Mengapa Budaya Indonesia Sangat Beranekaragam - ilmucerdasku - ilmucerdasku
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Budaya Indonesia Sangat Beranekaragam - ilmucerdasku

Mengapa Budaya Indonesia Sangat Beranekaragam ?

Beranekaragam Budaya Indonesia.

Ilmucerdasku.com. Budaya Indonesia sangat beranekaragam itu karena Indonesia memiliki beribu pulau yang masing-masing dari pulau tersebut juga memiliki adat istiadat atau budaya yang berbeda-beda pula. Selain dari budaya dan istiadat juga keberagaman tersebut terjadi akibat adanya pengaruh asing yang menetap di Indonesia yang perlahan - lahan memengaruhi adat atau kebiasaan suatu penduduk pulau.

Hal tersebut membuat adanya perpaduan antara dua kebudayaan yang berbeda antara budaya lokal dan budaya asing yang menciptakan kebiasaan baru yang sekuler dan di kolaborasikan dengan kebiasaan reguler penduduk setempat.

Selain dari budaya lokal dan budaya asing, keberagaman budaya Indonesia juga terjadi akibat dari adanya keberagaman agama dan suku bangsa yang turut menjadi penyumbang terbesar keberagaman budaya indonesia secara langsung.

Penjelasan Keberanekaragaman Budaya Indonesia.

Budaya indonesia sangat beda dari budaya barat sebab terdapat perbedaan dalam hal pengalaman, keyakinan, hierarki, agama dan lainnya.

Selain itu terutaman dalam hal budaya yang berbeda-beda dimana hal tersebut membuat indonesia menjadi negara yang kompleks dan leh karena itu negara ini menarik dari segi keanekaragaman.

Indonesia adalah negara majemuk dengan beragam suku, bangsa dan agama yang memberikan kontriusi besar terhadap berbagai budaya indonesia.

Tiap-tiap suku bangsa memiliki adatdan budayanya masing-masing misalnya antara suku toraja di selawesi selatan memiliki rumah adat yang disebut dengan Tongkonan sedangkan rumah adat suku Minang Kabau di sebut dengan rumah adat Gadang sedangkan Suku Jawa memiliki rumah adat di sebut dengan Joglo.

Keberagaan suku baangsa ini menjadi penyumbang terbesar dalam hal budaya indonesia itu sendiri. Selain dari rumah adat, juga adat pakain adat dan bahasa serta makanan tradisional dan kesenian daerah masing - masing disetiap suku bangsa.

Budaya sudah, adat istiadat sudah, jadi sekarang lanjud ke keberagaman agama. Agama dalam hal keberagaman juga menjadi salah satu faktor penyebab keberagaman indonesia sebab di indonesia meskipun mayoritas agama Islam juga terdapat agama lain seperti kristen katolik, kristen protestan, hindu, budha, kong hu chu.

Semua perbedaan dan keberagaman tersebut menyatu dalam satu negara yaitu Indonesia dan sudah sepatutnyalah kita bangga akan hal itu sebab hal tersebut menyatakan sikap kita akan ke bhinneka tunggal ikaan kita sebagai bangsa yang besar meski terpisah - pisah antra pulau yang satu dengan pulau yang lainnya.

Beragam gaya hidup, busana, kesenian, keterampilan,arsitektur hanya ada di indonesia dan hal itulah yang menjadi daya tarik tersendiri bangsa negara lain atau bangsa asing untuk datang ke indonesia secara langsung untuk menyaksikan berbagai ragam budaya yang unik dan menarik.

Lalu kenapa budaya Indonesia sangat beragam? hal tersebut terjadi sebab wilayah Indonesia terdiri dari beribu pulau dan memiliki wilayah yang sangat luas pula.

Patut pula kita ketahui bersama bahwa berdasarkan sejarah yang ada, Indonesia memiliki 3 ras utama yang menyebar di berbagai pulaunya mulai dari 1500 SM hingga 70.000 SM.

Ketiga ras tersebut adalah Ras Proto Melayu yang diketahui tiba di indonesia sektar tahun 1500 SM dimana suku dayah dan suku toraja merupakan salah satu keturunan dari ras ini, Ras Deutro Melayu pada masa kini dikenal sebagai moyang dari suku BUgis dan Suku Jawa dan Ras Melanesoid merupakan moyang dari Suku Papua yang lahir di sekitar akhir dari zaman es pada 70.000 SM.

Dengan memiliki 17.000 pulau mka tak heran jika hal tersebut memiliki andil yang bersar dalam hal keberagaman budaya adat, kesenian, agama dan lainnya dimana karakteristik lingkungan seperti pegunungan, daratan, serta pesisir juga berpengaruh terhadap keberagaman tersebut tak terlepas pula dari segi adat atau kebisaan bahkan hingga mata pencahariannya.

Posisi Indonesia yang strategis yang terletak diantara 2 benua dan 2 samudera, yaitu Benua Asia dan Benua Australia dan Samudera Hindia serta Samudera Pasific juga menjadi salah satu penyumbang keberagaman yang ada di negara ini sebab letak strategis tersebut menyebabkan Indonesia banyak di lalui dan di singgahi oleh berbagai bangsa lain yang melakukan perdagangan internasional sejak zaman dahulu hingga saat ini.

Mudahnya berinteraksi dengan bangsa lain atau bangsa asing inilah yang juga memberikan kontribusi terhadap corak budaya yang berbeda di Indonesia dimana para pedagang asing yang membawa budayanya yang kemudian di adaptasikan dengan budaya lokal yang ada di wilayah atau pulau yang disinggahinya.

Nah, itulah beberapa penjelasan singkat tentang apa yang menyebabkan budaya indonesia sangat beranekaragam, semoga dapat memberi manfaat bagi kita semua dan terimakasih.

Referensi:

Brainly.co.id,
Komparan.com,
Indonesia-investments.com.

Posting Komentar untuk "Mengapa Budaya Indonesia Sangat Beranekaragam - ilmucerdasku"