Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kerajinan Bambu Untuk Peralatan Rumah Tangga Biasanya Dinominasi oleh Masyarakat Umum

ilmucerdasku.com- Kerajinan Bambu Untuk Peralatan Rumah Tangga Biasanya Dinominasi oleh Masyarakat Umum terutama kaum ibu-ibu yang mencari peralatan dan perlengkapan rumah tangga mereka.

Umumnya masyarakat yang tertarik dengan hiasan yang unik dari bambu seperti minatur, pigura dan lainya kebanyakan di temukan di hotel, restoran atau cafe-cafe yang membutuhkan furnitur ala bambu untuk menambah nilai estetik penampilan usahanya.

Banyaknya pohon bambu di Indonesia, ternyata bisa dijadikan sebagai peluang usaha baru yang lumayan menjanjikan dimasa depan.

Kerajinan Bambu Untuk Peralatan Rumah Tangga Biasanya Dinominasi oleh Masyarakat Umum

Mengapa Kerajinan Bambu Didominasi Ibu - Ibu ?

Berikut penjelasan mengapa kerajinan bambu untuk peralatan rumah tangga dinominasi masyarakat umum seperti ibu-ibu.

1. Target Pasar.

Masyarakat umum terkhusus untuk ibu rumah tangga biasanya menjadi incaran para pengerajin hiasan bambu.

Itu karena mayoritas ibu rumahtangga sanga senang dengan hiasan atau produk yang memiliki nilai estetik untuk mempercantik ruangan.

Selain itu, perhotelan, restoran juga perumahan termasuk dalam target pasar yang bisa memberikan keuntungan bagi pengerajin bambu.

Secara umumnya, peralatan rumah tangga yang terbuat dari bambu memang menargetkan ibu-ibu karena mengungat kerajinan bambu memiliki banyak jenis dan nilai guna masing-masing dan mayoritas ibu-ibu rumahtangga membutuhkan peralatan dari bambu untuk mengurangi pengeluarannya dari segi peralatan.

Contoh barang kerajinan yang bisa menjadi peralatan rumah tangga seperti sendok nasi dari bambu, gelas dari bambu, sumpit dari bambu, tikar bambu, dan masih banyak lagi lainnya.

2. Kelebihan Bisnis Bambu.

a. Permintaan Pasar.

Dengan permintan yang banyak, menjalankan bisnis kerajinan bambu ini tentu akan sangat menguntungkan bagi para pelaku usaha kerajinan.

Melimpahnya potensi alam berupa bambu di Indonesia secara tidak langsung memberikan keuntungan mengingat harga jual bambu utuh dipasar masing terbilang rendah untuk bahan baku kerajinan.

Selain itu, persaingan dalam hal kerajinan bambu ini juga masih cukup sedikit dan bahkan saat ini sebagian masyarakat sudah membudidayakan bambu.

b. Berbagai Jenis Kerajinan Dari Bambu.

Dengan memproduksi berbagia jenis kerajinan bambu termasuk salah satu keuntungannya dari segi peluang bisnis yang terbilang ramah lingkungan dan minim biaya.

Dengan memproduksi berbagai jenis kerajinan bambu seperti kursi bambu, tikar bambu, meja bambu, sekat dari bambu, dinding dari bambu, pagar dari bambu dan lainnya maka tentunya hal ini sangat menguntungkan.

Itulah kenapa kerajinan bambu selalu menyasar masyarakat terutama kaum ibu-ibu sebab kebutuhan rumha tangga mereka selalu memperhitungkan mahal aau tidaknya barang yang dibeli untuk menghemat pengeluaran.

Dengan banyaknya pilihan peralatan rumah tangga dari bambu ini maka tentu akan menambah nilai jual yang bisa menguntungkan bagi pengerajin bambu itu sendiri.

3. Dijual Kembali.

Masyarakat pada umumnya yang memiliki bakat bisnis dibidang kerajinan hiasan, sering memanfaatkan kerajinan yang bernilai estetik ini sebagai penghasilan  tambahan.

Itu disebabkan karena bambu yang diolah dengan cara yang benar dapat memiliki daya tahan yang lama dan terutama kerajinan aksesories yang menargetkan anak remaja hingga ibu - ibu.

Dengan banyaknya permintaan akan kerajinan dari bambu ini, maka hal tersebut bisa dijadikan peluang usaha dengan cara menjual kembali setelah dibeli langsung dari produsen kerajinan secara massal untuk di jual kembali dengan harga yang lebih tinggi.

4. Tahan Lama.

Umumnya bambu dapat lapuk dala waktu singkat singkat jika tidak diolah sebaik mungkin sebab bambu mudah lapuk.

Namun dengan tangan terampil dari para pengerajin, bambu ini bisa bertahan lama sebab telah melalui proses yang panjang hingga menjadi produk kerajinan yang berkualitas.

Dengan daya tahan yang lama itu, maka tidak heran jika tempat - tempat seperti hotel atau restoran sangat senang dengan kerajinan bambu ini.

Itu karena setelah melalui proses pengolahan yang baik, bambu ini dapat terlihat semakin eksotis dan estetik jika di jadikan hiasan, bahkan memiliki nilai kegunaan yang bisa menjadi pembeda, seperti kursi bambu yang jarang ditemukan di tempat - tempat umum.

Kesimpulan.

Kerajinan Bambu Untuk Peralatan Rumah Tangga Biasanya Dinominasi oleh Masyarakat Umum terutama kaum ibu-ibu yang mencari peralatan dan perlengkapan rumah yang unik dari bambu seperti minatur, pigura dan lainya kebanyakan di temukan di hotel, restoran atau cafe-cafe yang membutuhkan furnitur ala bambu.

Kerajinan bambu dinominasi oleh masyarakat tertama ibu-ibu itu karena meraka adalah target pasar yang senantiasa membutuhkan peralatan rumah tangga bisa mengurangi pengeluaran mereka.

Bambu juga memiliki kelebihan dari bisnis lainnya seperti permintaan pasar yang tinggi dan bisa dibuat menjadi berbagai jenis kerajinan yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

Selain itu, bambu juga bisa di jual kembali dengan cara membelinya dari produsen atau pengerajin bambu secara langsung kemudian dijual kembali dengan harga yang tinggi dan bambu juga memiliki daya tahan lama hingga tidak mengkhawatirkan jika harus disimpan dalam kurun waktu yang tidak menentu.

Penutup. 

Mungkin cukup sekian apa yang bisa kami sampaikan terkait kerajinan bambu untuk peralatan rumah tangga yang biasanya dinominasi oleh ibu-ibu. Terimakasih telah membaca artikel ini dan terimakasih.