah ini bukanlah tanpa ada suatu alasan, rumah dom ini pada awalnya di bangun sebagai tempat tinggal warga pasca gempa besar yang terjadi di tahun 2006,

dimana arsitektur rumah ini dirancang untuk tahan gempa dan juga tahan api dan sejak itulah rumah ini di huni oleh warga setempat.

2. Kampung Janda di Purbalingga.

Jika kita masuk di wilayah tersebut, sekilas maka tak ada perbedaan dengan kehidupan masyarakat lain pada umumnya, 

namun jika kita dapat memperhatikan secara detail maka akan kita temukan ciri khas yang ada di desa ini. 

Hal tersebut tentunya sesuai dengan namanya dimana mayoritas masyakatnya adalah wanita dengan status janda yang mencapai persentase 80% sesuai dengan informasi dari pemerintah setempat. 

Mereka yang menjanda tidak semuanya sudah tua, bahkan terdapat janda dengan usia yang masih belasan tahun namun sudah tak besuami. 

12+ Kerajinan Tangan Lucu dan Unik dari Batok Kelapa. Klik Disini.

Alasan mengapa di kampung tersebut banyak yang menjanda yaitu disebabkan karena suami dari mereka banyak yang meninggal saat bekerja.  

3. Kampung Wadon atau Wanita di Kota Ngawi.

Sesuai dengan julukannya, desa ini hanya dihuni oleh kaum wanita yang terletak di Rimba Jati kabupaten Ngawi Jawa Timur. 

Konon Kampung ini semakin terancam punah sebab jumlah semakin berkurang dan banyak pula yang memilih untuk berpindah tempat ke desa yang lain. 

Hal tersebut juga semakin diperkuat dengan bukti bahwa mayoritas wanita yang tinggal di desa ini rata – rata sudah berusia paruh baya dan usia lanjud. 

Terdapat kepercayaan yang sudah terun temurun di desa ini, yaitu bahwa laki-laki yang sudah menikah dengan warga kampung wadon akan hidup sengsara jika tidak segera pergi dari kampung tersebut. 

Hal tersebutlah yang membuat para laki-laki memlih untuk pindah tinggal di tempat yang lain. Namun demikian, 

Kebanyakan penghasilan mereka didapatkan dari bercocok tanam di dalang.

4. Kampung Bisu ( Bali ).

Di daerah bali terdapat suatu desa yang unik bernama "Bengkala" yang mayoritas masyarakatnya jika berkomunikasi menggunakan bahasa tubuh, 

Kerajinan Tangan Lucu dan Unik dari Barang Bekas. Klik Disini.

itu disebabkan karena sebagian besar masyaraktnya memiliki kekurangan yaitu bisa dan tuli. 

Maka dari itu, masyarakat yang masih normal dari segi lahiriahnya lebih memilih untuk menghargai sesama dengan menggunakan bahasa tubuh pula.

Meski hidup dengan kekurangan, namun hidup di desa ini tidak jauh beda dengan tempat yang lain, selain unik, bisa jadi ini juga merupakan satu-satunya yang terdapat didunia.

5. Kampung Warna – Warni di Kota Malang.

Kampung wisata Jodipan Malang Jawa Timur yang dikenal dengan kampung warna – warni yang dulunya merupakan pemukiman kumuh, pada saat ini justru menjadi lokasi yang banyak dikunjungi para wisatawan.

10 Kampungan Unik Mengherankan ini Hanya Ada di Indonesia
10 Kampungan Unik Mengherankan ini Hanya Ada di Indonesia

Bangunan bangunan rumah di desa tersebut di cat dengan menggunakan 17 warna dengan berbagai macam lukisan yang di gambar oleh komunitas Bural. 

Inisiatif untuk mengecat kampung ini lahir dari mahasiswa ilmu komunikasi UNM kota Malang. 

Selain itu, warga yang dulu terbiasa membuang sampah di pinggiran sungai dan membuat kampungnya menjadi kumuh kini tidak ada lagi, 

sebab sudah disediakan sejumlah tempat sampah yang kemudian sampah tersebut diangkut oleh petugas kebersihan setiap harinya. 

6. Kampung Bodoh di Ponorogo.

Jika anda mengunjungi kampung ini, maka anda akan merasa miris dan sedih sebab mayoritas dari masyarakat desa ini hidup dengan keterbelakangan mental. 

Menurut data dari Dinas Kesehatan setempat, bahwa banyaknya masyarakat yang hidup dengan keterbelakangan mental dikampung ini sudah ada sejak tahun 1970-an.

Hal ini disebut terjadi dikarenakan kurangnya gizi ditambah lagi dengan tingkat kemiskinan yang tinggi serta kurangnya zat yodium yang dikonsumsi warga yang mengakibatkan terjadinya kekurangan mental.

7. Kampung Korea di Buton. 

Di daerah buton terdapat suatu kampung yang dijuluki kampung korea dimana aksara yang digunakan nyaris hampir sama dengan aksara yang digunakan oleh orang korea, 

Kampung ini muncul di akibatkan karena adanya pengaruh dari etnis Cia – Cia yang memang memiliki bahasa yang mirip dengan bahasa korea.

Hingga pada saat sekarang ini, belum ada yang bisa menjelasakan kenapa penduduk didesa ini memiliki bahasa yang hampir sama dengan bahasa korea. 

Dalam persi dugaan, dahulu kala sebelum Indonesia terbentuk orang-orang korea pernah berkunjung dan juga menetap disana.

8. Kampung Bule di Aceh.

Di Aceh terdapat satu kampung unik yang disebut dengan kampung bule (suku daya). Hal tersebut terjadi sebab dikampung tersebut terdapat banyak orang bule, 

namun jangan salah sangka sebab warga tersebut bukanlah warga asing yang sedang menikmati liburan di kampung tersebut 

melainkan orang atau warga aceh yang memiliki fisik mirip dengan orang-orang Eropa.

10 Kamp10 Kampungan Unik Mengherankan ini Hanya Ada di Indonesiaungan Unik Mengherankan ini Hanya Ada di Indonesia
10 Kampungan Unik Mengherankan ini Hanya Ada di Indonesia

Berdasarkan informasi yang kami dapat tentang desa tersebut, bahwa ada dua kisah atau asal muasal adanya kampung bule tersebut, yaitu 

pada zaman dahulu orang orang suku daya pernah menyelamatkan orang-orang portugis namun ada pula yang mengatakan bahwa 

orang-orang portugis ingin menjajah aceh dan dimana beberapa diantara orang portugis tersebut lebih memilih tinggal 

dan menikah dengan orang setempat yang dari sinilah lahir anak-anak yang bermata biru hingga berambut pirang.

9. Kampung No Smoking di Sulawesi Selatan.

Desa bone – bone memang sudah lama menerapkan larang merokok untuk seluruh warga desanya. Tidak hanya warga desanya, 

namun setiap orang yang hendak masuk di desa ini tidak diperbolehkan untuk merokok.

Pada awalnya, larangan ini hanya norma masyarakat setempat yang tidak memiliki aturan secara tertulis, 

namun tepatnya pada tahun 2003 dibuat peraturan secara resmi untuk larangan merokok. 

Peraturan dalam desa ini tentunya dapat menjadi contoh untuk desa lain dan patut di acungi jempol dimana masyarakat desa bersama pemerintahnya bersatu untuk memerangi rokok.

10. Kampung Pasir di Madura.

Di pulau paling ujung Madura yaitu di kabupaten Sumenep terdapat suatu tradisi di desa tersebut yang sudah dilakukan secara turun temurun. 

Kampung pasir di berikan kepada tiga desa yaitu legong timur, laguong barat dan dapenda yang berada di kecamatan batang-batang kabupaten Sumenep.

10 Kampungan Unik Mengherankan ini Hanya Ada di Indonesia
10 Kampungan Unik Mengherankan ini Hanya Ada di Indonesia

Yang kita ketahui besama bahwa pasir digunakan untuk pembuatan bangunan seperti rumah dan pembuatan inprastruktur lainnya seperti jalan dan lainnya. 

Bukan karena desa ini berada di daerah yang terpencil dan ketinggalan zaman melainkan karena desa ini memang di kelilingi oleh pasir.

Ciri khas dari desa atau kampung pasir ini adalah bahwa setiap rumah yang ada disana pasti memiliki satu ruangan khusus yang di dalamnya terdapat pasir yang dijadikan sebagia kasur pasir yang dimanfaatkan untuk tidur.

Demikian penjelasan singakat tentang Kampungan Unik Mengherankan ini Hanya Ada di Indonesia tersebut diatas, semoga bermanfaat dan terimakasih.