Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pagelaran Seni Tari Halaman All - ilmucerdasku.com

Daftar Pembahasan pagelaran tari - ilmucerdasku.com

1. Pengertian pagelaran tari, 

2. Fungsi pagelaran tari,

3. Unsur pagelaran tari,

4. Kepanitiaan pagelaran tari,

5. Langkah - langkah pagelaran tari,

6. Prinsip - prinsip pagelaran tari,

7. Maksud dan Tujuan pagelaran tari, 

Pagelaran tari merupakan aktifitas pertunjukan yang mempertunjukkan atau mempertontonkan kesenian tari - tarian baik itu tradisional, modern atau tari kontenporer yang di tampilkan dalam sebuah pagelaran tari untuk di lombakan ataupun sebatas di perkenalkan untuk masyarakat luas serta di jadikan sebagai sarana hiburan.

Diatas ini adalah materi pertunjukan atau pagelaran tari yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini dan sebelum lebih lanjut menjelaskan, sekedar kami ingatkan agar biasakanlah membaca hingga tuntas agar mudah dalam memahami setiap penjelasan dan tidak gagal paham. Berikut ini uraiannya;

Pagelaran Seni Tari Halaman All  - ilmucerdasku.com

Apa itu Pagelaran Tari ?

Pengertian pagelaran adalah aktiftas mempertontonkan atau mempertunjukkan suatu karya baik itu karya seni tari, rupa, musik, teater, drama dan lainnya kepada khalayak untuk mendapatkan apresiasi atau untuk sebuah tujuan tertentu.

Sedangkan tari adalah aktifitas gerak tubuh yang ritmis sebagai bentuk dari ungkapan ekspresi jiwa si pencipta gerak tari sehingga menghasilkan unsur keindahan dengan makna yang mendalam serta unsur koreografi yang kreatif.

Jadi, bersumber dari kedua pengertian diatas maka bisa disimpulkan bahwa Pagelaran Tari adalah aktifitas karya seni yang mempertunjukkan atau mempertontonkan gerakan seni tari yang ritmis sebagai bentuk ungkapan ekspresi jiwa dari pencipta tari untuk kemudian di apresiasi atau untuk maksud dan tujuan tertentu.

Apa Fungsi Pagelaran Tari ?

Bukan hanya pagelaran tari, Pada umumnya fungsi dari sebuah pagelaran atau pertunjukan baik tari, teater musik dan lainnya diantaranya adalah sebagai berikut.

a. sebagai sarana hiburan.

Pegalaran sebagai sarana hiburan dimaksudkan agar setiap yang menonton pagelaran tersebut merasa terhibur sekedar untuk melepas penat setelah lelah beraktifitas seharian.

b. Sebagai sarana pendidikan.

Maksud dari pagelaran sebagai sarana pendidikan, yaitu seni pertunjukan atau pagelaran dapat manjadi media pembelajaran secara visual sebab didalam sebuah pagelaran terdapat makna yang tersirat termasuk pagelaran tari.

c. Sebagai fungsi sosial.

Maksudnya adalah pagelaran seni tari dapat dijadikan sebagai media atau sarana komunikasi untuk menyampaikan kritik sosial, gagasan atau yang lainnya kepada masyarakat luas.

d. Sebagai sarana ekspresi.

Pagelaran bisa dijadikan sebagai sarana untuk mengekpresikan diri bagi para penapil untuk mempertunjukkan karya seni yang diciptakan yang kemudian di apresiasi oleh masyarkat luas.

e. Sebagai sarana religius.

Pagelaran bisa digunakan sebagai media untuk penyampaikan pesan nasehat kepada masyarakat yang bersifat kebaikan untuk sekedar mengingatkan atau untuk di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Apa Unsur  yang Terkandung dalam Pagelaran Tari.

Dalam pagelaran tari tentunya terdapat unsur - unsur seni lainnya yang biasa disebut dengan unsur pendukung tari yang diantarnya adalah;

- Unsur musik,

- Unsur rupa,

- Unsur tata busana,

- Unsur Sastra,

- Unsur tata rias,

- Unsur tata panggung

- Unsur tata ruang

- Unsur tata cahaya,

- Unsur suara atau sound sistem.

Selain itu juga terdapat unsur pendukung lainnya yang juga tidak kalah penting dalam sebuah aktifitas pagelaran tari yaitu panitia pelaksana pegelaran tari.

Apa Tugas Panitia Penyelenggara Pagelaran Tari.

Bukan hanya artis yang menjadi sangat penting dalam sebuah pagelaran tari namun pula ada orang yang bekerja keras dibelakang layar untuk menjamin kesuksesan suatu pergelaran yaitu panitia kegiatan.

Selain dari penari dan pemusik, dalam hal ini panitia pelaksana juga memiliki peran yang penting untuk mensukseskan kegiatan pergelaran suatu pertunjukan sebab kehadiran meraka sangat dibutuhakan.

Apapun bentuk kegiatan dari sebuah pagelaran baik tari, musik, dan lainnya maka panitian pada kegiatan tersebut tentunya memiliki tugas dan tanggung jawab masing - masing.

Panitian membantu setiap proses atau tahapan pelaksanaan kegiatan dari awal hingga akhir mulai dari latihan hingga selesainya acara pertunjukan.

Adapun struktur dari panitia pelaksana ini diantanya adalah sebagai berikut.

- Tim Produksi yang terdiri dari.

a. Pimpinan produksi,

Pimpinan yang bertanggung jawab untuk mengorganisir dan mengatur jalannya pagelaran agar sukses dari awal hingga akhir.

b. Sekretaris,

Orang yang bertanggung jawab dalam mengatur segala hal tentang persuratan, pembukuan, pencatatan, proposal, pertanggung jawaban dan lainnya

c. Bendahara,

Orang yang bertanggung jawab atas  masuk dan keluarnya dana selama pagelaran dilaksanakan dari latihan hingga selesai.

Seksi - Seksi.

d. Seksi dokumentasi,

Orang yang bertanggung jawab terhadap dokumentasi kagiatan berupa video atau foto kegiatan.

e. Seksi publikasi,

Orang yang bertanggung jawab terhadap pemberian informasi atau penyebaran berita akan adanya kegiatan pegelaran baik melalui media surat kabar, pamflet, siaran radio, siaran televisi, baliho, dan lainnya.

f. Seksi dana,

Orang yang betanggung jawab untuk mengumpulkan dana kegiatan seperti pencarian dana melalui sponsor kegiatan ataupun melalui proposal permintaan dana kepada masyarakat atau pemerintah setempat.

g. Seksi tiket,

Orang yang mengatur penjualan tiket pagelaran tari mulai dari pencetakan, harga tiket, dan waktu penjualan tiket.

- Tim House Meneger yang terdiri dari.

a. Seksi keamanan,

Orang yang bertanggung jawab atas kemanan kegiatan selama proses pagelaran berajalan.

b. Seksi akomodasi,

Orang yang bertanggung jawab terhadap sarana dan prasaran akomodasi sepeti kursi, meja, properti dan lainnya.

c. Seksi konsumsi,

Orang yang bertanggung jawab terhadap makanan dan minuman semua personel yang terlibat dalam kegiatan mulai perencanaan kegiatan, latihan, hingga selesainya kegiatan.

d. Seksi transfortasi,

Orang yang bertanggung jawab terhadap kelancaran aktifitas transfortasi kendaraan yang digunakan selama aktiftas pagelaran.

e. Seksi gedung/panggung/tempat.

Orang yang bertanggung jawab terhadap ketersediaan dan kesiapan dimana pagelaran akan dilaksanakan baik itu indor atau outdor.

- Tim Artistik yang terdiri dari.

a. Sutradara atau koreografer,

Orang yang bertanggung jawab terhadap penampilan para artis di atas panggung pertunjukan baik itu naskah atau koreo para artis.

b. Art director (pimpinan artistik),

Daftar Pembahasan pagelaran tari.

1. Pengertian pagelaran tari, 

2. Fungsi pagelaran tari,

3. Unsur pagelaran tari,

4. Kepanitiaan pagelaran tari,

5. Langkah - langkah pagelaran tari,

6. Prinsip - prinsip pagelaran tari,

7. Maksud dan Tujuan pagelaran tari, 

Pagelaran tari merupakan aktifitas pertunjukan yang mempertunjukkan atau mempertontonkan kesenian tari - tarian baik itu tradisional, modern atau tari kontenporer yang di tampilkan dalam sebuah pagelaran tari untuk di lombakan ataupun sebatas di perkenalkan untuk masyarakat luas serta di jadikan sebagai sarana hiburan.

Diatas ini adalah materi pertunjukan atau pagelaran tari yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini dan sebelum lebih lanjut menjelaskan, sekedar kami ingatkan agar biasakanlah membaca hingga tuntas agar mudah dalam memahami setiap penjelasan dan tidak gagal paham. Berikut ini uraiannya;

Bagaimana Langkah - Langkah Pagelaran Tari ?

Langkah - langkah yang harus di perhatikan atau prosedur pagelaran yang akan di lakukan terdiri dari beberapa langkah diantaranya adalah;

1. Menentukan tema tari,

tema tari merupakan gagasan awal yang bisa bersumber dari diri sendiri atau orang lain, imajinasi dan kreativitas para pencipta tari yang sering disebut dengan koreografer tari.

2. Menentukan judul,

Judul merupakan hasil dari gagasan atau tema yang direncanakan yang menggambarkan isi dari gagasan yang ada didalamnya sekaligus memberikan nama pada karya tersebut.

3. Memciptakan gerak (ekplorasi gerak tari).

Yaitu membuat gerakan tari melalui sumber yang sudah ada atau dengan cara menggali ide sendiri secara mandiri menggunakan imajinasi serta pengalaman estetik yang ada.

4. Menyusun gerak tari.

Proses ini dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu melalui eksplorasi gerak, improvisasi gerak, komposisi gerak dan evaluasi gerak dan evaluasi bentuk tari.

5. Menentukan pola lantai. 

Pola lantai adalah bentuk dari arah hadap serta garis batas penari pada saat menyajikan suatu tarian baik secara tunggal atau berkelompok agar semakin menambah nilai keindahan dalam tari.

Apa Prinsip Pagelaran Tari ?

Dalam prinsip pagelaran tari secara garis besar di bagi menjadi 3 bagian yaitu perencanaan, pengorganisasian dan pelaksanaan.

1. Perencanaan.

Prinsip Perencanaan yang dimaksud adalah menetapkan apa saja yang akan menjadi tujuan atau target kegiatan dan bagaimana proses tersebut dapat tercapai dengan melakukan perencanaan yang diantaranya adalah;

-  Perencanaan kegiatan,

-  Tema kegiatan,

-  Program kegiatan,

-  Panitian kegiatan, dan 

- Ttempat kegiatan.

2. Pengorganisasian.

Prinsip pengorganisasian yang dimaksud adalah membentuk suatu kesatuan dalam bentuk organiasi dengan tujuan untuk mencapai keberhasilan secara bersama-sama. Hal ini dilakukan dengan cara berikut;

- Membuat anggaran dasar dan agaran rumah tangga,

- Membentuk struktur kepengurusan,

- Menyusun program kerja, dan

- Penyelenggaraan kegiatan.

3. Pelaksanaan.

Prinsip pelaksanaan kegiatan maksudnya adalah dalam suatu pagelaran harus memiliki struktur pelaksanaan kegaitan yang diantarnya adalah;

- Menentukan tema pageralan tari,

- Menyusun program kerja kepanitian,

- Menentukan rencana kegaitan dan 

- Menentukan tempat dimana kegiatan akan dilangsungkan.

Apa Maksud dan Tujuan Aktifitas Pagelaran Tari ?

Setiap aktifitas pertunjukan seni baik itu seni musik, tari, teater, drama, dan aktifitas seni lainnya tidaklah terlepas dari sebuah tujuan, baik itu untuk tujuan komersil, atau untuk tujuan tertentu lainnya. 

Terkhusus untuk pagelaran tari maka tujuan dari diadakannya aktifitas tersebut terdiri dari beberapa tujuan yang diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Bertujuan sebagai sarana hiburan bagi masyarakat,

2. Bertujuan untuk melestarikan budaya,

3. Menjaga kearifan sosial budaya,

4. Sebagai sarana berkreativitas dan berekspresi,

5. Memperkenalkan nilai- nilai budaya kepada orang lain,

6. Sebagai sarana untuk mengasah bakat,

7. Sebagai sarana untuk memotivasi diri dan orang lain,

8. dan sebagainya.

Seperti itulah apa yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini tentang materi pagelaran tari, semoga bermanfaat untuk dan terimakasih.

Referensi: 

kemendikbud.co.id
Ruangbelajar.Kemendikbud_RI-2018
id.wikipedia.org.
serupa.id

Posting Komentar untuk "Pagelaran Seni Tari Halaman All - ilmucerdasku.com"