Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan Perbedaan Musik Tradisional Dengan Musik Modern

Perbedaan Musik Tradisional dan Modern.

Ilmucerdasku.com. Siapa yang tidak mengenal musik, baik itu musik tradisional atau modern tentu kita sama sama tahu meski tidak semua bisa kita ketahui terutama musik tradisional di luar daerah kita sendiri sebab di setiap negara memiliki ciri khas musik masing-masing.

Antara musik tradisional dan musik modern tentunya lebih banyak perbedannya dari pada persamaannya sebab ada yang berkembang berdasarkan kebutuhan serta adat dan ada yang berkembang berdasarkan aktualisasi diri. 

Berikut ini akan coba kami jelaskan perbedaan musik tradisional dan musik modern yang semoga memberikan jawaban untuk anda dan berikut uraiannya.

Jelaskan Apa Perbedaan Musik Tradisional Dengan Musik Modern
Ilustrasi musik tradisional oleh Pixaby

A. Musik Tradisional.

Menurut kbbi.web.id, bahwa Musik adalah ilmu seni yang menyusun nada atau suara dalam urutan, kombinasi, dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi nada atau suara yang memiliki kesatuan dan kesinambungan yang sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu dan keharmonisan dalam hal penggunaan alat yang menghasilkan bunyi-bunyian.

Sedangkan Tradisional adalah Sikap dan cara berfikir dan bertindak yang selalu berpegang teguh pada norma - norma adat kebiasaan yang ada secara turun - temurun.

Sumber lain juga menyebutkan bahwa musik tradisional adalah musik yang berkembang didalam masyarakat atau lingkungan dan di wariskan secara turun temurun dari satu generasi hingga kegenarasi berikutnya.

Jadi bisa kita simpulkan bersama bahwa musik tradisional adalah sebuah karya seni yang terdiri dari nada atau suara yang dikombinasikan dan memiliki tempo sehingga menghasilkan irama, lagu dan harmonisasi yang di wariskan secara turun temurun oleh para leluhur berdasarkan adat istiadat atau kebiasaan dimana musik Tradisional tersebut dilahirkan dan dipertahankan sebagai sarana hiburan.

B. Musik Modern.

Musik modern bisa juga di sebut dengan musik eropa sebab mayoritas alat mudik yang berkembang di zaman ini mayoritas dari eropa. 

Perbedaannya dengan musik tradisional adalah Musik modern sangat mudah di kenal namun juga sangat mudah untuk di lupakan di dalam masyarakat dan jenis musik modern ini menggunakan beberapa alat musik sebagai pengiringnya.

Musik modern lebih menggunakan alat musik yang bersifat kompleks dan bisa di setting sesuai keinginan hingga nada atau suara yang dikeluarkan lebih beragam.

- Dari segi nada.

Dari segi nada musik tradisional lebih dikenal dengan musik pentatonik sebab kebanyakan alat musik tradisional menggunakan 5 tangga nada saja sedangkan musik modern dikenal dengan nada Diatonik sebab menggunakan nada yang disusun berdasarkan frekuensi dan jarak nada yang sama sehingga menghasilkan nada kromatik. 

- Dari segi Instrumen.

Pada musik tradisional lebih pada penggunaan alat musik yang terbuat dari bahan alami seperti kayu, kulit hewan, bambu dan lainnya misalnya rebana yang menggunakan kulit hewan atau angklung yang menggunakan bambu, sedangkan alat musik modern mengggunakan alat yang terbuat dari bahan campuran kimia seperti drum yang terbuat dari aluminium, besi dan bahan lainnya.

- Dari segi fungsi.

Musik tradisional dilihat dari fungsinya lebih cenderung pada ungkapan ekspresi masyarakat daerah berdasarkan adat istiadatnya sedangkan musik modern lebih kepada sarana aktualisasi secara individu atau kelompok.

- Dari segi bahasa.

Penggunaan bahasa pada musik tradisional sudah jelas sangat jauh berbeda sebab musik tradisional berkembang berdasarkan dimana musik tersebut lahir dengan kata lain bahwa bahasa yang digunakan pada musik tradisional lebih kepada bahasa lokal setempat.

Sedangkan musik modern dalam penggunaan bahasanya lebih bersifat umum atau universal sebab jenis musik modern juga bisa digunakan oleh khalayak umum maka bahasanya bisa disesuaikan dengan bahasa orang yang menggunakan musik modern tersebut. Selain itu bentuk bahasanya juga mudah di pahami oleh semua orang.

- Dari segi penciptaan dan tempo.

Proses Penciptaan musik tradisional cenderung lebih bersifat kolektif sebab kebanyakan diciptakan dalam satu kelompok musik sedangkan untuk musik modern biasanya di ciptakan oleh seorang kompuser atau komponis (1 orang).

Dari segi tempo, musik tradisional cenderung memiliki tempo yang lebih lambat dan sebaliknya musik modern temponya lebih cepat.

- Dari sejarahnya.

Berdasarkan sejarahnya, musik tradisional berkembang dan lahir lebih kepada fungsinya sebagai sarana ritual yang menjadi kebutuhan akan berbagai hal didalam masyarakat tradisional.

Para penganut paham Animisme dan Dinamisme di masa lampau menjadikan musik sebagai pelengkap ritual upacara adat sekaligus sebagai hiburan dan hal tersebut membuat musik tradisional dikenal akan nilai - nilai budaya yang kental sehingga menjadi ciri khas tersendiri bagi daerah setempat.

Sedangkan musik modern, perkembangannya sangat jauh dari istilah budaya atau adat istiadat suatu wilayah dan justru hal menarik yang sering kita temui adalah terjadinya kolaborasi atau pembaruan alat - alat musik tradisional yang disesuaikan terhadap kemajuan zaman sekarang ini.

Musik modern lebih cenderung kepada teknik komposisi di zaman tertentu begitu juga praktek permainannya yang sesuai masanya dan hal itulah musik modern dikelompokkan berdasarkan pada masanya dan juga gaya bermusiknya dan bukan berdasarkan pada budaya atau adat istiadat suatu daerah.

Kesimpulan.

Perbedaan antara Musik modern dan Musik Tradisional secara umum dapat dilihat dari sejarah dan fungsi musik tersebut diciptakan, termasuk jenis alat serta nada yang digunakan dalam penyajiannya. 

Meskipun demikian bukan berarti antara musik tradisionald an modern tidak memiliki persamaan dan persamaan itu sendiri teletak pada tujuan pengekspresian manusia akan keindahan yang di salurkan dalam bentuk bunyi - bunyian menggunakan alat musik serta fungsinya sebagai sarana hiburan.

Itulah uraian singkat tentang perbedaan musik tradisional dan modern yang sempat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda semua dan terimakasih.

Posting Komentar untuk "Jelaskan Perbedaan Musik Tradisional Dengan Musik Modern"