Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Belum Menikah Tidak Boleh Kasih Angpao?

Kenapa Belum Menikah Tidak Boleh Kasih Angpao?

Ilmucerdasku.com- Di dalam budaya Cina, pernikahan dianggap sebagai salah satu tonggak penting dalam hidup seseorang dan dihormati dengan memberikan hadiah pernikahan dan uang. 

Orang yang belum menikah seringkali dianggap masih dalam masa transisi dan mungkin belum stabil secara finansial, sedangkan yang sudah menikah dianggap telah mapan. 

Oleh karena itu, memberikan angpao kepada mereka dianggap sebagai dukungan dan harapan baik agar mereka dapat mencapai kesuksesan di masa depan. 

Selain itu, memberikan angpao juga dianggap sebagai cara untuk menjaga hubungan baik dengan keluarga dan teman.

Hong Bao Na Lai adalah cara meminta angpao dalam bahasa Cina dalam Perayaan Tahun Baru Imlek adalah momen yang dirayakan oleh komunitas Tionghoa di seluruh dunia. 

Tradisi Tionghoa ini juga dikenal dengan sebutan ‘Hong Bao’ atau ‘Lai se’. Hong Bao adalah bahasa Mandarin dan Lai Se bersumber dari kata bungkus atau karton yang secara harfiah diartikan sebagai bungkus atau karton merah.

Angpao biasanya diberikan kepada anak kecil atau mereka yang belum menikah dengan harapan bahwa si pemberi angpao bisa mendapatkan keberuntungan atau nasib baik sepanjang tahunnya. 

Warna merah pada angpao dipilih karena dianggap sebagai simbol energi, kebahagiaan, dan keberuntungan. 

Selain dari filosofi tersebut, juga ada fakta lain yang menarik tentang angpao Imlek.Di antara tradisi yang paling seru adalah pemberian angpao, yaitu amplop merah yang berisi uang. 

Bagi yang tidak terbiasa, meminta angpao dalam bahasa Mandarin mungkin terdengar menakutkan. 

Namun, dengan sedikit pengetahuan dan kepercayaan diri, siapa pun dapat meminta angpao layaknya seorang profesional.

Tradisi memberikan angpao (amplop merah berisi uang) pada saat perayaan Imlek di Cina didasarkan pada keyakinan bahwa memberikan uang baru (yang biasanya diletakkan dalam amplop merah) akan membawa keberuntungan kepada orang yang menerimanya. 

Oleh karena itu, orang tua, keluarga, dan orang dewasa lainnya memberikan angpao kepada anak-anak atau orang muda yang belum menikah selama perayaan Imlek.

Jadi, berdaasarkan penjelasan singkat diatas di ketahui bahwa tidak sembarangan orang bisa memberikan angpao dalam tradisi imlek orang cina. Terdapat aturan yang harus di taati terutama bagi yang belum menikah.

Aturan utama tradisi ini yaitu amplop merah atau dikenal dengan angpao ini diberikan oleh yang lebih tua kepada yang muda dan wajib sudah hukumnya telah menikah.

Jadi, yang sudah menikah wajib ngasih angpao dan yang belum menikah tidak boleh atau dilarang memberi angpao.

Mungkin itulah penjelasan singkat tentang kenapa yang belum menikah tidak bisa memberi angpao semoga bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel ini.