Mengenal Wirausaha dari Limbah Bangun Ruang Serta Jenis-Jenis Limbah - ilmucerdasku
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Wirausaha dari Limbah Bangun Ruang Serta Jenis-Jenis Limbah

Wirausaha Kerajinan dari Limbah Berbentuk Bangun Ruang

Limbah berbentuk bangun ruang adalah limbah yang berbetuk bangun dan berdimensi tiga, yaitu bahan limbah yang memiliki volume (ruang) sehingga limbah tersebut dapat berdiri serta memiliki volume atau keruangan.

Limbah berbentuk bangun ruang dapat berupa bangun berbentuk beraturan seperti kubus, bola, kotak dan bangun tidak  beraturan. Adapun contoh dari limbah berbentuk bangun ruang ini seperti limbah kaleng, lambah kayu, limbah botol dan banyak lagi yang lainnya.

Sahabat ilmucerdasku dimanapun berada. Perlu diketahui bersama bahwa sumber daya kerajijnan dari alam Indonesia yang melimpah dengan berbagai macam bentuk dan keunikannya merupakan anugerah tersendiri yang di berikan oleh Allah yang Maha Esa dan sudah sepatutnya kita mensyukuri setiap pemberian tersebut .

Terkait dengan sumber daya alam tersebut kini seni kerajinan yang ada di Indonesia semakin bertumbuh pesat dan menjadikan suatu daerah menjadi sentra kerajinan. Hal tersebut didukung pula dengan kondisi geografis Indonesia yang mendukung berkembangnya seni kerajinan nisantara.

Maka dari itu, patut kita kerahui bersama serta bersama-sama mempelajari tentang wirausaha kerajinan dari limbah berbebtuk bangun ruang dalam rangka mengembangkan produk kerajinan daerah kita di nusantara ini.

Perlu kita ketahui bersama bahwa pada mulanya, produk kerajinan Indonesia umumnya di buat hanya untuk digunakan sebagia alat yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Namun, seiring dengan waktu yang terus berjalan, perkembangan seta kemajuan zaman serta teknologi yang ada, membuat kerajinan tidka lagi hanya sekedar di manfaatkan untuk sebatas pemenuhan kebutuhan semata atau sebatas kebutuhan ritual saja, namun produk kerajinan dari limbah berbentuk bangun ruang ini juga di jadikan sebagai ragam hias interior dan eksterior.

Dengan munculnya kreativitas serta teknologi yang semakin berkembang serta berbagia jenis penelitian, pada akhirnya memunculkan berbagia jenis bahan yang dapat dijadikan atau dibuat menjadi sebuah kerajinan yang salah satu dari berbagai bahan tersebut adalah bahan yang terbuat dari limbah berbentuk bangun ruang.

Wirausaha dari Limbah Bangun Ruang Serta Jenis-Jenis Limbah
Wirausaha dari Limbah Bangun Ruang

Prinsip Pembagian Limbah.

Adapun prinsip pembagian dari limbah itu sendiri dibagi menjadi 3 bagian, yaitu sebagia berikut;

1. Limbah berdasarkan wujudnya.

Limbah berdasarkan wujutnya dibagi lagi menjadi 3 jenis, yaitu;

- limbah gas

- limbah cair, dan 

- limbah padat.

Contoh dari limbah gas, adalah karbon dioksida yang dihasikan dari asap kendaraan, pabrik atau asap dari hasil pembakaran sampah.

Contoh dari limbah cair, adalah air sabun dan minyak goreng.

Sedangkan contoh dari limbah padat, adalah plastik, botol, kertas dan liannya yang bersifat padat.

2. Limbah berdasarkan sumbernya.

Adapun limbah yang berdasarkan pada sumbernya dibagi menjadi 4 jenis limba, yaitu; limbah pertanian, limbah industri, limbah pertambangan dan limbah domestik.

3. Limbah berdasarkan senyawanya.

Sedangan limbah yang berdasarkan pada senyawanya dibagi menjadi 2 jenis limbah, yaitu limbah organik dan limbah anorganik.

- Limbah organik, adalah limbah yang didalamnya terdapat unsur karbon sehingga mudah terurai dengan kata lain dapat terjadi pembusukan secara cepat dna mudah. Contohnya terdapat pada limbah-limbah berikut, seperti kulit buah-buahan dan sayuran serta kotoran hewan juga manusia.

- Limbah anorganik, adalah kebalikan dari limbah organik, yaitu tidak memiliki unsur karbon sehingga limbah ini tidak mudah bahkan tidak dapat membusuk atau tidak mudah untuk teruraikan. Contohnya, adalah botol dari plastik, botol dari beling atau kaca.

Limbah atau sampah anorganik berasal dari sumber daya alam yang tak terbarui seperti mineral dan minyak bumi, atau hasil dari proses industri. Selain itu juga terdapat beberapa dari bahan ini tidak terdapat atau tidak disediakan leh alam seperti plastik dan aluminium.

Jenis limbah atau sampah ini banyak tedapat pada lingkungan rumah tangga atau perumahan yang bisa menghasilkan limbah atau sampah seperti botol plastik, tas plastik, kaleng, plastik bekas belanjaan, botol kaleng, botol aluminium, dan banyak lagi yang lainnya.

Nah.. dari sinilah kita sangat membutuhkan kreativitas dalam proses pemanfaatan limbah anorganik berbentuk bangun ruang ini seperti botol yang membentuk lingkaran atau kubus, ada juga limbah yang berbentuk kotak seperti kardus dna lainnya.

Cara memanfaatkannya adalah melalui cara daur ulang sampah atau limbah tersebut (recycle) dimana cara ini merupakan salah satu upaya pengolahan sampah yang sudah tidak terpakai agar dapat di pakai atau digunakan kembali serta membantu pemerintah dalam proses pengendalian sampah atau limbah yang semakin tak terkendali.

Mungkin cukup disini dulu apa yang bisa kami sampaikan terkait perkenalan terhadap wirausaha kerajinan dari limbah bangun ruang serta jenisnya tersebut diatas, semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua terutama untuk kami pribadi dan terimakasih.

Sumber referensi:

Kemendikbud_RI.2017.

Posting Komentar untuk "Mengenal Wirausaha dari Limbah Bangun Ruang Serta Jenis-Jenis Limbah"