Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Meminta Angpao Dalam Bahasa Cina

Cara Meminta Angpao Dalam Bahasa Cina

Hong Bao Na Lai adalah cara meminta angpao dalam bahasa Cina atau Mandarin.

Perayaan Tahun Baru Imlek merupakan momen yang dirayakan oleh komunitas Tionghoa di seluruh dunia. Tradisi Tionghoa ini juga dikenal dengan sebutan ‘Hong Bao’ atau ‘Lai se’.

Hong Bao adalah bahasa mandarin dan Lai Se bersumber dari kata bungkus atau karton yang secara harfiah diartikan sebagai bungkus atau karton merah.

Biasanya angpao ini diberikan kepada anak kecil atau mereka yang belum menikah dengan harapan bahwa si pemberi angpao bisa mendapatkan keberuntungan atau nasib baik sepanjang tahunnya.

Warna merah pada angpao sendiri dipilih karena dianggap sebagia simbol energi, kebahagiaan, dan keberuntungan. Selain dari filosofi tersebut, juga ada fakta lainnya yang menarik tentang angpao imlek.

Di antara tradisi yang paling seru adalah pemberian angpao, yaitu amplop merah yang berisi uang. Bagi yang tidak terbiasa, meminta angpao dalam bahasa Mandarin mungkin terdengar menakutkan. 

Namun, dengan sedikit pengetahuan dan kepercayaan diri, siapa pun dapat meminta angpao layaknya seorang profesional. Berikut beberapa tips cara meminta angpao dalam bahasa Mandarin.

Pertama, ketahui frasa yang tepat untuk digunakan.

Ungkapan yang paling umum adalah "gong xi fa cai" (恭喜发财), yang berarti "semoga Anda sejahtera". Frasa lain yang bisa digunakan adalah "xin nian kuai le" (新年快乐), yang berarti "selamat tahun baru".

Kedua, bersikap sopan dan hormat saat meminta angpao. 

Mulailah dengan menyapa dengan senyuman dan ucapan "halo" yang ramah. Gunakan gelar dan kehormatan yang sesuai, seperti "tante" atau "paman" untuk kerabat yang lebih tua atau "bos" untuk majikan. Berterima kasihlah setelah menerima angpao.

Ketiga, gunakan gerakan yang tepat. 

Mengulurkan kedua tangan dengan telapak tangan menghadap ke atas menunjukkan sedang menerima sesuatu. Membungkuk sedikit saat meminta angpao menunjukkan rasa hormat dan terima kasih.

Keempat, tahu kapan harus bertanya. 

Merupakan tradisi untuk meminta angpao selama Tahun Baru Imlek, tetapi meminta angpao juga dapat diterima saat acara perayaan lainnya seperti pernikahan atau ulang tahun. 

Namun, penting untuk tidak meminta angpao jika itu akan menempatkan mereka pada posisi yang sulit.

Kelima, bersenang-senanglah dengannya. 

Meminta angpao bisa menjadi tradisi yang menyenangkan dan mengasyikkan. Latihlah frasa dan gerakan tubuh bahasa Mandarin dengan teman atau anggota keluarga sebelum hari besar. 

Tambahkan sentuhan pribadi pada permintaan Anda, seperti menceritakan lelucon atau berbagi momen bahagia.

Dengan mengetahui frasa yang tepat, bersikap sopan dan hormat, menggunakan gerakan yang tepat, mengatur waktu permintaan dengan benar, dan bersenang-senang, siapa pun dapat meminta angpao dengan percaya diri. Selamat merayakan Tahun Baru Imlek dan semoga mendapat banyak angpao.

Penutup.

Mungkin cukup sekian dulu apa yang bisa kami sampaikan terkait cara meminta angpao dalam bahasa cina tersebut diatas semoga bermanfaat dna terimakasih.