Kerajinan dari Bahan Alam Terbaru - ilmucerdasku
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kerajinan dari Bahan Alam Terbaru

Produk Kerajinan dari Bahan Alam.

Pembuatan produk kerajinan bahan alam di setiap wilayah di Indonesia tentunya tidak akan sama dengan wilayah lainnya karena tiap - tiap wilayah masing-masing memiliki jenis kerajinan lokal yang menjadi produk unggulan di daerahnya.

Apa penyebab perbedaan tersebut? salah satunya yaitu berasal dari perbedaan sumber daya alam atau letak geografis suatu wilayah yang memprodukdi kerajinan.

Jika suatu wilayah banyak memiliki sumber daya alam yang dinominasi tanah liat makan tentunya produk kerajinan tentunya akan lebih banyak memanfaatkan tanah lihat sebagai bahan utamanya dan begitu juga jika wilayah tersebut berada pada pesisir pantai makan tentunya kerajinan yang diproduksi lebih kepada kerajinan yang berbahan baku seperti tempurung kelapa atau tulang ikan.

Beberapa contoh kerajinan dari bahan alam akan coba kami uraikan pada penjelasan di bawah ini dan penjelasannya adalah sebagia berikut.

Mengenal Kerajinan dari Bahan Alam.

A. Tanah Liat Alam. Apa itu tanah liat ? 

Tanah liat adalah jenis tanah yang terbentuk melalui proses pelapukan atau penggerusan kerak bumi.

Beberapa jenis kerajinan dari tanah liat sering disebut juga dengan kerajinan keramik dimana kata keramik berasal dari bahasa Yunani yaitu 'keramos' yang artinya benda pecah belah yang dibentuk dari tanah liat dan telah melalui proses pebakaran.

Indonesia tentunya memiliki banyak jenis kerajinan keramik dari berbagai daerah yang memiliki ciri khasnya masing-masing baik dari segi bentuk, teknik pembuatan, hingga ragam hias yang di tampilkan.

Kekayaan hayati Indonesia telah menginspirasi beragai keindahan dan keunikan bentuk dari pada kerajinan tersebut dan membuat kerajinan ini dikenal dengan ciri khas yang kental akan corak budaya indonesia yang jauh berbeda dengan keramik Cina, Jepang atau Eropa.

a. Bahan dan Alat Kerajinan Keramik.

- Tanah Liat,

- Alat putar tangan, 

- Alat putar kaki,

- Tungku pebakaran,

- Rol kayu,

- Spons,

- Butsir,

- Pemotong tanah.

b. Teknik Produksi Kerajinan Keramik.

- Teknik pijit tekan (Pinch)

Teknik pijit adalah teknik membentuk badan keramik secara manual dengan cara dipijit tekan yang awalnya berbentuk bola hingga membentuk kerajinan yang diinginkan menggunakan jari-jari tangan pengerajin.

- Teknik pilin (coil).

Tenik pilin adalah teknik membntuk kerajinan keramik secara manual dengan cara digulung hingga berbentuk menjadi pilinan tanah.

- Teknik lempengan (slap).

Yaitu  teknik pembentukan badan keramik secara manual dengan membentuk lempengan menggunakan rol untuk membuat kerajinan yang berbentuk persegi atau silinder.

- Teknik Cetak.

Teknik pembentukan dengan menggunakan alat cetak dapat digunakan untuk memproduksi keramik dalam jumlah yang besar dengan waktu yang relatif singkat serta memiliki ukuran dan bentuk yang sama.

Teknik cetak sendiri terbagi menjadi 2 teknik, yaitu cetak padat dengan di pres serta cetak basah dengan cara di cor.

- Teknik putar.

yaitu teknik membentuk badan keramik menggunakna alat putar kaki yang disebut dengan (kickwheel) yang dapat memciptakan banyak bentuk yang simetris.

Produk Kerajinan dari Bahan Alam
Contoh Kerajinan dari Bahan Alam Serat Wol

B. Serat Alam. Apa itu serat alam ? 

Serat alam adalah unsur - unsur serat yang terdiri dari benang - benang panjang yang dihasilkan dari mahluk hidup yang umumnya dihasilkan dari tumbuhan.

Serat alam terbentuk dari selulosa (pada tumbuhan) dan linen ( pada hewan). Kelebihan dari serat alam diantaranya adalah :

- Ramah lingkungan, 

- Volumenya ringan, 

- Kuat dan tahan terhadap suhu ekstrime,

- Bersifat hangat jika di jadikan pakaian, dan

- Memiliki daya serat air yang tinggi.

Serat alam dapat dibuat menjadi beberapa jenis kerajinan yang memiliki daya guna hingga nilai ekonomis yang tinggi dan diantara beberapa jenis kerajinan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut;

1. Kerajinan Serat Kapas.

Kapas biasanya di dapatkan dari pohon kapas atau juga pohon kapuk yang menghasilkan kapas. Adapun serat kapas ini dapat digunakan atau dimanfaatkan sebagai bahan baku benang untuk membuat pakaian, sebagai isian bantal dan boneka mainan dan lainnya.

2. Kerajinan Serat Woll.

Serat Woll atau benang wol didapatkan dari bulu domba, wol ini biasanya dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan pakaian untuk musim dingin karena memiliki sifat yang hangat.

Selain dijadikan sebagia bahan dasar pembuatan pakaian, serat wol juga digunakan sebagai bahan untuk membuat karpet, selimut, orden dan lainya yang digunakan didalam rumah.

3. Kerajinan Serat dari Pohon Pisang.

Kulit pisang yang dikeringkan biasanya di oleh kembali menjadi suatu kerajinan yang unik sebab memiliki karekter yang tahan lama dan kuat yang tentunya semua itu melalui proses pengolahan terlebh dahulu.

Serat dari batang atau kulit pohon pisang ini biasanya dijadikan berbagai jenis kerajinan yang bermanfaat seperti lukisan, keranjang unik, tas, dompet hingga sendal.

4. Kerajinan Serat dari Daun Nanas.

Limbah dari daun nanas yang sudah diambil buahnya dapat didaur ulang atau dioleh kembali menjadi suatu kerajinan serat dari bahan alam yang bermanfaat dan bernilai ekonomis.

Beberapa kerajinan yang bisa di buat menggunakan bahan serat dari daun nanas ini diantaranya adalah tas, orden, pakaian, tempat furniture dan banyak lagi yang lainnya.

5. Serat Pohon Rotan.

Serat rotan sebenarnya lebih identik kepada akar pohon rotan yang di oleh sedemikian rupa untuk dijadikan suatu kerajinan dari bahan alam.

Pohon rotan memiliki manfaat yang beraneka ragam dan memiliki karakteristik yang kuat, tahan lama atau awet, mudah dibentuk, dan bernilai ekonomis tinggi.

Biasanya serat pohon rotan dibuat atau dioleh menjadi kerajinan seperti kursi rotan, anyaman, meja dan banyak lagi yang lainnya.

Mungkin cukup demikian apa yang dapat kami sampaikan tentang kerajinan dari bahan alam terbaru ini, semoga bermanfaat bagi anda untuk dijadikan referensi dalam mengembangkan usaha kerajinan anda dan terimakasih.

Posting Komentar untuk "Kerajinan dari Bahan Alam Terbaru"