Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan Pengertian Musik Tradisional Nusantara - imucerdasku.com

Ilmucerdasku.com - Dikutip dari id.wikipedia.org menyatakan bahwa, Musik Tradisional adalah  karya seni musik yang lahir di lingkungan masyarakat dan diwariskan secara turun - temurun dari generasi ke generasi serta dipertahankan sebagai sarana hiburan.

Maka bisa kita tarik kesimpulan bahwa pengertian musik tradisional nusantara adalah musik yang berkembang dan lahir di seluruh wilayah kepulauan (indonesia) dan menjadi ciri khas serta di wariskan dan di pertahankan sebagai sarana hiburan secara turun temurun.

Jelaskan Pengertian Musik Tradisional Nusantara - imucerdasku.com

Musik Tradisional Nusantara.

Musik dapat didefinisikan sebagai suatu cetusan pikiran ataupun ekspresi yang dikeluarkan secara tertata dalam wujud bunyi.

Asal kata musik berasal dari bahasa Yunani ialah mousike yang diambil dari nama dewa dalam mitologi Yunani kuno ialah Mousa ialah yang memimpin seni serta ilmu( Ensiklopedi National Indonesia, 1990: 413). Sementara itu tradisional berasa dari kata Traditio( Latin) yang bermakna kebiasaan penduduk yang sifatnya turun temurun.

Kalimat atau kata tradisional sendiri merupakan kata sifat yang berarti berpegang teguh kepada kebiasaan yang sudah turun - temurun (Salim: 1991:1636)

Sedangkan Sedyawati (1992:23): menyatakan bahwa musik tradisional merupakan musik yang di gunakan sebagai perwujudan nilai budaya yang sesuai dengan tradisi atau kebiasaan.

Tumbijo (1977:13) juga memaparkan bahwa musik tradisional merupakan suatu budaya yang sejak lama dan turun - temurun sudah lahir dan tumbuh pada suatu daerah atau wilayah tertentu hingga dapat di katakan bahwa musik tradisional adalah musik rakyat yang diwariskan secara turun - temurun dan berkepanjangan dalam masyarakat suatu wilayah.

Menurut Purba (2007:2) bahwa musik tradisional adalah musik yang memiliki sifat yang khas serta menjadi cerminan dari kebudayaan suatu etnik dalam suatu masyarakat.

Musik tradisional, baik dari idiom, komposisi, struktur, instrument, style serta elemen dasarnya seperti ritme, melodi, modus dan tangga nadanya tidak diambil dari sistem musik yang berasal dari luar kebudayaan suatu penduduk lain.

Musik tradisional merupakan musik yang berakar dalam tradisi warga tertentu sehingga keberlangsungannya dalam konteks di masa kini merupakan upaya mewariskan budaya secara turun - temurun dari warga sebelumnya kepada warga sesudahnya.

Dari semua defenisi tentang musik tradisional menurut para ahli diatas bisa kita simpulkan secara singkat bahwa musik tradisional adalah hasil karya seni musik yang bersumber dari ekspresi jiwa melalui nada dan suara dari alat musik sehingga menghasilkan lagu atau irama yang kemudian diwariskan secara turun - temurun dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Musik nusantara lahir dan bertumbuh kembang di seluruh wilayah nusantara. Musik nusantara juga sering mengalami pasang surut seiring dengan budaya setempat.

Beberapa faktor yang mempengaruhi pasang surutnya musik tradisional nusantara di suatu wilayah diantaranya adalah:

a. Faktor Bahasa.

Musik nusantara lahir di daerah setempat sehingga bahasa yang di gunakan juga berasal dari daerah setempat dan oleh karena itu, orang yang berada diluar daerah tersebut akan mengalami kesulitan dalam memahami isi dari musik atau syair dalam musik tersebut.

b. Faktor Wilayah.

Diwilayah atau daerah lain, merasa tidak memiliki musik nusantara atau musik tradisional sehingga musik tradisional tersebut hanya dimiliki oleh daerah setempat.

c. Konteks Budaya.

Musik tradisinal hanya berkembang dan tumbuh seiring dengan konteks sosial budaya di daerah dimana musik tersebut lahir.

Penyebab ketidak merataan musik tradisional di nusantara itu karena masyarakat setempat kurang mendukung atau merespon musik yang berkembang di masa sekarang ini yang mengakibatkan musik nusantara kurang begitu populer di wilayah kepulauan.

Musik tradisional nusantara secara garis besar tidak hanya dikenal sebagai ungkapan jiwa atau perasaan melalui alat musik tradisional pada suatu daerah semata.

Akan tetapi, Musik nusantara juga berkembang beserta dengan tujuan atau fungsi musik tersebut di ciptakan oleh para masyarakat tradisional dalam adat serta budaya mereka.

Dalam hal tujuan dan fungsi, musik tradisional memiliki beberapa fungsi yang diantarnya adalah 

- sebagai sarana hiburan, 

- sebagai sarana ritual, 

- sebagai sarana komunikasi,

- sebagai sarana ekspresi, 

- sebagai pengiring tari, dan juga

- sebagai sarana ekonomi.

Nah, dari semua penjelasan diatas, kami harap sudah bisa menjawab pertanyaan anda tentang apa itu musik tradisional nusantara semoga bermanfaat bagi anda semua dan terimakasih.

Posting Komentar untuk "Jelaskan Pengertian Musik Tradisional Nusantara - imucerdasku.com"